Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Sumber Daya Alam Hayati dan Manfaatnya

Indonesia terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya yang sangat melimpah dan menyebar di seluruh penjuru tanah air. Simak penjelasan berikut ini agar lebih paham mengenai definisi, manfaat, jenis serta contoh sumber daya alam hayati secara lengkap. 

Apa Definisi Sumber Daya Alam Hayati?

Sumber daya alam hayati merupakan semua kekayaan yang disediakan oleh alam maupun hasil kerja makhluk hidup. Fungsi utamanya tentu untuk memberikan dukungan keberlangsungan hidup, termasuk manusia.

Meski sifatnya dapat diperbarui, maka pemanfaatan sumber daya alam hayati haruslah diperhatikan dan tidak berlebihan. Hal ini bertujuan untuk menjaga ekosistem dan keberlangsungan hidup generasi di masa yang akan datang.

Contoh Sumber Daya Alam Hayati dan Manfaatnya

Jenis dan Contoh Sumber Daya Alam Hayati

Secara umum, pembagian sumber daya alam hayati dibagi menjadi dua jenis, yakni berasal dari tumbuhan dan berasal dari hewan. Perhatikan penjelasan di bawah ini untuk mengetahui berbagai macam jenis serta contoh dari sumber daya alam hayati secara detail.

1. Sumber Daya Alam Hayati Berasal dari Hewan

Kategori sumber daya alam hayati yang berasal dari hewan dikelompokkan ke dalam 2 jenis, yaitu hewan liar dan peliharaan. Hewan liar sendiri adalah semua makhluk hidup yang tinggal di alam bebas tanpa ada kepemilikan dari pihak tertentu.

Berbeda dengan hewan liar, hewan peliharaan memang sengaja dibudidayakan dengan tujuan menjaga kelestarian serta diambil manfaatnya. Contohnya adalah sapi, kambing, kerbau, berbagai ikan air tawar, ayam, kuda, dan lain sebagainya.

2. Sumber Daya Alam Tumbuhan Hasil Hutan

Hutan beserta hasilnya adalah kategori pertama dari sumber daya alam hayati yang berasal dari tumbuhan. Hutan mempunyai banyak peranan dan manfaat dalam menjaga ekosistem dari banyak makhluk hidup yang tinggal di dalamnya.

Sebagai salah satu contoh sumber daya alam hayati yang mudah dijumpai, hutan adalah kekayaan alam yang harus dijaga secara serius. Hal itu dikarenakan hutan juga menjadi pemasok oksigen terbesar yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di dunia.

3. Sumber Daya Alam Tumbuhan Hasil Perkebunan

Kategori sumber daya alam hayati yang berasal dari tumbuhan adalah hasil perkebunan. Hasil tersebut diperoleh dari proses budidaya serta perawatan yang intensif dari manusia, sehingga mendapatkan hasil maksimal.

Beberapa contoh sumber daya alam hasil perkebunan adalah kopi, cengkeh, aneka sayuran dan buah-buahan, rempah-rempah, dan lain-lain. Hasil dari perkebunan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia secara merata dan menyeluruh.

4. Sumber Daya Alam Tumbuhan Hasil Pertanian

Hasil pertanian juga menjadi salah satu produk yang termasuk dalam sumber daya alam dari tumbuhan. Pertanian bisa dilakukan di semua jenis lahan dan iklim. Para petanilah yang menyesuaikan tumbuhan yang dirasa cocok dengan lingkungan sekitar.

Beberapa contoh produk sumber daya alam dari pertanian yaitu palawija, aneka buah-buahan, sayuran, tembakau, dan lain sebagainya. Pertanian menjadi salah satu mata pencaharian utama di Indonesia.

Manfaat Sumber Daya Alam Hayati

Setelah Anda mengetahui berbagai jenis dan contoh sumber daya alam hayati, lanjutkan membaca penjelasan berikut ini. Ada banyak manfaat secara umum dari sumber daya alam hayati, baik yang berasal dari hewan maupun tumbuhan.

1. Sebagai Bahan Makanan dan Minuman

Manfaat yang pertama adalah sebagai bahan makanan dan minuman. Hal ini tentu sudah menjadi pengetahuan umum, bahwasannya apa yang dimakan sehari-hari merupakan hasil alam. Dari satu sumber daya alam pun dapat menghasilkan berbagai produk makanan atau minuman.

2. Untuk Bahan Bakar Alternatif

Sumber daya alam hayati juga sering digunakan untuk membuat bahan bakar alternatif. Tentunya hal itu bisa diperoleh melalui proses yang cukup panjang. Beberapa bahan yang biasa digunakan yakni kelapa sawit, kemiri, dan jarak.

3. Bahan Material Bangunan

Material bangunan atau tempat tinggal juga menjadi salah satu manfaat dari sumber daya alam hayati yang sudah sering dijumpai. Kayu dengan usia tua dan tekstur yang keras dimanfaatkan sebagai bahan pintu, atap, jendela, atau bagian rumah lainnya.

4. Bahan Baku Obat Tradisional

Manfaat terakhir dari sumber daya alam hayati adalah sebagai bahan baku obat tradisional. Hal ini merupakan hasil olah pikir dan pengalaman para generasi pendahulu yang akhirnya menjadi tradisi turun-temurun untuk mengobati penyakit tertentu.

Nah, itulah beberapa contoh sumber daya alam hayati dan manfaatnya yang bisa saya informasikan, semoga bermanfaat. 

contoh sumber daya alam hayati dan manfaatnya, contoh sumber daya alam hayati dan manfaatnya bagi manusia adalah, contoh sumber daya alam hayati dan manfaatnya brainly, 5 contoh sumber daya alam hayati dan manfaatnya, sebutkan contoh sumber daya alam hayati dan manfaatnya, 10 contoh sumber daya alam hayati dan manfaatnya, sebutkan 5 contoh sumber daya alam hayati dan manfaatnya
contoh sumber daya alam non hayati dan manfaatnya, contoh sumber daya alam hayati dan nonhayati serta manfaatnya, 10 contoh sumber daya alam non hayati dan manfaatnya, contoh tabel sumber daya alam hayati dan manfaatnya.


Posting Komentar untuk "Contoh Sumber Daya Alam Hayati dan Manfaatnya"