Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menumbuhkan Akar Cutting Anggur Media Cocopeat

Cara Menumbuhkan Akar Cutting Anggur Media Cocopeat

Cara Menumbuhkan Akar Cutting Anggur Media Cocopeat - Teknik ini yang banyak dilakukan oleh para petani anggur di Indonesia dalam membuat semai anggur dengan sekala besar. Karena cara ini termasuk menghemat tempat dalam proses penyemaiannya, serta mudah untuk melakukan seleksi pertumbuhan akar anggur.

Ada beberapa cara untuk menumbuhkan akar dari stek batang anggur, ada yang dengan cara ditanam langsung kedalam media tanah yang didalam polybag, ada juga dengan media air. Dan kali ini saya akan membagikan ulasan dengan cara di pendam dengan media cocopeat.

Sebelum kita melakukan Cutting/stek batang anggur, ada baiknya anda harus melakukan pemilihan batang anggur yang bagus untuk kita jadikan batang dasaran.

Pemilihan Batang Anggur untuk Cutting Media Cocopeat

Siapkan batang yang akan kita jadikan bahan untuk Cutting/Stek anggur yang akan Kita semai dengan media cocopeat, dengan kriteria sebagai berikut:
  • Pilih batang anggur yang sehat, bebas hama dan jamur.
  • Pilih batang dengan diameter standar, minimal seukuran pensil
  • Pilih batang yang sudah matang (warna kecoklatan)
  • Ambilah minimal 3 mata tunas setiap cutting

Peram Cutting Anggur Media Cocopeat

Banyak cara numbuhin Cutting supaya berkalus, salah satunya dengan digulung pake karung goni (buntel). Tapi kalau tidak ada karung goni, anda juga bisa pakai karung Nilon, karung bekas sekam dll.

Cara Pengaplikasiannya bisa anda simak ulasan dibawah ini :
  1. Cuci bersih cutting yang mau diperam.
  2. Rendam cutting pake ZPT atau kalau tidak ada zpt bisa pakai bawang merah yang dihaluskan kira-kira 5 siung sudah cukup untuk 2 liter air. 
  3. Rendam Cutting bagian bawah nya aja ya kurang lebih 4-6 jam. 
  4. Angkat cutting lalu tiriskan sampai tiris.
  5. Setelah tiris siapkan fungisida, cairkan di ember besar, saya menggunakan ember bekas cat uk. 20L, biar bisa kerendam semua nya  lalu rendam dengan fungisida kurang lebih 1-2 jam 
  6. Setelah itu angkat dan tiriskan lagi ditempat teduh, setelah tiris siapkan Cocopeat dan karung
  7. Cutting rendaman tadi sudah bisa di bungkus karung (dibuntel) 
  8. Atau dibikin kayak buntelan, sesuai dengan selera anda.
  9. Letakkan di tempat teduh atau kena sinar matahari sedikit juga tidak apa-apa supaya hangat. Setelah 2 minggu panen cutting, dan lihat hasilnya.
  10. Akar akan muncul, walaupun tidak seragam besar dan banyak akar disetiap batang stek anggur.

Proses Pemindahan Semai Anggur

Setelah muncul akar-akar serabut, boleh dikatakan persemaian cutting sudah 99% keatas survive.
Selanjutnya cutting sudah bisa kita pindahkan ke media Polybag, Pot atau Planterbag untuk proses pertumbuhan selanjutnya.

Cara Memindahkan Batang Anggur Yang Telah Berakar

  • Gunakanlah media tanam yang porous (mudah untuk diserap air) dan air tidak menggenangi media sehingga menimbulkan becek. 
  • Komposisi media yang disarankan adalah dengan menggunakan media perbandingan : sekam bakar 1 : tanah 1 : kohe 1 : pasir : 1
  • Untuk penyiraman cukup dilakukan 2 – 3 hari sekali (apabila cuaca terlalu panas) dan media telah kering, maka penyiraman bisa dilakukan 1-2 hari sekali.
  • Semaian yang telah dipindahkan kemedia pembesaran, sebaiknya ditelakkan ditempat teduh terlebih dahulu.
  • Setelah benar-benar tunas telah tumbuh, mulai kenalkan dengan sinar matahari.

Jenis-Jenis Anggur Yang Sering di Stek Pucuk

Ada banyak jenis anggur yang sering dibudidayakan di indonesia karena mudah untuk dibuahkan dan juga genjah dalam proses penanamannya dan sesuai dengan iklim. 

Adapun bibit anggur itu adalah dokuceva, brazil preco, white long malta, Jupiter, Ninel, Trans, Geovani, Harold, Shine Muscat, Dobozky Pink, Rizamat, Nizina, Angelica, Nina Quenn, Manicur Finger, Dixon, Baikonur New, Arra 15, Banana, Flamenco, Carnival, Taldun, Oscar, Mondrop, Red Romance, Sonaka, hallowen dan masih banyak lagi.