Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Mancing Ikan Lele di Kolam Dalam Al Quran

Doa Mancing Ikan Lele di Kolam Dalam Al Quran

Doa Mancing Ikan Lele di Kolam Dalam Al Quran - Usaha tanpa Doa adalah sombong, maka dari itu sebelum melakukan sesuatu kita sebaiknya untuk berdoa, memohon kepada sang pencipta untuk memberi Rizki-Nya dalam usaha kita.

Mungkin hal kecil seperti berdoa sebelum mancing sering dilupakan oleh teman-teman. pasalnya mancing dapat menjelaskan bahwa terkadang kesabaraan tanpa diimbangi dengan doa hasilnya tetap sama saja. maka dari itu pada saat mancing akan lebih baik juga untuk memulainya dari berdoa terlebih dahulu.

Tidak hanya saat mau berangkat memancing, namun doa ini baiknya dipakai saat ada hal yang Anda inginkan. Maka amalkanlah Doa dalam ayat Al-Quran ini.

Doa Untuk Memancing Ikan Lele di Kolam Dalam Al-Qur’an

Doa ini bukan hanya untuk memancing ikan lele saja, melainkan bisa juga digunakan untuk memancing segala jenis ikan, baik dikolam, sungai, laut, rawa, danau. Untuk Ikannya sendiri bisa saja seperti ikan nila, ikan mas, ikan patin dan banyak lagi.

Bukan hanya diucapkan saat akan berangkat memancing saja, tetapi doa ini juga bisa diucapkan saat Anda akan mulai memancing. Berikut ini lafadz doanya :

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya :

“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”.

Doa memancing ikan di kolam atau spot lainnya di atas pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dalam agama Islam, mengucapkan basmallah sebelum melakukan pekerjaan atau rutinitas, akan mendapatkan berkah dari Yang Maha Kuasa.

Inilah Sesungguhnya Doa mancing ikan Lele dalam Al-Quran yang paling ampuh,

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Al Fathir Doa Memancing Ikan Kolam


Artinya :
Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

(Al-Fafhir : 2)
Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorang pun yang dapat menahannya; dan apa saja yang ditahan oleh Allah maka tidak seorang pun yang sanggup untuk melepaskannya sesudah itu. Dan Dia-lah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

(Al-Fathir : 3)
Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?

Banyak orang yang menggunakan jimat mancing ikan atau mempercayai hal lain selain Allah yang Maha Kuasa merupakan bentuk dari sifat musyrik. Hal ini yang harus Anda hindari.

Percayakan sepenuhnya kepada Sang Pencipta Alam, rezeki, maut dan jodoh adalah kehendak-Nya.

Memang, pada hakikatnya manusia harus berikhtiar, harus berusaha mencari solusi. Tapi tentu saja solusi yang baik yang tidak bertentangan dengan ajaran-ajaran Allah dan Rasulnya.

Yang lebih ngeri lagi, maraknya sekarang tentang mantra mancing ikan yang ramai diperjualbelikan. Menurut saya sangat bertentangan dengan nilai-nilai ajaran agama apapun. Dan itu tidak baik.

O iya, ada satu lagi yang ingin saya sampaikan untuk Anda, satu doa mancing ikan di sungai atau di kolam, bahkan doa ini juga yang kerap dibaca Nabi Khidir dan Nabi Sulaiman.

Bukan hanya itu, doa ini juga bisa digunakan untuk memancing beberapa jenis ikan seperti ikan lele, mujair, atau ikan mas.

Inilah doanya,

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ رَزَقَنِىْ هذَا مِنْ خَيْرِ حَوْلٍ مِنِّى وَلاَقُوَّةٍ، اَللهُمَّ بَارِكْ فِيْهِ
AL-HAMDU LILLAAHIL LADZII ROZAQONII HAADZA MIN GHAIRI HAULIN MINNII WA LAA QUWWATIN, ALLOOHUMMA BAARIK FIIHI

Artinya :
Segala puji bagi Allah, yang telah memberi rizqi kepadaku dengan tidak ada daya dan kekuatan bagiku, ya Allah semoga Engkau berkahi pada rizkiku.

Lalu ditambahkan dengan doa sebagai berikut,

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ
ALLOOHUMMA INNII AS-ALUKA AN TARZUQONII RIZQON HALAALAN WAASI’AN THOYYIBAN MIN GHAIRI TA’ABIN WALA MASYAQQATIN WALAA DLOIRIN WALAA NASHABIN INNAKA ‘A-LAA KULLI SYAI-IN QODIIR

Artinya :
Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.


Doa Nabi Sulaiman Untuk Memancing Ikan

Nabi Sulaiman merupakan salah satu dari 25 nabi dan rasul yang wajib kita imani sebagai utusan Allah SWT. Seperti yang kita tahu, Nabi Sulaiman memiliki kekayaan harta yang melimpah, serta kemampuan yang tidak dimiliki manusia lainnya. Berikut, Doa Nabi Sulaiman Memanggil ikan yang telah dipercaya sejak dulu :

قَالَ رَبِّ ٱغْفِرْ لِى وَهَبْ لِى مُلْكًا لَّا يَنۢبَغِى لِأَحَدٍ مِّنۢ بَعْدِىٓ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْوَهَّابُ
 
“Qaala rabbi ighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii innaka antal wahhaab..”

Artinya :
“Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi”. (Shad ayat 35).

Sebaiknya doa tersebut dibacakan sebelum Anda berangkat memancing dan saat Anda sampai di tempat tujuan memancing ikan. 

Demikianlah beberapa Doa dan Amalan saat mancing ikan lele di kolam agar dapat banyak dan besar-besar. Tapi itu semua kembali kepada Rizky kita dari Allah, yang penting kita sudah berusaha dan berdoa.