Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat dan Melatih Ayam Shamo Petarung

Cara Merawat dan Melatih Ayam Shamo Petarung

Meskipun punya bentuk fisik yang tangguh, ayam Shamo Petarung tetap harus mendapat perawatan dan latihan yang baik. Agar bisa menjadi andalan saat ditarungkan ke Arena Gelanggang. Ayam Shamo aduan memiliki bentuk tubuh yang bagus untuk dijadikan tipe petarung. 

Ayam Shamo juga merupakan ayam yang sangat di takuti, karena memiliki pukulan yang sangat keras, dan tehnik yang bagus pula. Tak heran jika harga ayam ini sangat mahal, dan di indonesia masih import ayam ini dari jepang, brazil, amerika.

Salah satu cara merawat ayam Shamo adalah dengan menambahkan vitamin dalam makanannya. Selain itu, ayam Shamo harus dilatih agar bisa bertarung dengan baik. Jika sering menang, Shamo unggulan milik Anda akan menjadi ayam Shamo super.

Bukan tidak mungkin harga jual ayam pemenang akan menjadi yang termahal artinya harga jual dan beli ayam akan meningkat pula. Latihan yang bisa dilakukan haruslah menyeluruh dan memakai teknik khusus. 

Trik Merawat dan Melatih Kekuatan Fisik Ayam Shamo Aduan

Ayam Shamo aduan harus punya fisik dan mental yang kuat sebelum memasuki arena tarung Oleh karena itu, diperlukan latihan rutin. Adanya latihan akan membuat fisik ayam Shamo lebih siap untuk masuk laga. Berikut cara latihannya.

Latihan Pada Bagian Leher

Kelenturan leher ayam Shamo akan membuat gerakannya menjadi lebih lancar serta cekatan dalam menghindari serangan kepala dari lawan. Latihan otot leher menjadikan gerakan patukan ayam menjadi lebih terarah.

Otot leher dilatih dengan melakukan pijatan ke bagian leher ayam tiap pagi. Lakukan pemijatan yang mengarahkan kepala ayam ke kanan kemudian ke kiri. Lakukan gerakan secara perlahan sebanyak 30 kali. Kecepatan tangan sekitar 1 detik tiap gerakan.

Latihan Bagian Badan

Badan menjadi kunci ayam Shamo super untuk bergerak dengan lebih leluasa. Latih gerakan badan ayam Shamo dengan senam ringan setiap paginya.

Cara melakukannya, yakni dengan memutar tubuh ayam ke arah kanan dan kiri. Masukkan tangan anda diantara celah sayap ayam. Gerakkan tubuh ayam sebanyak 30 kali mengarah ke samping kanan dan kiri.

Latihan Bagian Kaki

Kaki menjadi senjata ayam Shamo aduan. Latihan kaki sudah jadi keharusan bagi ayam petarung. Caranya sederhana, Anda hanya perlu menggerakkan punggung ayam ke bawah lalu ke depan paling banyak 30 kali.

Latihan Bagian Sayap

Gerakan latihan ini memperkuat otot sayap ayam Shamo. Pergerakan dalam latihan ini akan membuat otot sayap ayam Anda makin lentur dan lincah saat digerakkan.

Anda bisa memulai latihan ini dengan mengangkat tubuh ayam tinggi-tinggi. Lalu, gunakan tangan kanan Anda untuk memegang dada ayam dari belakang. Selanjutnya, tangan kiri Anda memegang bagian pangkal ekor.

Setelah itu, lepaskan tangan kanan dan kiri dengan diarahkan turun ke bawah. Gerakan ini akan membuat ayam mengepakkan sayap sehingga ototnya jadi terlatih.

Cara Mengasah Kemampuan Pukulan Ayam Shamo Aduan

Ayam Shamo tidak bisa begitu saja dibiarkan bertarung. Mereka perlu Anda latih, biarpun berasal dari jenis wiring kuning yang berkualitas sekelas ayam . Ayam harus tetap diajari cara bertarung. Berikut cara melatih pukulan ayam agar jitu.

Pembentukan Otot Kaki

Pembentukan kekuatan otot kaki bisa anda lakukan dengan memberi beban pada kaki ayam dan membiarkannya bergerak. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam kurungan yang pendek bersama ayam lain. Kondisi kurungan tersebut akan membuat ayam bergerak aktif.

Apabila ayam sudah terlihat kecapekan, segera hentikan latihan. Asalkan dilakukan dengan rutin, latihan tersebut akan membuahkan hasil.

Melatih Kecepatan Pukulan

Kecepatan pukulan dari ayam Shamo bisa Anda asah dengan cara membuatnya berlari mengitari kurungan. Supaya ayam mau mengitari kurungan, masukkan betina atau pejantan lain dalam kurungan. Latihan ini bisa dilakukan 1–2 jam setiap harinya.

Latihan Melompat

Lompatan akan membuat gerakan menghindar dan menyerang kepala lawan menjadi lebih cepat. Anda bisa melatih kemampuan lompatan ayam Shamo dengan menaruhnya dalam kandang beratap tinggi. Kemudian biarkan ayam melompat-lompat beberapa waktu.

Cara Melatih Ketahanan Ayam Shamo Aduan Agar Tahan Pukul

Pertarungan menunjukkan ayam Shamo yang sedang bertarung. Ayam akan mengalami pukulan saat bertarung. Oleh karena itu, ayam harus dilatih untuk tahan terhadap pukulan. Caranya dengan membiasakan ayam latihan bertarung selama 15–20 menit.

Selain itu, kebugaran ayam Shamo juga harus Anda jaga. Anda bisa menggunakan ramuan sebagai tambahan makanan atau olesan badan. Berikut ini racikan yang bisa Anda gunakan.

  1. Gunakan kunyit yang dihaluskan dengan campuran kapur dan air hangat untuk dioles ke badan ayam Shamo. Olesan tersebut berguna untuk mempertebal kulit ayam sehingga tahan terhadap pukulan saat beradu.
  2. Tumbuklah daun nangka yang sudah tua, kemudian campur bersama Ramuan tersebut akan membuat ayam lebih sehat.
Pembuatan racikan khusus sebagai tambahan makanan ayam bisa pula Anda berikan pada anak ayam Shamo  yang sudah cukup umur. Dengan demikian, ayam tersebut bisa tumbuh kuat dan punya daya tahan yang bagus.

Latihan Untuk Memperkuat Pernapasan Ayam Shamo

Pernapasan yang kuat dan panjang akan menjadikan ayam Shamo lebih tahan bertarung lama. Hal ini dapat membuat ayam Shamo Anda menjadi juara. Berikut ini beberapa cara melatihnya.

Latihan Berenang

Latihan renang sangat baik untuk melatih kekuatan otot di seluruh tubuh ayam Shamo Anda. Latihan ini juga membuat napas ayam Shamo menjadi lebih kuat.

Dijemur Dibawah Sinar Matahari

Ayam Shamo yang dilatih beradu saat terik matahari akan lebih berdaya tahan dan punya stamina yang bagus. Cuaca panas akan mendorong ayam Anda berlatih pernapasan. Sebelum latihan ini dilakukan, persiapkan ayam Anda dengan baik.

Melatih Napas dan Kecepatan

Latihan berlari jelas akan memacu napas ayam Shamo Anda. Makin lama ketahanan larinya, makin bagus pula pernapasan ayam Anda. Hal ini bisa menjadikan ayam Shamo Anda istimewa.

Kesimpulannya, ayam Shamo aduan harus dilatih dengan baik. Latihan akan memperkuat fisik, tenaga, pukulan, dan napas ayam Anda. 

Nah, demikianlah pembahasan saya kali ini tentang cara merawat dan melatih ayam shamo petarung, semoga bisa anda terapkan dirumah. Salam Satu Hobi