Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Daun Pisang Kering Untuk Ikan Hias Guppy

Manfaat daun pisang kering untuk ikan Guppy, bagi anda yang baru pemula budidaya ikan guppy ada baiknya untuk mengetahui apa manfaat daun pisang kering untuk Guppy?

Nah dikesempatan kali ini, caracari akan memberikan jawabannya, semoga bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini ya! Biar teman-teman yang lain juga bisa mendapatkan informasi ini.

Mungkin bagi sebagian orang tidak mengetahui manfaat daun pisang kering untuk ikan Guppy, terutama pada saat proses pemijahan ikan Guppy. Selain itu, dapat juga diterapkan pada burayak ikan lele, gurame, nila, cupang, channa dan lainnya.

Tapi bagi mereka yang sudah lama terjun di dunia pembudidayaan ikan Guppy, pemakaian daun pisang kering ini pasti sudah hal yang biasa digunakan. Bahkan pemberian daun pisang kering merupakan rahasia untuk sukses memijahkan ikan Guppy.

Bagi kalian yang awam, pasti mengira bahwa pemberian daun pisang itu biasa saja atau wajar, tanpa teman-teman sadari kalau sebenarnya itu banyak sekali manfaatnya.

5 Manfaat Daun Pisang Kering Untuk Ikan Hias Guppy

Inilah Manfaat Daun Pisang Kering Untuk Ikan Hias Guppy

Berikut manfaat daun pisang kering untuk ikan Guppy :

1. Menyetabilkan suhu air dalam kolam ikan Guppy

Manfaat daun pisang kering untuk ikan Guppy dan burayak yang pertama ialah, daun yang lebar berguna untuk melindungi air kolam dan sehingga memberi manfaat pada ikan Guppy terhadap sengatan sinar matahari secara langsung. Atau bisa diartikan sebagai tempat berteduh ikan Guppy. Sehingga air dan ikan tetap nyaman didalam kolam.

Sedikit saran saja supaya suhu air tetap normal, selain menggunakan daun pisang kering, usahakan kolam atau lubukan agak lebaran, misalkan panjang kolam 1,5m x lebar 1m dengan tinggi air rata-rata sekitar 10cm-20cm saja.

2. Media Hidupnya Infusoria

Sebagai pengalaman saya pribadi, dan setelah saya amati ternyata dilubukan saya ada sejenis mikroorganisme kecil-kecil mirip kutir, biasanya disebut infusoria. Dengan adanya infosoria ini malah bagus, karena burayak ikan Guppy juga sangat menyukainya.

Menurut informasi yang kami terima, sebenarnya dengan kita memberikan daun pisang kering kita sudah memberikan pakan, karena bisa memunculkan infusoria daun pisang, yang nantinya bisa sebagai makanan burayak ikan Guppy.

3. Obat Stress Ikan Guppy

Dengan kita memberikan daun pisang kering pada lubukan, maka membuat suhu air pada lubukan kita terasa stabil, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Jika suhu stabil ikan biasanya terlihat lincah, makan pun enak, itu menandakan ikan sehat. menurut pengalaman saya ikan yang dikasih daun pisang kering ini terlihat lincah.

Selain memberi daun pisang kering cara untuk menjaga kestabilan suhu air dalam lubukan ialah dengan rutin mengganti air, mengganti air disini yang saya maksut bukan mengganti atau menguras semua air dalam lubukan yah temen-temen.

Melainkan hanya menambahkan air yang baru. Dengan syarat lubukan temen-temen atau kolam ada outlet pembuangan air otomatis. Dengan begitu Ikan Guppy atau burayak ikan Guppy juga akan cepat besar ukurannya.

4. Obat Untuk Ikan yang Luka

Kolam yang dikasih daun pisang kering jarang sekali ada yang terkena penyakit. ini mungkin karena kandungan dari daun pisangnya, saya juga tidak tau lebih mengenai kandungannya. Tapi ini real sudah saya buktikan kalau pakai daun pisang kering ikan Guppy lebih awet hidup, terutama untuk burayak.

5. Untuk Media Persiapan Indukan Guppy Betina

Untuk mendapatkan hasil yang baik saat pemijahan, lebih baik kalian tempatkan indukan ikan betina diember yang sudah dikasih daun pisang kering ini. Pengalaman saya lagi, hasil telurnya juga banyak temen-temen

Terus bagaimana cara untuk menggunakan daun pisang kering?

Untuk Penggunaannya bisa kalian simak sebagai berikut :
 

  • Carilah daun pisang kering yang lebar dan daunnya sedikit agak kering, jangan terlalu kering batang daun juga jangan terlalu kering.
  • Cuci sampai bersih, cukup disikat saja dan jangan di kasih detergen
  • Masukkan daun pisang kering  yang sudah kalian cari tadi kekolam burayak pembesaran ikan Guppy.
  • Biarkan 1 harian untuk mengendapkan.
  • Untuk selanjutnya masukan burayak ikan Guppy.


Sebagai tambahan tips saja, alangkah baiknya untuk memindahkan burayak beserta indukan jantannya. Ini sangat berguna supaya indukan jantan menjaga burayak ikan dari jentik-jentik nyamuk atau hama yang mengancam hidupnya.

Karena selain untuk media tempat hidupnya organisme, temen-temen juga harus tahu bahwa daun pisang kering ini juga merupakan tempat terfavorit buat nyamuk untuk manaruh telurnya.

Untuk itu saya saranin menaruh indukan jantannya juga, ini bertujuan supaya indukan jantan bisa menjaga burayak dari gangguan hewan lainnya seperti jentik nyamuk tadi.

Namun perlu temen-temen ketahui, bahwa indukan jantan yang bisa diberi tugas menjaga burayak, ialah indukan jantan yang sudah pernah dipijahkan. Ini kenapa? karena indukan jantan yang sudah pernah dipijahkan secara mental sudah jago melindungi anaknya.

Sementara untuk indukan jantan yang baru pertama kali dipijahkan, dan diberi tanggung jawab menjaga burayak, biasanya sangat berbahaya, burayak bisa habis dimakan jika indukan sudah lapar karena temen-temen lupa ngasih makannya.

Untuk itu saya saranin untuk menaruh indukan jantan yang sudah pernah dipijahkan atau sudah pernah kawin.

Fungsi daun pisang kering untuk burayak ikan Guppy lainnya ialah bisa digunakan untuk bahan membuat pakan burayak yaitu infusoria. Infusoria adalah semacam plankton yang ukurannya sangat kecil, infusoria juga merupakan pakan alternatif buat burayak ikan Guppy atau ikan guppy. Temen-temen tidak perlu bingung untuk mencari infusoria dimana.

Infusoria daun pisang bentuknya sangat kecil sekali, sehingga terkadang susah untuk mengamatinya. Untuk mengamatinya kalian harus menggunakan senter, bisa senter HP kalian juga. Kalian juga bisa megkulturnya sendiri menggunakan bahan utamanya ya menggunakan daun pisang kering. Caranya bagaimana bang? Yuk mari simak !

Cara Kultur Infusoria Pada Daun Pisang Kering:

  1. Kalian siapkan bahannya yaitu: daun pisang kering, air bekas ikan Guppy atau ikan apa gitu pokok ikan, jangan air bekas jemuran pakaian yahh hehehe, dan tempatnya, disini saya memakai botol air mineral yang dibungkus plastik warna hitam.
  2. Setelah bahan sudah terkumpul, masukan air bekas ikan tadi di botol air mineral yang sudah dibungkus dengan plastik warna hitam.
  3. Masukan daun pisang kering kedalam air bekas ikan tadi.
  4. Tutup rapat menggunakan plastik warna gelap, ikat dengan karet.
  5. Tunggulah sampai 2-3 hari, untuk membukanya.
  6. Setelah 3 hari bisa temen-temen amati, dengan cara mengambil air kultur tadi 1 sendok makan saja, kemudian masukkan ke dalam air solitare bersih yang sudah disiyabkan.
  7. Amati menggunakan bantuan senter, kalian bisa menggunakan senter Hp. Disitu nanti kalau sudah ada sesuatu yang kecil-kecil bergerak itulah infusoria.


Sedikit tambahan saja, dan kenapa saya tidak merekomendasikan pakai daun ketapang, kok malah menggunakan daun pisang yang agak kering.

Alasannya sih menurut pengalaman saya aja nih, kalau saya menggunakan daun ketapang, daunnya jika sudah sampai 1 bulan akan membusuk, dan air wajib diganti.

Sedangkan mengganti air semua satu lubukan itu sangat berisiko buat burayak. Tapi kalau kita menggunakan daun pisang kering, menurut pengalaman saya, saya cuman mengganti air setengah, untuk waktunya relatif ya temen-temen, menyesuaikan cuaca, tapi saya lakukan biasanya selang waktu 2 bulan.

Nah, mungkin sampai disini pembahasan kita tentang manfaat daun pisang kering untuk ikan Guppy, semoga bermanfaat bagi temen-temen pecinta ikan hias Guppy.