Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Ujian Sekolah SMP Kelas 7 IPA Semester Genap 2021

Soal Ujian Sekolah SMP Kelas 7 IPA Semester Genap 2021

Soal Ujian Sekolah SMP Kelas 7 IPA Semester Genap 2021 - Berikut dibagikan latihan soal Ujian Sekolah SMP Kelas 7 SMP / MTs Kurikulum 2013 tahun 2021.

Soal Ujian Sekolah SMP MTs Kurikulum 2013 ini untuk membantu belajar peserta didik kelas 7 SMP/MTs dalam menghadapi Ujian Sekolah tahun pelajaran 2020/2021.

Di dalam SE Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan Serta Pelaksanaan Ujian Sekolah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19 disampaikan bahwa kelulusan peserta didik salah satunya ditentukan oleh Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan.

Ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan dilaksanakan dalam bentuk sebagai berikut.

Portofolio, berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya).

Tes secara daring atau luring

Bentuk kegiatan penilaian lainnya yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.
Terkait hal tersebut, peserta didik diharapkan dapat mempersiapkan diri sejak awal untuk belajar mengerjakan soal Ujian Sekolah tahun 2021, jika satuan pendidikan menyelenggarakan ujian dalam bentuk tes.

Dengan persiapan lebih awal, maka peserta didik akan mampu memperoleh hasil maksimal dalam mengerjakan soal ujian.

Kisi-kisi soal Ujian Sekolah SMP/MTs dibuat dengan mempertimbangkan lingkup materi yang sama pada Kurikulum 2013.

Soal Ujian Sekolah Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013 Tahun 2021 IPA Semester Genap


Ujian Sekolah merupakan kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

Kisi-kisi soal Ujian Sekolah dikembangkan berdasarkan Standar Isi yang diturunkan menjadi kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum yang diterapkan.

Penyelenggaraan Ujian Sekolah sebagai penilaian hasil belajar bertujuan sebagai berikut.

  • Untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi.
  • Untuk menetapkan ketuntasan penguasaan kompetensi.
  • Untuk menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi.
  • Untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Adapun Mata Pelajaran Yang Akan di Ujiankan pada Tingkat SMP adalah sebagai berikut :
  1. Pelajaran Agama Islam
  2. Pelajaran Agama Kristen
  3. Pelajaran Bahasa Inggris
  4. Pelajaran Bahasa Indonesia
  5. Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  6. Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
  7. Pelajaran Matematika
  8. Pelajaran Olah Raga (PJOK)
  9. Pelajaran PKN
  10. Pelajaran Prakarya
  11. Pelajaran Seni Budaya

Sedangkan fungsi Ujian Sekolah sebagai bentuk penilaian hasil belajar adalah sebagai berikut.

  1. Digunakan untuk memantau kemajuan belajar, memantau hasil belajar, dan mendeteksi kebutuhan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.
  2. Penguatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/Kelompok Kerja Guru (KKG)/Forum Tutor dalam pengembangan dan perakitan naskah soal.
  3. Sebagai dasar pemetaan, pembinaan, dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan.
  4. Untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
  5. Untuk memenuhi fungsi sumatif dalam penilaian.
  6. Ujian Sekolah SMP/MTs merupakan satu bentuk ujian sumatif untuk mengukur pencapaian belajar peserta didik secara kognitif.’

Soal yang diujikan dalam Ujian Sekolah kelas 7 SMP MTs terdiri atas soal-soal semua mata pelajaran jenjang SMP/MTs yang materinya diambilkan dari kelas 7 Kurikulum 2013 dengan proporsi yang sudah ditentukan

Penyusunan soal Ujian Sekolah Kelas 7 SMP MTs untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan seluruh mata pelajaran harus tetap mengacu Standar Kompetensi Lulusan (SKL) pada tiap satuan pendidikan.

Untuk memberikan gambaran bentuk soal Ujian Sekolah SMP MTs tahun pelajaran 2020/2021, maka berikut dibagikan soal Ujian Sekolah Kelas 7 SMP MTs Kurikulum 2013.

Soal berikut terdiri dari 12 soal ujian untuk kelas VII tingkat SMP MTs :

Jawablah pertanyaan ini dengan benar!

1. Jelaskan pengertian  sel menurut pendapatmu !

2. Jelaskan perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan!

3. Perhatikan gambar dibawah ini!

nama hewan rantai makanan

a) Berdasarkan gambar diatas, buatlah bentuk rantai makanan minimal 5(lima)!
b) Buatlah rantai makanan tersebut menjadi jaring-jaring makanan!
c) Pada jaring-jaring makanan yang telah dibuat, tentukanlah makhluk hidup yang berperan sebagai produsen, konsumen 1, konsumen II, dan Konsumen III ?
d) Ular dapat berperan sebagai konsumen II maupun konsumen III. Setujukah kalian dengan pernyataan ini? Sertakan alasannya dengan merujuk pada jaring-jaring makanan yang telah dibuat!
e) Apa yang akan terjadi pada jaring-jaring makanan itu, apabila semua belalang mati karena disemprot dengan insektisida( obat pembasmi serangga) ?

4. Simbiosis mutualisme dapat diartikan sebagai sebuah interaksi atau hubungan timbal balik antar dua makhluk hidup yang saling menguntungkan. Contoh simbiosis mutualisme dalam hal ini Manusia dan Bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli yang ada diusus Besar. Setujukah kalian dengan pernyataan ini? Sertakan alasannya!

5. Bacalah Wacana berikut !
“Pencemaran udara dapat diatasi dengan adanya pepohonan. Pohon dapat mengurangi pencemara udara karena mampu mengolah karbondioksida dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Pohon dipinggir jalan selain menyerap karbondioksida juga menahan debu dan kotoran lainnya. Namun sayangnya pohon di Indonesia banyak yang beralih fungsi menjadi lahan pertanian maupun mengalami penebangan secara ilegal juga mengalami kebakaran hutan. Pada tahun 2014, polusi udara meningkat karena kebakaran hutan yang terjadi di Sumatera”. 
Berdasarkan wacana diatas, hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi pencemaran udara? Sertakan alasannya!

6. Salah satu penyebab dari pencemaran tanah adalah Sampah, maka untuk mengatasi pencemaran tanah yaitu mengurangi sampah tersebut. Hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi sampah? Sertakan alasannya!

7. Bacalah Wacana berikut !
“Efek rumah kaca yang berlebihan menyebabkan terjadinya pemanasan global, karena konsentrasi gas-gas rumah kaca di udara meningkat. Sebenarnya efek rumah kaca sangat bermanfaat bagi kehidupan bumi, namun menjadi berbahaya jika efek rumah kaca berlebihan. Seperti ungkapan pada umumnya, sesuatu yang berlebihan pasti memiliki dampak yang tidak baik.”
Berdasarkan  wacana diatas, pemanasan global merupakan dampak dari efek rumah kaca yang berlebihan, jelaskan mengapa efek rumah kaca berlebihan dapat mengakibatkan pemanasan global!, lalu bagaimana sebenarnya manfaat efek rumah kaca bagi kehidupan?

8. Fenomena naiknya ketinggian permukaan air laut menimbulkan kekhawatiran beberapa negara kepulauan, Karena dapat menyebabkan beberapa pulau tenggelam. Kenaikan permukaan air laut merupakan dampak dari pemanasan global. jelaskan proses naiknya permukaan air laut akibat pemanasan global!

9. Jelaskan proses terjadinya gunung berapi jika dikaitkan dengan pergerakan lempeng !

10. Secara geografis, wilayah Indonesia merupakan rawan akan bencana alam, salah satunya adalah gempa bumi. Tindakan apa  saja yang harus dilakukan ketika  gempa bumi terjadi!

11. Kumpulan benda-benda langit dengan Matahari sebagai pusatnya dan berbagai benda ruang angkasa yang mengelilinginya disebut ….

12. Gerhana dibagi menjadi 2 yaitu gerhana matahari dan gerhana bulan. Apa yang membedakan gerhana matahari dan gerhana bulan? Sertakan dengan gambar !


Itulah 12 Soal Ujian Sekolah SMP Kelas 7 IPA Semester Genap 2021, semoga dapat membantu anda sebagai guru di kelas SMP.