Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meracik Essen Juara Umpan Ikan Mas Segala Musim

Cara Meracik Essen Juara Umpan Ikan Mas Segala Musim

Cara Meracik Essen Juara Umpan Ikan Mas Segala Musim - Jika anda ingin mengikuti lomba mancing galatama di kolam. Ada baiknya menggunakan umpan yang benar-benar jitu, karena kebanyakan para pemancing yang ikut lomba mereka menggunakan essen.

Essen adalah cairan dengan aroma khas sebagai bahan untuk campuran umpan ikan dengan bermacam aroma apakah dominan amis wangi yang kuat serta memberikan performa unggul terhadap umpan.

Aroma dominan amis wangi, cocok di segala kondisi air/cuaca, dapat digunakan pada siang maupun malam hari, juga bisa menggunakan media umpan apapun seperti umpan putih, pelet, aci, lumut, hidup, dll.


Fungsi dari Penggunaan Essen Umpan Mancing

Beberapa fungsi dan juga Keunggulan dari penggunaan essen untuk campuran umpan ikan mas kolam, baik lomba ataupun harian :
  • Merangsang nafsu makan ikan melalui aroma yang di keluarkan
  • Mengumpulkan ikan
  • Cocok pada segala kondisi air/kolam
  • Cocok untuk segala jenis media umpan mulai dari pelet hingga umpan putih

Takaran dalam Meracik Essen Juara Umpan Ikan Mas Segala Cuaca

Sebelum kita mencampurkan essen ke adonan umpan yang telah kita buat, ada baiknya kita mengetahui takaran yang pas saat kita hendak memancing. Adapun jumlah tetes nantinya akan kita sesuaikan dengan medan dilapangan terhadap kondisi PH air, dan cuaca.

Aturan Penggunaan Essen :

  • Setiap daerah beda beda PH Air, maka gunakan untuk awal 3-5 tetes terlebih dahulu
  • 3-7 tetes untuk daily / harian
  • 8-15 tetes untuk indukan / galatama


Rekomendasi Aroma Essen Yang Disukai Ikan Mas

Berikut adalah beberapa aroma essen yang sangat disukai ikan mas, dan bisa kamu gunakan untuk campuran umpan atau pelet saat memancing ikan mas :

1. Aroma Essen Buah-buahan

Tujuan dari digunakannya essen saat memancing ikan mas yaitu agar bisa menarik perhatian dari ikan mas. Sehingga banyak ikan mas yang mendekat kearah kita.

Hal itu disebabkan karena essen tersebut mengeluarkan aroma yang kuat serta bisa tersebar sempurna di dalam air.

Biasanya aroma yang banyak disukai oleh ikan mas yaitu essen yang memiliki aroma buah-buahan serta essen dengan aroma yang lembut.

Ternyata kita juga bisa loh membuat essen aroma buah-buahan sendiri dirumah. Cara yang pertama yaitu dengan memilih buah-buahn yang masih segar kemudian memblender buah tersebut untuk diambil sari-sarinya.

Lalu cara yang kedua dalam membuat essen buah-buahan yaitu dengan menggunakan minuman sari buah yang banyak dijual di warung-warung. Nantinya minuman kemasan tersebut bisa kita campurkan pada umpan yang sudah kita siapkan.

Sebaiknya dalam memilih minuman kemasan, kita lihat kandungan sodanya. Dan jangan menggunakan minuman yng bersoda karena hal tersebut akan merusak rasa dari umpan yang sudah kita buat.

2. Aroma Essen Oplosan

Aroma essen oplosan ini biasanya merupakan essen yang diproduksi oleh pabrikan. Aroma yang ditimbulkan dari essen ini lebih ke aroma amis.

Aroma amis yang dihasilkan karena adanya bahan lain yang ditambahkan seperti dengan ditambahkan telur atau kuning telur asin.

Hal tersebut yang akan menarik perhatian ikan mas. Ikan mas akan mendekat karena menganggapnya sebagai aroma protein dengan kadar yang tinggi.

3. Aroma Essen Jagung Bakar

Aroma essen selanjutnya yang banyak disukai oleh ikan mas yaitu aroma essen jagung bakar. Jadi bagi kamu yang menginginkan umpannya untuk disambar dengan cepat oleh ikan mas, maka bisa ditambahkan dengan aroma essen jagung bakar.

4. Aroma Essen Melati

Essen dengan aroma melati juga banyak disukai oleh ikan mas. Jika kamu menginginkan mendapatkan hasil tangkapan ikan yang bayak maka aroma essen melati ini bisa dijadikan pilihan.

Saat kita menambahkan essen pada umpan sebaiknya gunakan dengan takaran yang sudah ditetapkan. Karena jika menggunakan essen kurang maka aromanya menjadi kurang maksimal, serta sebaliknya jika takarannya terlalu banyak maka akan merusak aroma umpan yng kita gunakan.

Dengan menggunakan umpan essen tersebut maka ikan biasanya akan banyak disukai oleh ikan mas.

Aroma Essen Paling di Sukai Ikan Mas

Biar aroma lebih tercium dan menarik perhatian ikan bisa menggunakan beberapa aroma essence/essen dibawah ini:
  •     Essence aroma melati 5 cc
  •     Essence aroma pisang ambon 2 cc
  •     Aroma lecy 2 cc
  •     Aroma almond 1 cc
  •     Aroma coconut 2 cc
  •     Aroma jagung bakar 3 cc
  •     Aroma pala 1 tetes jarum suntik
  •     Aroma choya 4 cc
  •     Aroma tengiri 3 cc
  •     Pasta pisang ambon 1 sdm
  •     Aroma tuna 2 cc
  •     Aroma bulus 1 cc
  •     Aroma tengiri 3 cc

Setelah anda memiliki essen, alangkah baiknya anda juga membuat umpan yang jitu sebagai pendukung dari essen ini. Adapun resep umpan terbaik yang sering digunakan untuk lomba adalah sebagai berikut :

Umpan Galatama Ikan Mas Paling Cocok Dengan Essen

Dibawah ini kumpulan beberapa resep umpan untuk kolam ikan mas, sangat cocok digunakan sebagai campuran essen dengan segala macam air kolam dan juga cuaca hujan.

Umpan Pelangi Jagung Susu Untuk Ikan Emas Galatama

Umpan Pelangi Jagung Susu

Bahan Racikan Umpan Pelangi Jagung Susu

  1. Umpan Pelangi Jagung Susu
  2. Tuna Djempol 1 Bungkus
  3. Bondon 1 Bungkus
  4. Keju Kraft  kecil 35 gram
  5. Telur Asin 2 butir
  6. Kroto Secukupnya

Cara membuatnya :

  1. Parut Bondon dengan parutan keju, Bisa juga dengan menyiramkan air panas untuk menghancurkan bondon, tapi lebih baik diparut saja untuk mendapatkan tekstur yang kita inginkan nantinya.
  2. Parut Keju Kraff dan juga telur Asin lalu gabungkan dengan parutan bondon tersebut.
  3. Campurkan Tuna Djempol Kedalam racikan yang sudah kita buat diatas.
  4. Campur dan Aduklah bahan-bahan diatas agar benar-benar menyatu dan kalis.
  5. Jangan lupa mencampurkan Umpan Pelangi jagung susu untuk menambah wanginya agar semakin kuat.
  6. Setelah semuanya tercampur dengan baik, terakhir masukkan kroto yang telah kita siapkan. Untuk tekstur kelembutan atau kekerasan umpan dapat anda sesuaikan sendiri sesuai selera.
  7. Umpan siap dipakai untuk mancing ikan mas.

Meracik Umpan Sedeng Jagung + Djempol Premium Biang Susu

Kali ini saya akan membagikan resep dari Kang Ito, umpan jitu untuk memancing ikan mas di kolam pemancingan. Nah, kira-kira bahan apa saja yang digunakan dan bagaimana cara meraciknya. Yuk simak terus blog ini agar tidak ketinggalan berita dari saya selanjutnya.

Untuk membuat umpan ini,, bahan yang harus disiapkan adalah,,

- 1 buah jagung manis
- 2 butir telur bebek
- 1 Kaleng Deho
- 1 Bungkus Djempol Premium Biang Susu

Cara Membuat Umpan Sedeng Jagung :

  • Iris-iris satu buah jagung, untuk mengambil dagingnya saja. Setelah itu, blender jagung tersebut hinggal lembut.
  • Campurkan 2 buah butir telur bebek dan Deho kaleng, Lalu blender hingga lembut juga.
  • Hasil blenderan dari jagung serta 2 buah butir telur dan deho kaleng tersebut di satukan kedalam wadah baskom. Aduk keduanya hingga tercampur.
  • Setelah keduanya tercampur merata, masukkan 1 bungkus Djempol Premium Biang Susu lalu aduk lagi hingga merata.
  • Sampai disini selesai tahap pencampurannya, untuk selanjutnya masukkan kedalam plastik ukuran setengah atau 1 kg juga bisa. Jangan lupa untuk menambahkan daun pandan 2 lembar disetiap bungkusnya.

Proses Perebusan

  1. Setelah selesai dibungkus adonan diatas akan kita kukus selama kurang lebih 20 hingga 30 menit tergantung kecil besarnya api.
  2. Apabila sudah cukup matang, dinginkan umpan. Setelah umpan dingin, maka umpan siap untuk langsung dicoba ke kolam. Baik itu kolam harian atau untuk lomba.
  3. Agar hasil lebih maksimal, boleh ditambahkan keroto saat dilokasi pemancingan.

8 Racikan Umpan Ikan Mas Djempol Kang Ito Paling Jitu

Umpan-umpan ini telah dibuktikan langsung oleh kang ito dalam memancing ikan mas, dan terbukti memang sangat disukai oleh ikan mas. Yuk Langsung aja kita racik umpan-umpan dari Kang Ito ini :

1. Racikan & Ramuan Umpan 313 Madu Salmon

Umpan 313 untuk menghasilkan ramuan yang benar tentu harus banyak belajar dari senior yang mengetahui tentang ramuan  ini. Berikut ramuannya  :

Bahan-bahan :

  • 313 Madu Salmon 1 bungkus
  • Wisman 1 sendok teh
  • Telor bebek 2 butir
  • Susu dancow 2 sendok
  • Daun pandan 1 lembar
  • Deho kecil 1 kaleng

 Cara membuatnya :

Cairkan susu dancow dengan air 100 mililiter, kemudian panaskan untuk menyeduh 313 Madu Salmon. Campurkan semua bahan kemudian kukus. Saat mancing umpan yang sudah matang, pakai setengahnya dicampur dengan deho kaleng kecil, lalu gunakan kroto secukupnya.

2. Ramuan Djempol Pandan Wangi Ala Kong Marga

Racikan untuk kolam pancing pelampungan mas dari Umpan Djempol Reguler Pandan Wangi yang pas untuk dicoba pemancing. Berikut ramuannya :

Bahan-bahan :

  • Djempol Reguler Pandan Wangi ½ bungkus
  • Susu Dancow putih ½ bungkus
  • Ikan cuwe tongkol (berisi 4 potong ikan cuwe) 1 bungkus
  • Telor asin 1 butir
  • Kroto 1 Ons

Cara membuatnya :

Siapkan kukusan isi air dan panaskan di kompor tunggu hingga air mendidih, kemudian rebus 4 potong cuwe tongkol, angkat setelah 5 menit. Masukkan Djempol Pandan Wangi dengan Dancow ke dalam baskom umpan aduk-aduk campuran Djempol Pandan Wangi dengan Dancow hingga menyatu.

Selanjutnya ambil air bekas rebusan tongkol tadi sebanyak 60 cc tuangkan ke dalam campuran Djempol Pandan Wangi dan Dancow, aduk hingga kalis, adonan umpan harus agak lembek, jika dirasa kurang lembek tambahkan air rebusan cuwe tadi (usahakan adonan seperti bubur tingkat kelembekannya). Nah, disini kuncinya agar setelah jadi umpan tidak terlalu keras/kenyal).

Angkat adonan tadi dan tempatkan di piring, kemudian masukkan 4 potong cuwe tongkol yang sudah dibuang bagian coklat/hitamnya, aduk hingga benar-benar hancur. Setelah benar-benar hancur daging cuwe tongkol masukkan adonan Djempol Pandan Wangi lalu aduk hingga tercampur sempurna. Kemudian parut telor asin (gunakan seluruhnya baik putih maupun kuningnya). Aduk hingga tercampur, setelah kalis masukkan ke dalam plastik tahan panas dan kukus selama 20 menit (balik kedua sisinya 10 menit sekali agar umpan matang sempurna). Lalu cuci kroto dengan air kran, kemudian rendam dengan air kukusan (bekas merebus cuwe tongkol dan diamkan selama 5 menit, kemudian tiriskan. Umpan siap tempur.

3. Ramuan Umpan 313 Vanilla Susu Pelampungan Mas

Berbagai ramuan bahan-bahan terpilih terus saja diburu dan dicari pemancing. Mau mancing pelampungan ikan mas dengan biaya murah ternyata ada. Berikut ramuannya :

Bahan-bahan :

  • 3 buah jagung (manis boleh tawar boleh)
  • 2 sendok makan mentega.
  • 1 bungkus santan kara segitiga
  • 2 butir telur (ayam boleh bebek boleh)
  • 2 bungkus umpan 313 Vanilla Susu.
  • 1 bungkus Susu Dancow

Cara membuat :

Parut atau blender jagung sampai halus, kemudian masak dengan 2 sendok mentega yang sudah dicairkan, pelan-pelan dengan api kecil sampai mengental.

Campur susu dancow dengan 1 gelas air (200 ml), untuk mencairkan 2 bungkus umpan 313 vanilla susu, setelah tercampur masukkan santan kara dan telur yang sudah dikocok.

Setelah tercampur rata gabungkan dengan adonan jagung yang sudah dimasak. Masukan ke kantong plastik jadi 2 bagian kemudian kukus selama 30 menit. Pas mau mancing tambahkan deho besar setengah kaleng untuk setiap bungkus atau salmon 50 grams.

4. Racikan & Ramuan Djempol Reguler Pandan Wangi

Ramuan umpan Djempol Reguler Pandan Wangi bisa digunakan di kolam pelampungan ikan mas, untuk lomba dan harian. Berikut ramuannya :

Bahan-bahan :

  • 1 Bungkus Djempol Reguler Pandan Wangi
  • 1 Kaleng susu beruang (bearbrand)
  • 1 Kaleng Deho

Cara membuatnya :

Seduh Umpan Djempol Pandan Wangi dengan susu beruang yang sudah dipanaskan sampai mendidih. Aduk sampai rata.

Kemudian pakai setengahnya saja dicampur dengan deho kaleng besar dengan minyaknya. Keraskan dengan kinoy.

5. Racikan & Ramuan Umpan Djempol Premium Amis

Umpan Djempol Premium Amis banyak digunakan pemancing. Anda sebagai pemancing mungkin belum tahu umpan ini, berikut apa saja ramuannya yang digunakan :

Bahan-bahan :

  • 1 Bungkus Djempol Premium Amis
  • 1 Bungkus santan kara segitiga
  • 1 Kaleng susu beruang
  • 1 Sendok teh wisman
  • 1 Kaleng besar deho tanpa minyak

Cara membuatnya :

Seduh Umpan Djempol dengan susu beruang yang sudah dipanaskan, kemudian campur semua bahan, jika terlalu lembak keraskan dengan kinoy.

6. Ramuan Djempol Reguler Segala Varian (Tanpa Dikukus)

Ramuan umpan pelampungan mas menggunakan bahan lainnya dari Umpan Djempol Reguler segala varian mudah didapat agar bisa menggaet ikan. Berikut racikan umpan tersebut :

Bahan-bahan :

  • Umpan Djempol 1 bungkus (segala varian)
  • Daging ikan tuna/nila/tenggiri 1 kg
  • Keju seukuran kotak korek api

Cara membuatnya :

1 bungkus Umpan Djempol seduh dengan air panas (aduk hingga rata dan mengental). Campurkan kedua bahan diatas dan umpan siap digunakan. Adonan ini bisa menggunakan semua varian djempol kecuali premium wangi cukup menggunakan setengah bungkus saja.

7. Ramuan & Racikan Umpan 313 Aroma Vanilla Susu

Ramuan umpan kolam pelampungan mas dari umpan 313 memberikan resep untuk pemancing agar bisa menggaet ikan-ikan yang ada di kolam. Berikut racikan umpan 313 vanilla susu yang patut dicoba :

Bahan-bahan :

  • 313 vanilla susu 1 bungkus
  • Deho 1 kaleng
  • Essen Daging 6 tetes
  • Kroto tergantung selera

Cara membuatnya :

  • Seduh umpan 313 dengan air panas sampai pulen / lembut
  • Campur dengan deho berikut minyaknya
  • Tetesin dengan essen daging 6 tetes
  • Jika terlalu lembut tambahkan Umpan 313 yang masih bubuk.

8. Racikan Umpan 313 Jagung Amis Ekstrax Cumi

Racikan umpan pelampungan ikan mas dari Umpan 313 Jagung Amis Ekstrax Cumi, untuk menghasilkan ramuan yang baik dan benar tentu harus banyak belajar dari senior yang banyak mengetahui tentang ramuan umpan. Berikut ramuan Umpan 313 Jagung Amis Ekstrax Cumi :

Bahan-bahan :

  • 313 Jagung Amis Ekstrax Cumi 2 bungkus
  • Santan Kara 1 bungkus
  • Halco Salt Water 4 cm
  • Deho 2 sendok makan
  • Kroto tergantung selera

Cara membuatnya :

Sangrai santan kara sampai agak mengental dengan api kecil, masukkan halco dan masukkan umpan 313 Ekstrax Cumi. Dan saat mau mancing jangan lupa masukkan Deho.

Racikan Umpan Ikan Mas Bondon dan Djempol (Banpol) 

1. Bahan-bahan :

  • Bondon 1 bungkus diparut 
  • Keju Kraf 30gram diparut 
  • Santan Kara Kerucut 1 bungkus 
  • Telur bebek mentah 2 butir (dipakai putihnya saja)
  • Tuna Djempol (dipakai setengah saja)
  • Regular Amis Spesial Djempol (sebagai pengeras)
  • Kroto 1 ons 

2. Cara Pembuatan :

  • Siapkan 1 wadah baskom
  • Parut bondon dengan parutan keju
  • Keju kraf juga diparut sama seperti bondon
  • Masukkan santan kara 1 bungkus
  • Aduk semua bahan sampai lembut, antara parutan keju, bondon dan santan kara
  • Setelah semua rata tercampur, masukkan krotonya
  • Masukkan putih telur bebek dan aduk lagi hingga rata
  • Setelah semua bahan tadi tercampur, sekarang masukkan kedalam plastik untuk direbus
Untuk bahan Tuna Djempol  dan Regular Amis Spesial Djempol itu dipakai setelah kita sampai dikolam pemancingan.

Cara Meracik Umpan Ikan Mas Setelah Sampai di Kolam

  1. Haluskan Tuna Djempol di dalam baskom yang telah kita siapkan
  2. Campurkan umpan yang telah kita rebus di awal tadi.
  3. Setelah tuna dan umpan kukus kita tercampur, untuk mengeraskannya kita gunakan Regular Amis Spesial Djempol secukupnya.
  4. Sampai disini umpan kita siap untuk digunakan.
  5. Selamat mencoba

Cara Membuat Umpan Pelet Goreng / Sangarai Ikan Mas

1. Menggunakan Pelet Krik

Bahan-bahan :

  • Pelet Kriik 3 Bungkus
  • Mentega 1 Sendok Makan
  • 1 Bungkus Perangsang Kriik
  • Perangsang Keju

Cara Meraciknya :

Umpan Pelet Goreng/Sangrai Ikan Mas Sangat Ampuh

  • Masukkan mentega ke wajan yang telah dipanaskan.
  • Masukkan Pelet Kriik 3 bungkus, dan aduk-aduk sampai wangi
  • Masukkan Perangsang kriik dan Keju, aduk rata hingga benar-benar wanginya lebih tajam
  • Masukkan pelet sangrai/goreng ke mangkok dan beri air air secukupnya, agar umpan mudah dibentuk.
  • Selesai, umpan bisa langsung digunakan untuk memancing di kolam
Anda dapat berkreasi menggunakan bahan pelet yang lain yang bisa anda dapatkan, Misalkan pelet jitu wayang dll.

2. Menggunakan Pelet 781

Anda dapat juga menggunakan pelet jenis lain sesui dengan apa yang ada didaerah anda.

Bahan-bahan :

  • Pelet 781
  • Mentega
  • Keju

Cara Membuatnya :

  1. Blender dulu Peletnya sampai halus.
  2. Panaskan mentega diwajan. Seperti gambar diatas. Caranya hampir sama, cuma bahannya saja yang membedakan.
  3. Lalu masukkan pelet yang telah halus tadi kewajan, goreng hingga wanginya tercium.
  4. Masukkan keju yang telah diparut, aduk terus sampai keju meleleh dan wanginya semakin tajam.
  5. Setelah selesai, masukkan hasil sangrai pelet ke mangkok, dan beri air secukupnya. Uleni hingga mendapatkan tekstur yang kalian inginkan.
  6. Umpan siap dipakai ke empang atau kolam