Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Login Aplikasi SIPD Kemendagri Daerah

Cara Login Aplikasi SIPD Kemendagri Daerah - Anda sebagai Operator, PPK, PA, maupun Bendahara dilingkungan SKPD pasti setiap hari harus login untuk melakukan perekaman data.

Baik itu dalam pengisian / input / entry data, pembuatan gaji, SPJ GU, SPP-SPM, SPD, SP2D dan menampilkan laporan-laporan terkait dengan realisasi. Dengan adanya Aplikasi SIPD Daerah, akan memudahkan anda dalam melakukan pekerjaan itu semua.

Tentang SIPD Daerah

Sistem informasi pemerintah daerah (SIPD) adalah suatu Sistem yang mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan.

Sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 274 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah bahwa Perencanaan Pembangunan Daerah didasarkan pada data dan informasi yang dikelola dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

Manfaat Aplikasi SIPD

  • Bahan evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan daerah serta bahan penentu/perumusan kebijakan dan perencanaan pembangunan daerah, karena pada saat ini data-data pembangunan dipandang belum lengkap sehingga diperlukan suatu upaya untuk melengkapi dan senantiasa untuk memperbaruinya dengan pengumpulan data secara bertahap dengan mekanisme merubah dari pola secara manual ke pola elektronik.
  • Untuk menyediakan data dan informasi yang akurat dan terbaru untuk perencanaan pembangunan daerah, menjadi sistem penunjang pelaksanaan tugas dan fungsi Kemendagri dalam pengendalian dan penyerasian pembangunan daerah, menjadi gerbang data dan informasi pembangunan daerah, serta merupakan akses data dan informasi berbagai kepentingan.

Cara Login Aplikasi SIPD Kemendagri di Komputer / Laptop

Adanya SIPD Online Akan memudahkan kita dalam mengakses datanya dimanapun kita berada asalkan komputer ataupun laptop kita terkoneksi dengan internet.

Untuk bisa login ke SIPD, terkadang kita mengalami kesulitan dan kendala, karena tampilannya tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Agar anda dapat login dan masuk ke situs sipd daerah yang benar dengan mudah anda dapat mengikuti cara sebagai berikut :

1. Buka Laptop anda, pastikan sudah terkoneksi dengan internet.

2. Ketikkan kata kunci ini di google : kemendagri.go.id/siap/login (atau klik langsung)

Cara Login Aplikasi SIPD Kemendagri Daerah

3. Maka tampilan yang benar akan seperti ini :

tampilan sipd kemendagri daerah

4. Selanjutnya Anda tingal memasukkan User dan Password yang telah anda buat sebelumnya. Juga memilih Tahun Anggaran dan Wilayan Pemda tempat anda bekerja.

5. Selesai


Cara Login Aplikasi SIPD dari HP

Agar anda bisa login dengan menggunakan Handphone, caranya tetap sama seperti diatas, hanya saja pada settingan browser anda harus pada mode dekstop. Untuk memudahkan anda dalam melihat informasinya, karena dengan mode ini, tampilan halaman akan sama seperti pada laptop atau komputer.
  •  Anda tinggal buka browser chrome, lalu ketikkan di pencarian google :  kemendagri.go.id/siap/login
  • Tampilannya akan sama seperti diatas, setelah anda mengaktifkan mode desktop pada hp anda.
  • Silahkan Login untuk memasukkan username dan password serta memilih Tahun Anggaran dan Wilayan Pemda tempat anda bekerja.
  • Selesai
Semoga dapat membantu anda yang kesulitaan di saat ingin login ke situs SIPD Kemendagri Daerah. Semoga bermanfaat.