Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Asuransi Kesehatan

Asuransi adalah cara untuk melindungi diri sendiri, masa depan, dan juga sesuatu yang anda sayangi. Tujuan utama dari asuransi adalah untuk memberikan perlindungan terhadap segala jenis asuransi yang anda pilih. Jika kamu tertarik untuk membeli asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi ternama di Indonesia pastikan kamu mengetahui informasi lengkap tentang asuransi tersebut.

Kali ini saya akan berbagi informasi lebih lanjut tentang tagihan kesehatan bulanan. Perusahaan asuransi perlu tahu apa yang mereka bayar dan pembayaran bulanan tersebut untuk apa saja.

Biaya Asuransi Kesehatan

Manfaat Asuransi Kesehatan

Bagi anda yang mengikuti program Asuransi Kesehatan, maka anda akan mendapatkan beberapa manfaat yang perlu anda ketahui :

1. Bebas Biaya Saat Sakit

Dengan adanya asuransi kesehatan, maka kamu tidak perlu lagi pusing untuk memikirkan biaya rumah sakit, karena asuransi akan mengurus itu semua.

2. Tidak Menjadi Beban Keluarga

Manfaat lain yang bisa kamu rasakan dari asuransi kesehatan adalah meringankan beban keluarga. Bagaimana tidak, kamu hanya fokus dalam penyembuhan sedangkan semua biaya sudah dicover oleh pihak asuransi, sesuai dengan jenis asuransi kesehatan yang dipilih.

3. Memperoleh Perawatan Yang Layak

Bagi kamu yang menderita penyakit tertentu, pastilah ingin mendapatkan perawatan yang layak dan terbaik. Untuk itu memilih produk PFI Mega Life sebagai pilihan asuransi kesehatan memiliki kesempatan untuk mendapatkan perawatan yang layak dan tepat, tanpa perlu mengkhawatirkan jumlah biaya yang harus dikeluarkan.

Faktor-Faktor Biaya Asuransi Kesehatan

Selain premi asuransi, ada Biaya Asuransi lain yang akan dikenakan pada asuransi kesehatan. Namun, kebanyakan biaya ini ada pada asuransi unit link yaitu terkait biaya pengelolaan asuransi.

1. Biaya Akuisisi

Biaya akuisisi adalah biaya yang dibebankan pada produk asuransi unit link dengan jumlah yang berbeda antar produk. Besaran dari biaya ini menggunakan persentase tertentu dari premi dasar unit link. Meski besar secara persentase, namun jumlahnya akan menurun dari tahun ke tahun. Pemegang polis harus membayar biaya ini selama 3 hingga lima tahun.

2. Biaya Polis

Biaya ini dikenakan untuk berbagai aktivitas yang berhubungan dengan polis asuransi, mulai dari percetakan, penjilidan, pengemasan, hingga pengiriman polis kepada pemegang polis yang sah. Selain itu, ada juga biaya materai yang mungkin masuk ke dalam biaya polis.

Tentunya materai dibutuhkan untuk keabsahan hukum. Pemegang polis hanya perlu membayar biaya asuransi kesehatan sinarmas satu ini sekali yaitu di awal penerbitan polis. Untuk besaran biaya mungkin berbeda dari satu perusahaan asuransi dengan lainnya. Kamu bisa mencari tahunya saat bertanya seputar asuransi kesehatan atau sebelum memutuskan untuk membeli asuransi ini.

3. Biaya Administrasi

Apakah asuransi juga hadir dengan biaya administrasi? Seperti perjanjian lainnya, di asuransi juga ada biaya administrasi. Biaya asuransi ini biasanya digunakan untuk layanan operasional kepada para pemegang polis.

Administrasi disini adalah notifikasi tagihan jatuh tempo atau penerimaan polis via telepon, layanan informasi saldo investasi, dan lain sebagainya. Biayanya sangat bervariasi namun kisarannya masih cukup terjangkau. Hubungi pihak penyedia asuransi kesehatan yang akan kamu pilih untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!.

4. Biaya Asuransi / Cost of Insurance

Biaya asuransi ini umumnya dikenal sebagai premi asuransi. Aktuaria perusahaan penyedia asuransi telah menghitung dana yang akan mereka gunakan untuk membayarkan manfaat dari jenis asuransi yang dipilih pembeli apabila pihak tertanggung mengalami risiko.

Sementara untuk produk asuransi syariah, biaya ini disebut sebagai dana Tabarru atau dana tolong menolong. Untuk akadnya sendiri menggunakan akad hibah dari peserta asuransi. Tertarik untuk mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan syariah?

5. Biaya Pengelolaan Investasi

Dewasa ini, banyak asuransi yang juga menawarkan manfaat investasi. Saat memilih jenis asuransi tersebut, pemegang polis asuransi harus membayar biaya pengelolaan investasi.

Mengapa demikian? Mengelola investasi bukan hal yang mudah dan kita tahu hal tersebut.
Perusahaan asuransi bekerja sama dengan bank kustodi sebagai tempat untuk menyimpan dana investasi tersebut. Itulah kenapa ada biaya pengelolaan investasi dengan kisaran hingga 5 persen per tahun dari dana yang dikelola.

6. Biaya Penarikan Dana atau Withdrawal Fee

Dalam kondisi tertentu, pemegang polis mungkin harus melakukan penarikan dana. Apapun alasannya, mereka tetap akan dikenakan biaya dengan kisaran 1 hingga 5 persen dari jumlah dana yang mereka tarik.

Biaya tersebut dibebankan oleh perusahaan asuransi agar pemegang polis tidak mengambil uang premi yang mereka setorkan sesuka hati mereka. Dengan adanya biaya asuransi ini, pemegang polis akan berpikir ulang untuk terus terusan melakukan penarikan dana.

7. Biaya Pengalihan Dana Atau Switching

Biaya pengalihan dana tidak akan dibebankan apabila pemegang polis tidak berniat mengalihkan dana investasi. Umumnya, biaya ini berlaku hanya untuk asuransi unit link. Pemegang polis bisa memindahkan dana investasi mereka. Tetapi, mereka harus membayar biaya pengalihan dana.

8. Biaya Pembatalan Polis

Pemegang polis memang bisa membatalkan polis mereka dalam kurun waktu tertentu. Namun, tindakan tersebut mengharuskan mereka membayar sejumlah dana sebagai biaya pembatalan polis. Agar polis tetap berjalan tanpa ada pembatalan, sebaiknya kamu mempelajari jenis asuransi yang akan dipilih dengan betul betul. Alhasil, kamu tahu manfaat dan risiko yang akan didapat termasuk jumlah uang yang harus kamu keluarkan untuk polis yang kamu pegang.

9. Biaya Pemeliharaan

Kamu yang belum tahu banyak tentang biaya asuransi kesehatan allianz, maka pastikan untuk tidak melewatkan informasi seputar biaya pemeliharaan. Biaya asuransi yang ini memang jarang adanya dan hanya dikenakan pada asuransi yang memiliki biaya akuisisi seperti premi tunggal.

10. Biaya Redemption / Surrender

Biaya redemption tidak jauh berbeda dengan biaya pembatalan polis. Jika kamu berniat membatalkan atau menutup polis di awal tahun berjalan, maka biaya yang harus kamu keluarkan cukup besar.

11. Biaya Asuransi Tambahan

Terkadang, pemegang polis ingin mendapatkan manfaat tambahan dari apa yang mereka dapatkan. Setiap asuransi yang memiliki tambahan yang umumnya disebut dengan rider mengharuskan kamu untuk membayarkan sejumlah biaya.

Bagi anda yang masih paham dan ragu dalam memilih asuransi kesehatan, bisa menghubungi PT PFI Mega Life Insurance mereka akan membantu, untuk menentukan asuransi kesehatanmu. Bagaimanapun juga, tujuan dari asuransi kesehatan adalah mendapatkan perlindungan dan manfaat yang yang maksimal sesuai dengan uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan polis asuransi.

Posting Komentar untuk "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Biaya Asuransi Kesehatan"