Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi dan Harga Reel Gtech Swagger SW 4000HG

Spesifikasi dan Harga Reel Gtech Swagger SW 4000HG

Spesifikasi dan Harga Reel Gtech Swagger SW 4000HG 12+1BB - Kali ini Gtech memiliki Reel keluaran terbaru, kehadirannya kali ini jelas menjadi daya tarik tersendiri bagi para angler di Nusantara. Harga yang ditawarkan juga lumyan dan dengan kwalitas yang ditawarkan juga cukup bagus.

Produk Gtech sudah tidak perlu lagi kwalitasnya, pasti anda tidak akan kecewa apabila membeli produk dari sini (bukan promosi) dan termasuk produk reel ini Legend di dunia perpancingan.

Reel atau kata lain disebut sebagai alat untuk menggulung senar pancing, merupakan salah satu bagian penting dari perlengkapan memancing anda.

Dengan adanya reel maka akan memudahkan anda untuk melempar dan menarik umpan saat anda memancing.

Review Spesifikasi dan Harga Reel Gtech Swagger SW 4000HG 12+1BB

Spesifikasi Reel Gtech Swagger SW 4000HG

Tampilan

Body dan keseluruhan dari penampilan dari Reel Gtech Swagger SW 4000HG tergolong kelas menengah. Untuk body menggunakan bahan Aluminium, untuk handle dan spool menggunakan bahan aluminium dan sudah anti reverse.

Suara Drag juga lumayan nyaring, bagi anda yang suka dengan suara drag, reel ini sangat rekomendasi sekali untuk dibeli.

Spesifikasi

  • Rigid Alluminum Body and Rotor
  • SDS 'super drag system' Intensive drag Power
  • Stainless steel ball bearing and roller bearing
  • Precission machine cut brass pionion gear
  • Stainless steel main shaft and gear shaft
  • Double anodized machined alluminium spool
  • Dual propulasion anti-twist line roller
  • Sealed drag system with carbon drag washer
  • CNC machined alluminuim handle
  • Allumnium power knob 
  • Gear ratio HG : 6.0:1 /  PG : 5.2:1
  • Ball Bearing 12+1
  • Line Capacity 4000 : 0.40mm - 160meter / 0.45mm - 120meter
  • Line Capacity 5000 : 0.35mm - 250meter / 0.40mm - 200meter
  • Max Drag 35Kg 

Warna 

Reel Gtech Swagger SW 4000HG mengusung dua warna yaitu merah hitam dan hitam. Sehingga menimbulkan kesan yang mewah dan kokoh.

Harga

Reel Gtech Swagger SW 4000HG memiliki ukuran, dan setiap ukuran mempunya harga yang berbeda pula.
  • Reel Gtech Swagger SW 4000HG dengan harga Rp. 1.450.000
  • Reel Gtech Swagger SW 5000HG dengan harga Rp. 1.525.000

Kesimpulan

Dengan spesifikasi dan harga diatas, maka reel ini masih tergolong terjangkau di pasaran. Reel ini masih cocok untuk mancing di Laut. 

Tips Sebelum Membeli Reel Pancing

Sebelum anda membeli Reel Pancing ada baiknya mempertimbangkan, dimana lokasi anda akan memancing, apakah dikolam, sungai, danau, rawa, atau laut, sehingga tidak salah dalam memilih reel yang cocok dengan medan yang akan anda gunakan untuk memancing.

Ada baiknya anda mengenali beberapa spesifikasi dari reel tersebut, seperti :
  1. Reel Body
  2. Reel Size
  3. Gear Ratio
  4. Drag System
  5. Ball Bearing
  6. Spool
  7. Anti Reverse Handles
  8. Type Reel

Komponen Reel Pancing

Reel Body

Reel body dapat dibuat dari grafit, aluminium, dan komponen plastik. Housing yang terbuat dari Aluminium lebih kuat daripada grafit, Namun grafit akan secara signifikan lebih ringan. Menentukan apakah kekuatan atau berat badan yang lebih penting, pada akhirnya merupakan pilihan pribadi, namun, jika fokus memancing Anda adalah heavy duty ,aluminium harus menjadi pemenang. Jika Anda memilih bermain di air asin, grafit adalah cara tepat karena kualitas yang tahan korosi.


Reel Size

Memilih ukuran yang benar dari reel bisa menjadi membingungkan. Untuk sebagian besar aplikasi, sepuluh pound test line harus menjadi kekuatan dan ketebalan tertinggi yang ditaruh dlm spinning reel (Ini tidak berlaku untuk ikan air asin  (laut) atau skenario trolling berat.)

Gear Rasio

Gear rasio mengacu pada berapa banyak putaran lengkap pada spul untuk membuat dengan tepat satu putaran handle. Sebuah contoh dari rasio roda gigi akan 3:1 - spool berputar tiga kali untuk setiap kali Anda memutar pegangan. Ini dianggap putara reel yg lambat krn tidak banyak senar yg diambil selama proses pemutaran. manfaatnya adalah bahwa gulungan memberikan torsi lebih untuk mancing ikan besar. Sebuah rasio 6:1 dianggap kecepatan tinggi. Tergantung pada gaya memancing Anda, high,slow atau medium speed rate yg diperlukan.

Jika Anda hanya dapat memilih satu reel spinning, rekomendasi saya akan untuk model kecepatan sedang (4 - 4.5:1). Namun, jika Anda mampu beli lebih dari satu reel, pilihlah yg high speed dan slow speed utk mengcover semua keadaan.
 
Untuk jigging dan mancing dasar biasanya menggunakan rasio di bawah 4,9:1

Untuk popping dan casting gunakan rasio 5,0:1 ke atas.

Drag Sistem

Sistem drag pada spinning reel adalah salah satu aspek yang paling penting dari reel itu sendiri. drag bertanggung jawab untuk memberi tekanan kepada ikan yg terpancing dan membiarkan senar keluar selama pertempuran. Tanpa drag halus berkualitas tinggi risiko senar putus dan kehilangan ikan selalu menjadi kemungkinan tertinggi. Selalu pastikan bahwa reel yang akan Anda beli memiliki drag yang mulus, non-konstriktif. Senar harus tertarik keluar dgn mantap dan tanpa ragu-ragu pada keketatan yg anda set.

Ball Bearing

Spinning reel dilengkapi ball bearing atau Bushings yg ditempatkan dalam badan untuk kelancaran, dukungan dan stabilitas. Kebanyakan spinning reel juga berisi bantalan rol dalam roller line. Lebih banyak ball bearing maka putarannya akan lebih halus. Sealed stainless steel bearing lebih disukai drpd bushing utk tambahan ketahan dan kontrol).

Spool

Spool pada spinning reel memainkan peran yang penting, tidak hanya untuk memegang senar, tetapi juga untuk jarak lemparan dan kehalusan. Kebanyakan spool di pasar hari ini ada di jenis aluminium anodized atau grafit. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, grafit akan menjadi lebih ringan dari dua bahan, meskipun spool aluminium akan menawarkan kekuatan yang lebih besar dan daya tahan.

Anti Reverse Handles

Anti-reverse handles adalah prasyarat ketika mencari spinning reel sempurna. Fungsi ini hanya berarti bahwa handle tidak akan berputar balik yang berarti bahwa set hook akan lebih kuat dan akurat karena kurangnya "main" di pegangan reel. Kalo masih ada putaran balik mendingan cari reel yg lain.

Type Reel

Beberapa type reel menuliskan angka-angka mulai dari 600, 800, 1000, 2000, 3000, 4000 hingga 20000 yang berarti kelas dari rell tersebut.

Angka 1000 menunjukkan bahwa rell tersebut berada pada kelas 1000gram/1 Kg dengan demikian drag maksimum yang dimiliki reel tersebut adalah 1 kg meskipun tidak semua reel demikian.

Drag adalah kemampuan reel menahan tarikan dari ikan, jika tarikan ikan melebihi drag maka spool reel akan berputar balik dan senar akan terulur keluar.