Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat dan Contoh Sumber Daya Alam Logam Adalah, Ini Ulasannya

Bicara mengenai kekayaan sumber daya alam, Indonesia sudah tersohor hingga level internasional. Maskot utamanya yaitu mineral atau logam. Beberapa contoh sumber daya alam logam adalah batu bara, minyak bumi, gas alam, dan sebagainya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Manfaat dan Contoh Sumber Daya Alam Logam

Manfaat Sumber Daya Alam Logam

Sumber daya alam logam mempunyai banyak manfaat dan memudahkan kebutuhan manusia dari masa ke masa. Tidak hanya bernilai ekonomis, bahan logam atau mineral lainnya juga dibutuhkan untuk produksi produk di segala sektor. Berikut ini manfaat dari adanya sumber daya alam logam. 

Bebas Biaya Impor

Manfaat pertama adalah bebas biaya impor atau negara tidak perlu mendatangkan bahan logam dari negara lain. Karena ketersediaan yang melimpah, justru Indonesia yang mengirimkan hasil tambang ke berbagai negara yang menjalin kerja sama.

Hal ini juga dapat meningkatkan nama Indonesia di kancah dunia sebagai penyuplai hasil tambang yang berkualitas. Tidak hanya itu, hubungan diplomasi antar negara juga akan terus membaik seiring kegiatan ekspor sumber daya alam logam dari Indonesia.

Meningkatkan Pendapatan Negara Maupun Daerah

Sumber daya alam logam juga dapat meningkatkan pendapatan negara dan daerah secara signifikan. Salah satu contoh sumber daya alam logam adalah batu bara. Bahan tambang tersebut menyumbang APBN negara dengan nilai yang cukup besar.

Hal itu akan terus meningkat dan berkembang apabila terdapat investor yang menanamkan modalnya di lokasi tambang. Otoritas setempat pun bisa berkoordinasi dengan pemerintah pusat guna menentukan nilai kontrak dan bagi hasil untuk pemasukan negara.

Sumber Lapangan Pekerjaan

Manfaat nomor 3 dari keberadaan sumber daya alam logam yaitu menjadi ladang mata pencaharian atau sumber lapangan pekerjaan masyarakat sekitar. Jika belum tersentuh campur tangan PT atau CV, maka penduduk lokal tentu dapat bekerja secara mandiri atau berkelompok.

Kalaupun terdapat investor yang mengambil alih lahan atau lokasi sumber daya alam logam tersebut, pada umumnya terdapat perjanjian yang mengikat. Perjanjian tersebut harus mencantumkan poin bahwa masyarakat sekitar harus merasakan manfaat adanya eksploitasi sumber daya alam.

Transportasi, dan Komunikasi Menjadi Semakin Maju

Poin berikutnya adalah efek domino dari eksplorasi sumber daya alam logam yang tersedia. Potensi yang menjanjikan akan membawa investor ke lokasi tersebut. Selanjutnya, masalah akses menuju lokasi serta jaringan komunikasi akan menjadi hal yang diutamakan.

Meningkatkan Kesadaran Guna Menjaga Lingkungan

Manfaat terakhir dari adanya sumber daya alam logam adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dan semua pihak untuk menjaga lingkungan. Mengingat proses terbentuknya hasil alam tersebut yang memakan ratusan juta tahun, maka pembatasan dan aturan tertentu sangat dibutuhkan.

Contoh Sumber Daya Alam Logam Adalah

Di bawah ini merupakan macam-macam sumber daya alam logam yang mungkin cukup familiar di telinga Anda. Beberapa produk turunan atau hasil jadi dari unsur di bawah ini juga menjadi konsumsi masyarakat sehari-hari, baik disadari sepenuhnya ataupun tidak.

Emas

Contoh yang pertama tentunya sudah Anda ketahui seluk-beluknya. Sebagai salah satu logam mulia, emas menjadi barang incaran para masyarakat sebagai investasi atau meningkatkan taraf sosial. Salah satu lokasi penambangan emas yang terkenal adalah Jayapura yang dikelola PT Freeport.

Pasir Besi

Sumber daya alam logam selanjutnya adalah pasir besi yang umumnya ditemukan di kawasan pesisir pantai. Pasir besi terbentuk dari adanya proses penghancuran oleh gelombang air laut pada batuan asalnya.

Bijih Besi

Bijih besi merupakan bahan baku utama dalam proses pembuatan baja atau besi gubal. Material ini sangat solid dan mempunyai resistansi yang kuat, bahkan hingga puluhan tahun lamanya. Bijih besi umumnya digunakan untuk kebutuhan industri skala besar. 

Timah Hitam

Apakah Anda menggunakan baterai dalam kegiatan sehari-hari? Bahan penyusun utamanya adalah timah hitam yang sudah melewati tahap produksi sedemikian rupa. Material ini terbentuk saat terjadi gunung meletus yang akhirnya menempel di lapisan kerak bumi.

Minyak Mentah

Material selanjutnya yang menjadi contoh sumber daya alam logam adalah minyak mentah. Dari satu unsur tersebut dapat menghasilkan berbagai produk jadi yang multifungsi dan mempunyai peranan vital. Beberapa contohnya yaitu bensin, solar, avtur, dan lain sebagainya.

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Contoh Sumber Daya Alam Logam Adalah, Ini Ulasannya"