Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Anggur Import Terbaik Yang Cepat Berbuah di Indonesia

Jenis Anggur Import Terbaik Yang Cepat Berbuah di Indonesia - Menjadi petani anggur dan memiliki banyak varieatas impor pastinya sangat menyenangkan. Selain dapat menikmati hasilnya setelah panen, anda juga dapat menjual buahnya, batangnya atau bahkan bibitnya.

Tentunya ini, merupakan peluang usaha yang menjanjikan di masa mendatang, mengingat kebutuhan akan buah anggur di Indonesia masih sangat minim sekali. Dan negara kita masih saja terus mengimpor buah anggur dari berbagai negara, misalkan china adalah salah satu negara tujuan kita dalam mengimpor anggur.

Maka dari itu, ada peluang besar bagi petani Indonesia untuk membudidayakan tanaman anggur ini. Dan kedepannya negara kita tidak bersusah payah dalam mengimpor anggur karena sudah terpenuhi dari dalam negeri.

Sekarang ini, buah anggur masih tergolong mahal, apalagi varian import yang memang sangat manis dan tanpa biji pula.

Jenis Anggur Import Taldun Terbaik Yang Cepat Berbuah di Indonesia

Jenis Anggur Import Terbaik Yang Cepat Berbuah di Indonesia

Mengenal Tanaman Anggur Import

Tanaman anggur yang ada di Indonesia merupakan tanaman asli Eropa dan Asia Tengah, yang masuk kedalam Family Vitaceae adalah tanaman yang dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Tanaman anggur juga termasuk jenis tanaman perdu yang artinya pertumbuhannya dengan merambat.

Buah anggur memiliki banyak varian warna tergantung jenis varietasnya apabila telah matang, ada yang berwarna hitam, merah, ungu, hijau, kuning, dan campuran warna yang sangat cantik. 

Buah anggur dapat anda konsumsi langsung setelah anda petik dari pohonnya, tetapi akan lebih manis lagi jika anda menyimpannya terlebih dahulu. Anda juga dapat mengolah buah anggur menjadi jus, kismis, jelly, menjadi wine, atau minuman dan minyak dari biji anggur. Maka dari itu, banyak petani dari Indonesia saat ini melakukan pembelian bibit untuk di budidayakan di Indonesia. 

Karena tanaman anggur juga dapat dibuahkan di iklim Indonesia, walaupun dapat dibuahkan, ternyata ada juga varian anggur yang memang Genjah dan layak untuk di tanam di kebun ataupun pekarangan anda.

Jenis-jenis Anggur Impor yang Genjah Cepat Berbuah

Tidak semua varietas anggur yang ditanam di Indonesia bersifat genjah atau mudah untuk dibuahkan. Ada juga yang susah untuk berbuah, harus menunggu sampai bertahun-tahun untuk berbuah. Hal ini dikarenakan sifat dari anggur dengan iklim di Indonesia tidak terlalu cocok.

Anggur dikatakan Genjah apabila anggur tersebut mudah untuk berbuah, biasanya ketika umur 3 bulan saja anggur yang memang benar-benar genjah akan mampu untuk dibuahkan. Ada beberapa jenis anggur yang telah terbukti gampang berbuah tanpa dilakukan pupuk pembuahan, hanya dilakukan potes pucuk / excel break saja sudah mampu berbuah.

Sekarang ini, di Indonesia ada beberapa anggur impor yang terbukti genjah berbuah di iklim tropis seperti Anggur Jupiter, Ninel, Everest, Transfiguration, Dixon dan masih banyak lagi.
Jika anda saat ini, sedang mencari buah anggur yang genjah dan mudah untuk dibuahkan, maka simak terus pembahasan saya kali ini.

Berikut ini, jenis-jenis tanaman anggur impor yang mudah berbuah dan sifatnya Genjah pada Iklim yang ada di Indonesia.

1. Anggur Jupiter

Anggur Jupiter merupakan jenis anggur yang terkenal sangat genjah di Indonesia dan rasanya yang wangi unik dengan tingkat produktivitas buah yang tergolong cukup tinggi. Bentuk dari buah anggur ini oval agak lonjong, warna buahnya merah pekat saat matang. Daging buahnya lumayan tebal mengingat berry nya yang tidak terlalu besar dengan tekstur renyah. Apabila matang sempurna, maka anggur Jupiter ini kemanisannya bisa mencapai 21 brix. 

Untuk proses pembuahan pada tanaman anggur Jupiter, masih sama seperti pada anggur pada umumnya, yaitu dengan melakukan pemangkasan atau pruning. Dari awal pemangkasan sampai buah anggur siap petik, membutuhkan waktu kurang lebih 105 hari. Jadi kesimpulannya, anggur Jupiter ini sangat layak untuk anda koleksi dan ditanam di pekarangan ataupun kebun anda.

2. Anggur Ninel

Anggur Ninel merupakan anggur lawasan yang paling banyak di budidayakan di Indonesia, bagaimana tidak selain memiliki buah yang besar dan juga memiliki rasa yang manis pula. Tandan buah /besar dompolan anggur ini bisa mencapai 1 – 3 kg. Pastinya sangat menguntungkan apabila kita menjualnya, selain itu kulit dari anggur ninel tergolong tipis. Daya tahan tanaman terhadap serangan jamur dimusim hujan sangatlah baik.

Hal inilah, yang membuat masyarakat khususnya di pulau jawa banyak yang menanam jenis anggur ini sebagai koleksi dikebunnya. Yang menjadi daya Tarik lainnya dari Ninel ini adalah tanaman ini sangat mudah dibuahkan di Indonesia, kadang hanya butuh waktu 4 bulan saja, sudah mampu untuk dibuahkan. Apakah anda tertarik untuk menanamnya dipekarangan rumah anda!
 

3. Anggur Transfiguration

Jenis Anggur ini merupakan anggur yang memiliki tingkat kegenjahan yang cukup tinggi di iklim Indonesia. Selain itu, ukuran berry yang besar membuat anggur ini semakin diminati para petani anggur untuk dikembang biakkan di kebun mereka.

Bentuk buah yang lonjong serta saat matang sempurna memiliki warna merah kekuningan. Daging buah tebal serta tekstur renyah dan juicy. Kandungan air dari buahnya juga sesuai dengan cita rasa yang manis. Untuk tingkat kemanisan mungkin diatas 17 brix tanpa ada rasa asamnya sedikitpun.

Untuk perawatan, pemupukan dan pembuahan juga sama perlakuannya dengan jenis anggur lainnya. Transfiguration juga tergolong gampang untuk dibuahkan, sekitar umur 4 bulan anggur ini sudah dapat dibuahkan. Karena tingkat ketahanan dan adaptasi terhadap cuaca sangatlah tinggi, anggur ini menjadi salah satu aggur yang paling banyak di tanam di Indonesia.

4. Anggur Everest

Varian anggur Everest termasuk jenis anggur yang mudah dibuahkan di iklim Indonesia. Buahnya yang berbentuk bulat dengan warna merah dan rasa yang manis, membuat anggur ini sangat diminati kalangan pecinta anggur. Keunggulan lain dari anggur ini adalah ketahanannya terhadap serangan jamur, walaupun ditanam di tanah langsung tanpa pelingdung UV.

Berat buah / dompolan anggur ini bekisar antara ½ kg sampai 1,2 kg, cukup lumayan berat untuk jenis anggur di Indonesia. Anda dapat membuahkan anggur ini pada usia tanam  di atas 1 tahun, karena akan memberikan buah yang besar dan pohon yang sehat. Untuk proses pematangan anggur ini dari mulai keluar bunga adalah 115 hari – 120 hari.

5. Anggur Dixon

Anggur Dixon merupakan jenis anggur impor yang dikembangkan di Indonesia dan ternyata hasilnya luar biasa kegenjahannya. Hanya dengan potes pucuk saja, anggur ini kadang mengeluarkan buah. Warna buah perpaduan antara merah dan kuning sehingga membuatnya sangat cantik jika sedang matang.

Buahnya tergolong besar dengan bentuk bulat lonjong, teksturnya renyah saat digigit dan memiliki rasa yang sangat manis. Keunggulan lain dari jenis Dixon adalah dompolan buahnya bisa mencapai 700gram sampai 1200 gram dalam setiap tandannya.

Pembuahan anggur ini, bisa dibuahkan pada usia 4 bulan, tetapi lebih baiknya jika anda membuahkannya pada usia 1-2 tahun. Pematangan buah terjadi selama 120 hari sampai 125 hari. Anggur ini sangat rekomendasi sekali untuk anda tanam dipekarangan rumah anda, sebagai hiasan juga bisa.

6. Anggur Veles

Anggur Veles adalah salah satu jenis anggur Hybrid hasil persilangan Sofia X Rusbol oleh seorang pemulia tanaman anggur Zagorulko Vitaly Vladimirovich dari wilayah Zaporozhye. Jenis ini termasuk koleksi terbaik yang telah memenangkan medali emas pada kompetisi international di Simferopol dan membawanya sebagai jenis anggur paling populer dan memiliki prospek bagus diwilayah CIS Ukraina.

Diantara keunggulan jenis ini diantaranya termasuk kategory very early/pematangan tidak terlalu lama, hanya memakan waktu -+100-105 hari. Ukuran tandan buah beratnya bisa mencapai 1500 gram bahkan sering sekali mencapai ukuran yang sangat fantastik up 3 kg.

Ditambah dengan polesan warna kulit luar pink dan bentuk buah oval sudah begitu menjadi daya tarik luar biasa. Jenis anggur ini juga sudah banyak di budidayakan di Indonesia, dan lumayan genjah, jika anda berminat, tidak ada salahnya untuk mengkoleksinya.

7. Anggur Taldun

Taldun, varian anggur yang sempat menjadi trending center saat kemunculannya di pertengahan 2020 ini merupakan salah satu varian paforit warga pengangguran karena dinilai cukup genjah dan mudah dibuahkan.

Varian taldun memiliki berri berwarna merah gelap dengan tekstur cruncy yang sangat pas dengan lidah orang Indonesia. Dengan rasa yang manis dan ukuran tandan yang besar yakni rata-rata 600 -1500 gram per tandan, tak meragukan lagi keberadaannya sangat diminati penghoby anggur.

Bentuk berri yang bulat panjang alias lonjong menjadikan anggur jenis taldun cukup indah dijadikan koleksi di teras-teras maupun tabulampot.

8. Anggur Manicure Fingger

Anggur Manicure Fingger termasuk jenis favorit dan banyak dicari, karena pertama bentuk buah lonjong dan cantik untuk dipandang, rasa buah yang manis dengan tektur buah yang tebal serta kandungan air yang cukup baik. Adapun diameter buah diatas rata2 akan memberikan kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.

Bisa dikatakan hampir 99% sudah dimiliki para pecinta anggur diberbagai daerah dan hampir sudah bisa nikmati buahnya.

Jenis ini juga termasuk jenis yang biasanya masuk etalase rekomended untuk para pemula diberbagai group anggur. Ayo tunggu apa lagi segera hunting bibitnya dan hiasi pekarangan rumah Anda dengan anggur jenis ini.