Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Jamu Herbal Anak Ayam Agar Sehat dan Cepat Besar

Cara Membuat Jamu Herbal Anak Ayam Agar Sehat dan Cepat Besar

Membuat jamu untuk anak ayam agar sehat dan nafsu makannya meningkat, akan membuat anak ayam cepat besar. Apalagi jamu herbal tradisional yang kita berikan, pasti lebih ramah lingkungan karena bahan-bahannya memang dari tumbuhan.

Pemberian jamu yang tepat pada anak ayam juga dapat membuatnya kebal terhadap serangan penyakit, dikarenakan suhu yang tidak menentu. Atau karena memang lagi musim sakit ayam, yang biasanya bisa membuat ayam kita mati satu kandang.

Kali ini saya akan membagikan resep jamu herbal dan tradisional untuk anak ayam baru menetas usia 0 sampai 1 bulan. Kenapa di usia ini harus diberikan, karena disinilah awal kita menjaga kwalitas ayam kita agar dapat tumbuh dengan baik.

Bahan Herbal Jamu Penambah Nafsu Makan Anak Ayam

Sebelum kita meracik jamu untuk anak ayam, maka kita kenali dahulu beberapa bahan herbal yang bisa kita gunakan sebagai bahan pembuatan jamu :

1. Kunyit

gambar kunyit jamu ayam

Kunyit merupakan tanaman rempah yang paling banyak di temukan di asia tenggara salah satunya negara kita tercinta indonesia. Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat alami, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya kandungan zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 % Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 – 5 % Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (zat besi, fosfor, dan kalsium). 

Manfaat Kunyit
  • Mengandung antioksidan dan antiperadangan
  • Dapat memperlancar sistem pencernaan
  • Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

2. Temulawak

gambar temulawak jamu ayam

Temulawak mempunyai beberapa kandungan senyawa kimia yang terdapat pada rimpangnya, antara lain berupa fellandrean dan turmerol atau yang sering disebut minyak menguap. Kemudian minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol dan an kurkuminoid.

Manfaat Temulawak 
  • Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan
  • Anti Bakteri dan Jamur
  • Penambah Nafsu makan 
Nah, setelah kita mengetahui kandungan dan manfaat bahan herbal diatas, maka kita dapat menerapkannya untuk membuatnya sebagai bahan jamu untuk anak ayam.

Cara Membuat Jamu Herbal Anak Ayam Agar Sehat dan Cepat Besar

Bahan bahan yang akan kita gunakan dalam membuat jamu herbal tradisional untuk anak ayam adalah kunyit dan temulawak. Dengan kedua bahan ini saja kita dapat membuat jamu yang dapat menyehatkan anak ayam dan nafsu makannya akan meningkat.

Cara Membuat Jamu Alami Untuk Anak Ayam

Setelah anda menyiapkan kedua bahan tersebut, sesuaikan dengan kebutuhan, maka langkah selanjutnya adalah :
  1. Anda dapat memarut atau menumbuk kedua bahan ini, setelah itu tambah dengan air hangat sedikit saja.
  2. Peras, dan yang kita ambil hanya air perasannya saja.

Jika anda tidak mau repot, anda dapat membelinya yang sudah menjadi bubuk, tinggal anda campur sedikit air dalam penggunaannya.

Cara Penggunaan Jamu Herbal

Untuk cara penggunaan dari jamu herbal ini cukup anda campurkan ke pakan ayam, lalu aduk hingga merata. Biasanya dicampurkan dengan BR 511 pakan awal untuk anak ayam, dalam pemberian jamu jangan sampai pakan terlalu basah, cukup lembab saja.
 
Jamu ini dapat anda berikan seminggu 3 kali sampai anak ayam umur 1 bulan, setelah itu untuk pemakaiannya untuk ayam yang telah dewasa cukup seminggu sekali jika cuaca musim hujan.

Dengan anda memberikan jamu ini rutin pada anak ayam anda, maka saya jamin anak ayam anda akan sehat, makannya lahap dan pasti cepat besar. Jamu ini telah saya praktekkan sendiri dirumah, dan hasilnya sangat memuaskan. Tidak kalah dengan obat kimia pabrikan untuk anak ayam, dengan jamu herbal maka ayam akan lebih sehat, dan saat dikonsumsi dagingnya akan terasa lebih lezat.

Mungkin sampai disini pembahasan saya kali ini tentang cara membuat jamu herbal untuk anak ayam, agar sehat dan cepat besar. Semoga bermanfaat