Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Agar Ayam Jago Mau Kawin Duduk

Cara Melatih Agar Ayam Jago Mau Kawin Duduk

Cara Melatih Agar Ayam Jago Mau Kawin Duduk - Memiliki ayam jantan yang bisa kawin duduk dapat meningkatkan kwalitas dari anakan nantinya, karena kita dapat mengontrol ayam untuk kawin.

Agar Kwalitas Telur Ayam Baik, maka anda harus mengatur jumlah betina yang akan dikawinkan dengan pacek anda. Rekomendasi terbaik untuk 1 pejantan adalah dikawinkan dengan 5 betina. Dengan begitu kwalitas telur yang dihasilkan akan baik, sehingga tingkat menetas telur akan semakin tinggi pula.

Semua ayam sama saja mau ayam kampung, bangkok, cemani, pelung, bahkan ayam aduan petarung memiliki kesamaan dalam hal perkawinan. Ayam jantan terkadang ada yang mau kawin duduk dan terkadang ada yang tidak, jika anda menginginkan ayam anda bisa kawin duduk, maka dapat membaca artikel dibawah ini :


Cara Melatih Agar Ayam Jago Siap dan Mau Kawin Duduk

Ada beberapa cara yang akan saya berikan kepada anda untuk membuat ayam jantan siap kawin dan bisa kawin duduk. Beberapa makanan dan pemberian suplemen atau jamu alami juga bisa membuat ayam jago kita cepat birahi dan ingin kawin terus.

Melatih Ayam Jago Kawin Duduk

Untuk melatih ayam jago baru dan masih muda untuk belajar kawin duduk tentunya harus melalui beberapa tahapan.

Tahap Persiapan

  1. Siapkan ayam betina yang sudah siap untuk kawin / dere/babon.
  2. Siapkan ayam jantan yang sudah bisa kawin duduk.
  3. Siapkan 2 kurungan untuk ayam jago muda yang tidak bisa kawin, dan ayam jago yang bisa kawin duduk

Tahap Pelatihan

  • Kurung kedua ayam jago di lokasi yang sama
  • Lepaskan ayam betina disekitar kurungan yang telah mengurung ayam jago anda
  • Usahakan ayam betina agar tidak jauh-jauh dari kurungan.
  • Dengan begitu, gairah kedua ayam jago akan meningkat
  • Tangkap ayam betina anda, lalu lepaskan ayam jago yang sudah bisa kawin duduk
  • Kawinkan ayam betina dengan ayam jago yang sudah bisa kawin duduk, didepan ayam jago betina yang tidak bisa kawin duduk.
  • Lakukan latihan ini berkali-kali, hingga nantinya anda praktekkan pada ayam jago yang belum bisa kawin duduk.
  • Dengan pelatihan seperti itu, maka ayam jago anda akan mau kawin duduk

Cara Meningkatkan Gairah Ayam Jago Untuk Kawin

Untuk meningkatkan gairah ayam jantan untuk kawin, maka anda harus melakukan beberapa hal dibawah ini :
  • Ayam kita Kurung selama minimal 1 sampai 2 hari, dengan begitu hasil dari sperma nantinya akan bagus pula. Ayam jago yang sering dikurung maka nantinya akan mau kawin duduk, karena tingkat ke agresifannya akan tinggi.
  • Berikan makanan yang seimbang, antara vitamin, protein dan juga lemak yang seimbang.
  • Pemberian suplemen juga bisa meningkatkan gairah ayam jago untuk pacek kita.

Ciri Ayam Jantan Siap Kawin

Ada beberapa ciri-ciri yang menandakan ayam jantan kita siap untuk dijadikan pacek, dibawah ini adalah beberapa kebiasaan yang bisa dijadikan patokan :
  1. Umur ayam jantan yang bagus untuk dijadikan pacek minimal telah berumur 8 bulan lebih.
  2. Apabila ayam jantan anda dilepaskan, maka akan mengejar ayam betina yang dilihatnya.
  3. Ayam jantan sudah ditumbuhi bulu rawis di ekor dan dibagian leher dengan sempurna.
Agar ayam bangkok secara teratur sanggup mengawini betina sebagai pemacek, alangkah baiknya diberi sedikit jamu alami untuk meningkatkan nafsu kawin, bangkok pejantan harus membutuhkan perawatan intensif, selain diberi cukup pakan, juga perlu diberikan obat penyehat badan dan penambah gairah kejantanan,

Racikan Jamu Ayam Pacek Siap Kawin

Berikut beberapa racikan jamu yang saya anjurkan diberikan kepada ayam pacek sebelum dikawinkan kepada ayam betina yang siap kawin, agar hasilnya bagus.

1. Bawang putih 2 siung dilumat dan dicampur nasi hangat 1 sendok makan. kemudian dilolohkan untuk satu ekor jantan, pertolongan ini cukup setiap 4 hari sekali.

2. Jahe segar 2 potong sebesar ibu jari diparut dan diperas airnya. air jahe ini dicampur sebutir kuning telur ayam dan diberikan setiap seminggu sekali

3. Tepung beras 2 cangkir dicampur kencur parut 1 cangkir, kemudian dibuat menjadi butiran pil sebesar jagung. selanjutnya pil ini dijemur hingga kering. pemberiannya sebanyak 5 pil seminggu sekali

4. Lada 100 g ditumpuk menjadi debu halus kemudian dicampur kencur parut, kuning telur ayam 5 butir, dan madu 1 sendok makan hingga terbentuk gabungan kental, gabungan dibuat butiran sebesar ruas jari kelingking dan dijemur hingga kering, jamu diberikan sehari sebelum dipakai sebagai penjantan sebanyak 2 butir.

5. Jahe segar 1 ruas jari diparut dan diperas. air jahe dicampur bubur nasi 1 sendok makan, berikan seminggu sekali.

6. Jahe segar 1 ruas jari diparut dan diperas airnya. airnya dicampur kuning telur ayam 1 butir dan disuapkan untuk seekor jantan, pemberiannya cukup sekali dalam seminggu.


Nah, itulah beberapa resep jamu tradisional alami untuk meningkatkan gairah kawin untuk pejantan yang mau dijadikan pacekan agar ayam rajin kawin. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda dalam menambah wawasan dalam dunia ayam ternak. Salam Satu Hobi