Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melatih Nafas Ayam Birma Aduan Yang Benar

Cara Melatih Nafas Ayam Birma Aduan Yang Benar

Tidak hanya teknik bertarung dan mental yang kuat menjadi tolak ukur untuk membuat ayam birma menjadi juara di setiap tarung di arena. Melainkan stamina yang bagus, yaitu kuat nafas saat ditandingkan. Sehingga ayam tidak cepat terkuras tenaga karena ngos-ngosan saat anda tandingkan di arena.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ayam yang memiliki nafas yang panjang menjadi kunci penentu kemenangan ayam saat ditandingkan. Tidak jarang ayam yang memiliki pukulan yang keraspun akan kalah apabila menghadapi lawan yang memiliki ayam kuat nafas.

Hal inilah yang membuat para botoh dan penghobi ayam untuk melatih nafas ayam aduannya agar tahan lama. Dibawah ini adalah beberapa teknik khusus untuk memperkuat dan memperpanjang nafas ayam aduan birma.

Penyebab Ayam Aduan Birma Memiliki Nafas Pendek


Sebagai botoh anda harus paham mengapa ayam aduan anda memiliki nafas yang pendek. Setidaknya ada beberapa factor yang menyebabkan ayam anda tidak memiliki stamina yang bagus, antara lain :

Garis Keturunan

Faktor keturunan juga dapat mempengaruhi stamina dan nafas ayam menjadi lemah. Ayam akan mewarisi gen dari sang induk dan pejantan saat disilangkan, baik itu dari teknik bertarung, mental dan stamina juga dipengaruhi oleh gen induknya.

Jadi, tidak dapat dipungkiri bahwa factor dari induk ayam sangat berpengaruh besar terhadap kwalitas ayam aduan anda.

Cara  Perawatan

Percuma anda memiliki ayam dengan trah dan keturunan yang bagus, tetapi pola perawatan yang anda berikan sangat minim sekali. Tak jarang hal inilah membuat nafas ayam menjadi lemah karena salah dalam perawatan.

Untuk itu, pahami pola perawatan yang bagus untuk ayam aduan, agar ayam anda mendapatkan perawatan yang optimal.

Ayam Cedera

Pengaruh lain yang bisa membuat ayam tidak memiliki nafas yang panjang adalah karena mengalami cedera. Bisa saja hal ini terjadi sewaktu anda melakukan abar, dengan lawan yang lebih tua sehingga tanpa disengaja membuat ayam cedera dan anda tidak mengetahuinya.


Tips Ampuh Melatih Nafas Ayam Birma Supaya Tidak Cepat Lelah


Ada beberapa tips yang akan saya berikan kepada anda, bagaimana cara melatih nafas aya, aduan anda.

1. Berikan Makanan Yang Berkwalitas

Ayam birma juga membutuhkan asupan nutrisi, vitamin dan jamu yang seimbang, oleh karena itu anda harus memberinya makanan yang berkwalitas sesuai anjuran. Secara umumnya pemberian pakan ayam aduan adalah jagung, tetapi itu saja tidak cukup. Anda dapat memberikan makanan seperti beras merah, padi (gabah), sayuran (pisang, tomat) dan makanan bergizi lainnya yang tinggi akan protein, kalsium.

2. Memandikan Ayam Secara Rutin

Agar nafas ayam Bangkok menjadi panjang dan kuat saat ditarungkan adalah dengan memandikan ayam secara rutin. Hal inilah yang membuat pertumbuhan otot pada ayam cepat terbentuk, apalagi ayam masih mudah umur 5, 6, 7, 8 bulan.

Manfaat ayam dimandikan setiap hari adalah ayam akan menjadi sehat, lebih bersih dan akan terhindar dari penyakit. Sebaiknya memandikan ayam aduan dipagi hari, setelah itu baru anda lakukan penjemuran.

3. Menjemur Ayam

Menjemur ayam dipagi hari setelah dimandikan ternyata memberi banyak manfaat, selain bulu ayam cepat kering, juga akan memperkuat tulang ayam. Selain itu, terik matahari juga akan melatih nafas ayam. 

Coba sewaktu anda menjemur ayam, anda perhatikan pasti apabila kelamaan, maka ayam akan terlihat kelelahan dan ngos-ngosan. Inilah yang saya maksud, baik sekali untuk menjemur ayam pada pagi hari.

4. Memberikan Jamu

Pemberian makan yang bergizi saja tidak cukup, kita juga harus memberikan jamu alami agar ayam kuat nafas. Penggunaan jamu secara alami lebih bagus untuk kesehatan dan mental ayam dibandingkan dengan memberi obat-obatan kimia. Sebaiknya pemberian jamu dilakukan rutin seminggu dua kali dengan dosis yang seimbang.

5. Latihan Fisik

Latihan fisik pada ayam aduan juga berguna untuk meningkatkan stamina dan pembentukan otot ayam birma. Latihan fisik yang dilakukan secara rutin juga dapat memperpanjang nafas ayam aduan anda. Ada beberapa pola latihan yang bisa anda terapkan, seperti senam leher, latihan lompat, puhs up dan latihan lainnya.

6. Latihan Kliter

Mungkin masih banyak dari teman-teman yang belum tahu tentang latihan kilter ini. Jadi dalam latihan ini kita menggunakan dua ekor ayam, ayam yang untulan diletakkan didalam kurungan kecil yang ditutup dengan kurungan besar, sehingga tidak ada celah untuk bertarung. 

Kemudian ayam yang akan anda latih di tempatkan diluar kurungan. Jadi dengan begitu ayam yang akan anda latih akan mengelilingi kurungan untuk mencari celah untuk bertarung. Lakukan cara ini hanya 15 menit atau terlihat ayam sudah kelelahan maka hentikan latihan ini.

7. Latihan Renang

Kita tahu bahwa ayam juga memiliki kemampuan untuk berenang, maka latihan ini sangat baik untuk mengeraskan otot kaki dan menguatkan nafas ayam birma aduan. Jika disekitar rumah anda terdapat sungai atau kolam, maka cukup anda melemparkan ayam ketengah, dan biarkan ayam berenang ketepi dan lemparkan lagi, sampai ayam kelelahan dan selesai untuk latihan.

8. Abar dengan membungkus Paruh Ayam

Kebiasaan dari kita bila hendak melakukan latihan abar dasaran hanya membungkus jalu ayam saja. Padahal dengan membungkus paruh ayam sangat berguna untuk membentuk stamina dan mental ayam. 

Selain itu dengan dibungkusnya paruh ayam maka akan kesulitan untuk memukul, sehingga akan memunculkan teknik teknik dan gaya ayam yang variatif saat ditarungkan.

9. Lakukan Abar di Terik Matahari

Abar dibawah matahari yang panas? Pasti dari teman-teman jarang melakukannya, karena apabila dilakukan akan cepat menguras stamina ayam aduan anda. Hal ini sangatlah bagus untuk menguji dan mengasah tingkat stamina ayam agar lebih kuat.

10. Menggunakan Doping

Apakah bagus untuk memberikan doping untuk ayam aduan?
Doping adalah obat kimia tambahan untuk meningkatkan stamina ayam aduan secara cepat. Ada banyak sekali merk dan jenis doping yang dijual dipasaran. Mulai dari doping perawatan hingga doping yang dipakai saat hendak ditarungkan ke arena.

Sebaiknya gunakan doping ini seperlunya saja dan jangan menggunakannya secara berlebihan, karena akan berefek buruk pada ayam kesayangan anda, bahkan bisa mati.

11. Perawatan Malam Hari

Ternyata perawatan ayam pada malam hari juga sangat penting, hal ini dianjurkan untuk membuat ayam menjadi lebih jinak. Cara perawatannya adalah dengan mengompres ayam dengan handuk yang telah diberi air hangat, guna untuk menjadikan otot ayam agar semakin keras.

Nah, itulah beberapa cara yang benar melatih ayam birma,  untuk anda terapkan dirumah mengatasi masalah ayam yang tidak kuat nafas. Lakukan latihan seperti diatas secara rutin, agar hasilnya memuaskan seperti yang anda harapkan, semoga bermanfaat.