Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Axel Break Tanaman Anggur Dalam Pembesaran Batang

Axel Break Tanaman Anggur Dalam Pembesaran Batang - Cara terbaik untuk saat ini agar cabang primer, sekunder dan tersier cepat besar dan tumbuh dengan serempak. Dengan pertumbuhan yang merata, maka dalam pembuahan akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Pertumbuhan cabang tersier yang merata dan cepat besar, pastinya dambaan para pengangguran. Agar mendapatkan hasil tersebut, pastilah kita harus memperhatikan beberapa point seperti :
  • Pemilihan Bibit yang Bagus
  • Pembuatan Media Tanam Yang Poros
  • Pemupukan Yang Rutin
  • Pengendalian hama dan penyakit
  • Pemangkasan
Apabila anda terapkan yang lima diatas, maka pertumbuhan pohon anggur anda sudah dipastikan akan tumbuh subur, vigor dan akan cepat berbuah. Ada hal penting yang perlu anda lakukan dalam menanam pohon anggur, salah satunya adalah dengan melakukan Exel Break.

Apa itu Axel Break dan Apa Manfaatnya?

Exel Break adalah pemutusan/pemotongan pertumbuhan pada tanaman anggur, atau sering disebut juga potes pucuk. Dengan melakukan Exel Break pada cabang yang Vigor, berarti kita telah menghentikan pertumbuhannya, sehingga nutrisi pada tanaman dapat di fungsikan pada batang yang masih kurang vigor.

Sehingga dengan seperti itu, pertumbuhan pohon anggur akan tumbuh secara merata dan serempak. Manfaat lain yang bisa kita dapatkan adalah percepatan pertumbuhan pada tanaman anggur kita karena pembagian nutrisi yang merata pada setiap batang skunder dan tersiernya.

Mempercepat Pembesaran Batang Anggur Dengan Axel Break 

Cara Melakukan Exel Break

Exel Break Pada tanaman anggur

Kita lihat gambar pohon anggur diatas, tampak pertumbuhan cabang tersier yang kurang merata. Ada yang sudah tinggi dan masih ada yang kecil. Nah, dengan melakukan Exel Break / potes pucuk pada cabang tersier yang sudah tinggi akan menghentikan pertumbuhannya. Sehingga nutrisi akan terbagi pada cabang-cabang tersier yang masih kecil.

Setelah semua cabang tersier tumbuh merata, maka kita masih tetap melakukan potes pucuknya sampai batang-batang tersier ini tumbuh besar dan berwarna coklat. Sehingga bisa kita buahkan nantinya dengan syarat batang sudah se-ukuran pensil.

Jenis Pupuk Dalam Pembesaran Batang

Selain melakukan potes pucuk, kita juga harus melengkapi kebutuhan nutrisi pada tanaman anggur yaitu dengan cara melakukan pemupukan rutin. Pupuk yang saya gunakan dalam proses pertumbuhan (masa vegetatif) adalah NPK seimbang, baik itu 15, 15, 15 atau yang 16, 16, 16. 

Untuk dosis pemberian pupuk pada masa Vegetatif tidaklah sama antara di tabulampot dengan yang di tanam langsung dalam tanah. Adapun untuk dosis yang anda berikan adalah sebagai berikut :

Dosis NPK untuk Tabulampot Anggur

Umur 7 hari  / setelah anggur beradaptasi dengan tanda keluarnya sulur, maka pohon anggur sudah bisa diberikan pupuk NPK dengan Dosis 1 Sendok Makan Dicampur dengan 5 Liter Air. Untuk anggur yang berusia 1 minggu, anda cukup memberikannya sebanyak 1 gelas 200ml. Setelah dewasa, anda bisa memberikannya 3 liter dalam setiap potnya dengan dosis yang sama seperti yang saya sebutkan tadi.

Sedangkan Dosis untuk Sistem Grounding atau tanam langsung dalam tanah bisa sampai 2 gelas 200ml dalam setiap pemupukannya. Akan bertambah ketika pohon anggur semakin dewasa, sampai pemberian 1 pohonnya 5 liter air dalam setiap pemberiannya.

Contoh Rambatan Anggur

Dibawah ini adalah contoh rambatan anggur yang biasa digunakan para pengangguran yang ada di Indonesia, anda dapat menirunya sebagai pembelajaran. Setiap sistem rambatan anggur pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing disetiap pembentukannya.

1. Rambatan Tanaman Anggur Sistem Teralis

Sistem teralis rambatan anggur

2. Rambatan Tanaman Anggur Sistem Para-para

Mungkin sampai disini pembahasan kita kali ini tentang manfaat Axel Break Tanaman Anggur Dalam Pembesaran Batang. Semoga bermanfaat dan bisa anda terapkan di rumah...