Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapan Mahasiswa Sebelum Menghadapi Dunia Kerja

Persiapan Mahasiswa Sebelum Menghadapi Dunia Kerja

Persiapan Mahasiswa Sebelum Menghadapi Dunia Kerja tak jarang jadi momok tersendiri saat hendak melamar bekerja. Apalagi kalau ini benar-benar jadi kali pertama bagi kamu memasuki dunia kerja. 

Untuk itu diperlukan berbagai persiapan agar dapat memasuki dunia kerja dengan lancar dan baik. Berikut hal-hal yang perlu disiapkan sebelum masuk dunia kerja:

Hal-hal Yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Sebelum Melamar ke Dunia Kerja

  • Persiapkan niat sebelum mencari pekerjaan, karena dengan niat yang kuat maka kita akan dapat menjalaninya dengan baik. Selain niat yang perlu disiapkan adalah mental yang kuat. Hal ini juga akan menyokong anda untuk lebih kuat menghadapi segala rintangan
  • Tidak bisa dipungkiri bahwa skill memang merupakan hal sangat pokok untuk dipersiapkan sebelum masuk dunia kerja. Tanpa skill yang memadai maka anda akan susah untuk menyesuaikan diri di dunia kerja.
  • Komitmen & Disiplin. Jika kita memilki komitmen dan disiplin dalam bekerja maka anda akan mudah untuk menikmati pekerjaan anda.
  • Kemampuan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris saat ini sangatlah penting dalam dunia kerja. Banyaknya perusahaan yang mencari calon karyawan yang mempunyai kemampuan Bahasa Inggris yang baik, maka daripada itu tingkatkan Bahasa Inggris anda agar dapat diterima di perusahaan idaman.
  • Banyak mencari tahu tentang dunia kerja sebagai referensi anda dalam menghadapi dunia kerja itu sendiri.
  • Memaksimalkan kesempatan yang ada untuk belajar hal-hal baru agar anda menjadi pribadi yang lebih menarik lagi.

Persiapan Diri Yang Harus Dilakukan 

Mental

Kamu harus kuat dan jangan merasa lemah, mulailah berpikir positif akan tanggapan disekitar kamu. Jangan terlalu memikirkan kritikan orang lain, buatlah kritikan tersebut menjadi motivasi tersendiri untuk diri kita kedepannya.

Mengenali Diri

Kenali diri kita sepenuhnya, apa kelemahan dan kelebihan kita, ketahui kekurangan yang kita miliki dan perbaiki sepenuhnya agar kita siap menghadapi dunia kerja. Perbaiki setiap kekurangan fisik dan mental agar kita lebih percaya diri, dan carilah banyak pengalaman agar semakin terlatih untuk percaya diri.

Mengasah Kemampuan

Ketika kalian sudah mengetahui dimana letak kekurangan dan kesalahan dalam diri kamu, saatnya untuk mengetahui kelebihan diri kamu. Mengasah kemampuan diri dapat membuat kita semakin percaya diri dilingkungan kerja.

Mengontrol Emosi

Kita juga harus bisa menguasai emosi agar tidak ada masalah kedepannya dalam dunia kerja, terkadang kita sangat sulit untuk mengontrol emosi. Namun perlu diingat agar kita dapat menahannya dengan cara menarik nafas dalam dan menghembuskannya secara perlahan dan tenang.

Menjadi Pendengar yang Baik

Hal ini merupakan aspek yang paling penting dalam diri kita agar didunia kerja nanti mendapat apresiasi dan dihargai oleh karyawan lain. Orang akan senang jika mendengarkan nasehat-nasehat mereka yang dapat merubah diri kamu kedepannya.