Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbanyak dan Merawat Tanaman Hias Jenis Alocasia Black Velvet

Memperbanyak dan Merawat Tanaman Hias Jenis Alocasia Black Velvet terbilang gampang-gampang susah, menjadi sulit karena perawatannya yang rutin. menjadi mudah asalkan anda tau cara penanganannya dengan benar.

Alocasia adalah jenis tanaman hias iklim tropis yang masih kerabat dekat dengan aglonema, keladi, dan anthurium. Alocasia juga terkenal dengan bentuk daunnya yang unik seperti kuping gajah.

Tentang Alocasia Black Velvet

Alocasia Black Velvet atau disebut juga Regnigula adalah tanaman hias tropis yang memiliki keindahan tekstur pada daunnya. Tanaman ini merupakan tanaman hias langka yang ada didunia tumbuhan, maka dari itu memelihara tanaman hias ini juga akan mendatangkan nilai ekonomis yang tinggi jika anda bisa memperbanyaknya.

Tanaman Jenis Alocasia Black Velvet akan tumbuh baik jika kelembaban pada media tanam antara 50-70%. Jika kelembaban terlalu tinggi maka akan mengakibatkan busuk pada akar, sehingga akan membuat tanaman ini mati.

Untuk Temperaturnya sendiri antara 15-25 C / 55-80ºF, jadi anda dapat menyesuaikannya dengan menambah naungan, jangan meletakkannya ditempat terlalu panas.

Hal yang harus diperhatikan dalam menanam Alocasia Jenis Black Velvet adalah kebersihan daunnya. Jika Anda tidak membersihkannya, maka semua debu dan kotoran yang menempel di permukaan daun akan mempersulit tanaman untuk menyerap cahaya matahari secara alami. Justru inilah yang akan memperlambat proses fotosintesis dan pertumbuhan tanaman Anda.

gambar Jenis Alocasia Black Velvet
Gambar: Alocasia Black Velvet

Untuk harga tanaman hias ini masih tergolong mahal sekitar Rp. 50.000 s/d 500.000 sesuai dengan besar ukuran daun. Pastinya jika anda bisa mengembang biakkannya akan menambah penghasilan anda, selain untuk memperindah pekarangan rumah, juga bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan.

Nah, untuk itu anda harus memahami cara perawatan sekaligus bagaimana agar tanaman ini agar dapat tumbuh subur sehingga mendatangkan nilai ekonomis bagi anda. Simak terus pembahasan saya ini...

Inilah Cara Mudah Memperbanyak dan Merawat  Jenis Alocasia Black Velvet

Memperbanyak Alocasia

Setidaknya ada 3 cara yang sering digunakan untuk memperbanyak Alocasia Jenis Black Velvet :

1. Memisahkan Anakan

Cara memperbanyak alocasia dengan teknik memisahkan anakan, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Ambil tunas anakan alocasia yang tumbuh disamping indukan.
  • Saat memotong bagian Tunas yang menempel pada indukan, usahakan jangan sampai terpotong akarnya.
  • Olesi batang yang sudah dipotong dengan Fungisida agar terhindar dari serangan jamur dan bakteri.
  • Biarkan sampai bekasi olesan fungisida mengering.
  • Lalu tanam anakan tadi dengan menggunakan media tanam Tanah dicampur sekam bakar dan arang, agar media poros.
  • Siram tanaman yang baru ditanam dan tempatkan di lokasi yang teduh.
  • Jika ingin melakukan penyiraman sebaiknya jangan terlalu sering, tanaman cukup disiram 3 hari sekali untuk menjaga kelembaban pada media tanamnya. Jika dirasa masih terlalu lembab, sebaiknya jangan lakukan penyiraman.
  • Teduhkan selama 2 minggu sampai anakan tampak mulai beradaptasi pada media yang baru. Baru deh anda pindahkan kelokasi yang anda inginkan.


2. Perbanyakan Alocasia dengan Bonggolnya

Untuk memperbanyak Alocasia dengan bonggolnya, berikut adalah langkah-langkah yang harus anda lakukan :

  • Bongkar Media tanam, bersihkan dengan air sehingga pada bonggol nampak bakal tunas yang mulai tumbuh.
  • Potong-potong bonggol yang ada mata tunasnya, usahakan jangan sampai terpotong akarnya.
  • Olesi batang yang sudah dipotong dengan Fungisida agar terhindar dari serangan jamur dan bakteri.
  • Biarkan sampai bekasi olesan fungisida mengering.
  • Lalu tanam anakan tadi dengan menggunakan media tanam Tanah dicampur sekam bakar dan arang, agar media poros.
  • Siram tanaman yang baru ditanam dan tempatkan di lokasi yang teduh.
  • Jika ingin melakukan penyiraman sebaiknya jangan terlalu sering, tanaman cukup disiram 3 hari sekali untuk menjaga kelembaban pada media tanamnya. Jika dirasa masih terlalu lembab, sebaiknya jangan lakukan penyiraman.
  • Tunggu sampai mata tunas pada bonggol mulai tumbuh dan mengeluarkan daun, lalu pindahkan pada media pot agar lebih menarik dan cantik.


3. Penanaman dari Biji

Cara selanjutnya untuk memperbanyak alocasia adalah dari bijinya. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Panen buah yang sudah tua dari tanaman alocasia, lalu jemur biji hingga kering
  • Biji yang telah kering dapat langsung ditanam di media yang telah anda siapkan terlebih dahulu di pot atau polibeg.
  • Gunakan media tanam berupa campuran Sekam bakar dan tanah berpasir dengan perbandingan 2:1
  • Media tanam yang digunakan harus porous dan memiliki drainase yang baik untuk mengalirkan air sehingga tidak mengakibatkan busuk akar pada tanaman.
  • Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk memindahkan Alocasia yang ditanam dari biji, karena bisa menimbulkan stres pada tanaman, tunggu sampai 3 daun agar kuat untuk dipindahkan.


Perawatan  dan Media Tanam Alocasia

 Agar tanaman tumbuh subur dan berkembang dengan baik, maka kita perlu melakukan perawatan. Adapun yang bisa anda lakukan dalam perawatan adalah sebagai berikut :

1. Penyiraman

Sudah saya sebutkan diatas, tanaman Alocasia tidak suka media yang terlalu becek, karena dapat membuat akarnya menjadi busuk.

Untuk itu, sebelum melakukan penyiraman sebaiknya anda cek medianya terlebih dahulu, jika masih lembab, sebaiknya jangan melakukan penyiraman.

2. Media Tanam

Media tanam paling cocok untuk tanaman alocasia adalah yang medianya poros, artinya air mudah mengalir kebawah dan tidak bertahan di media sehingga mengakibatkan media menjadi becek.Komponen utama dalam membuat media menjadi poros adalah campuran sekam bakar dibanyakin saat membuat media tanam yaitu 2:1

3. Pemupukan

Dalam hal pemupukan, anda bisa memberikannya secara rutin seminggu sekali dengan dosis yang rendah. Hal ini dilakukan agar tanaman tidak mati karena kebanyakan pupuk, anda dapat memberikan pupuk NPK seimbang untuk tanaman ini.

Dosis yang bisa anda berikan adalah 1 sendok makan pupuk dicampur dengan air 20 liter dengan cara dikocor, kalau ingin ditabur, cukup seperempat sendok saja.

4. Pemberian Anti Jamur

Penyakit utama pada tanaman Alocasia adalah jamur, untuk itu anda harus melakukan penyemprotan rutin 2 minggu sekali dengan fungisida. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat memberikannya 1 minggu sekali secara rutin.

5. Pengaturan Cahaya

Setiap tanaman memang membutuhkan sinar matahari, tetapi ada yang dalam jumlah banyak dan ada pula yang sedikit saja sudah cukup. Contohnya Alocasia, yang tumbuh di iklim tropis sehingga menyukai panas yang secukupnya dan juga kelembaban diantara 50-70%.

Jangan meletakkan Alocasia ditempat yang terlalu panas, karena dapat merusak keindahan daun pada tanaman. Yang menjadi daya tariknya adalah daun, untuk itu anda harus membuat daunnya menjadi indah dan subur.

Nah, mungkin sampai disini pembahasan saya tentang Cara Memperbanyak dan Merawat Jenis Alocasia Black Velvet. Semoga bermanfaat...