Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Memilih Anak Ayam Bangkok Jantan Bagus Umur 2, 3 Bulan

Menentukan anak ayam bangkok jantan yang bagus untuk aduan dengan umur 1, 2 sampai 3 bulan memanglah tidak mudah. Karena walaupun satu indukan belum tentu memiliki kwalitas yang sama saat dijadikan ayam aduan.
 
Hal yang paling utama saat kita hendak memilih anak ayam bangkok, adalah mengetahui asal usul trah indukan dan bapakannya.
 
Apabila dari trah juara, maka kemungkinan besar anak yang akan dihasilkannya juga akan memiliki darah juara dari sang bapaknya.

Cara Memilih Anak Ayam Bangkok Jantan Bagus Umur 2, 3 Bulan

Ciri-ciri Anak Ayam Bangkok Berkwalitas Untuk Aduan

Untuk anak ayam usia 2 dan 3 bulan

  • Untuk segi fisik mungkin akan sama saja antara anak ayam usia 1,2 dan 3 bulan dan akan saya jelaskan dibawah nanti.

  • Hal yang saya lakukan saat memilih anak ayam bangkok umur 2 bulan adalah dengan mengangkatnya dengan kedua tangan, lalu kita jatuhkan.

  • Perhatikan kakinya saat menyentuh tanah, apabila kakinya menempel, itu menandakan ayam bagus dan layak untuk kita koleksi.

  • Anak ayam apabila kita jatuhkan dan kakinya tetap sejajar dan menempel adalah anak ayam dengan pukulan super.

  • Saat kita pegang anak ayam bangkok, bawaan ayamnya tenang dan tidak gelisah. Ini juga salah satu tanda ayam yang bagus untuk aduan.


Warna Anak Ayam Bangkok

Sebenarnya anak ayam bangkok yang asli memiliki dominan bulu berwarna hitam. Sekarang ini, kebanyakan ayam bangkok telah disilang dengan berbagai jenis ayam aduan seperti birma, pama, magon/saigon sehingga menimbulkan warna yang unik.

Ada yang berwarna kelabu, gondang / coklat dan ada juga warna putih. Semua itu sih kembali lagi keselera anda. Menginginkan warna apa yang menjadi pavorit anda, sehingga anda merasa nyaman dan senang saat memeliharanya.

Cara Memilih Anak Ayam Bangkok Bagus Berdasarkan Ciri Fisiknya

Berikut ini 7 cara memilih anakan ayam bangkok bagus berdasarkan dari segi fisiknya :

1. Bentuk Kepala

Anak ayam kualitas juara mempunyai bentuk kepala yang bagus, yakni mirip dengan burung jalak. Ciri kepalanya panjang agak lonjong dan agak besar dengan kulit kepala yang halus serta tipis.

Ciri-ciri kepala yang demikian menandakan anak ayam tersebut nantinya akan menjadi jenis aduan yang tahan pukul serta tidak mudah jera meski terluka. Bentuk kepala yang baik akan memberi kesan wibawa pada anak ayam ketika tumbuh menjadi tipe petarung.

2. Bentuk Badan

Bentuk badan yang panjang serta sayap yang panjang juga menandakan anakan ayam bangkok super bagus. 

3. Bentuk Sisik Kaki / Katuranggan

Salah satu faktor pendukung yang biasanya menjadi perhitungan para penghobi ayam aduan adalah melihat dari bentuk sisik pada kaki anak ayam. Apabila ayam memiliki sisik yang menonjol rapi dan kering, menandakan memiliki pukulan yang mematikan.

4. Penampakan Paruh

Paruh bisa menjadi indikator anak ayam berkualitas super. Pada paruh yang bagus, terdapat garis tengah di bagian atas sehingga mirip dengan milik rajawali. Paruh dengan tanda tersebut mengindikasikan seekor anak ayam dapat mematuk dengan kuat.

Dari segi warna, paruh anak ayam yang Anda pilih sebaiknya memiliki rupa yang sedikit transparan. Jika Anda tidak dapat menemukannya, setidaknya pilihlah yang warna paruhnya sama dengan ruas kakinya.

5. Bentuk Mata

Ciri fisik lainnya yang bisa Anda lihat ketika memilih anak ayam jenis bangkok, yakni bentuk matanya. Bila anak ayam memiliki mata yang jernih, berbentuk bulat, dan sedikit masuk dalam rongga mata, dapat dipastikan penglihatannya jeli.

6. Kekuatan Kaki

Kaki jadi unsur penting untuk ayam bangkok aduan. Anak ayam yang Anda pilih haruslah mempunyai kaki yang seimbang serta lutut yang menonjol ke belakang. Bentuk jari kakinya normal memanjang dan terbuka agak lebar.

Selain itu, sisik kaki dari anak ayam sebaiknya dipilih yang agak kering. Hal ini dikarenakan anak ayam dengan ciri tersebut biasanya lebih tangkas, kuat, dan cocok memasuki arena tarung saat dewasa.

7. Bentuk Tulang

Bentuk tulang jadi faktor yang menentukan kekuatan tubuh dari anak ayam jenis bangkok. Struktur tulang yang bagus bisa menjadi penanda bahwa anak ayam mempunyai ketahanan yang baik.

Nah, sampai disini pembahasan saya kali ini tentang cara memilih anak ayam bangkok jantan yang bagus untuk dijadikan ayam aduan umur mulai 1, 2 dan 3 bulan. Semoga bermanfaat..