Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Potong Pucuk Dapat Meningkatkan Produksi Cabai

Potong Pucuk Dapat Meningkatkan Produksi Cabai

Potong pucuk atau tidak potong pucuk mana yang terbaik? Dalam menanam cabai pastilah kita menginginkan produksi buah pada tanaman cabe tinggi, dengan begitu keuntungan yang kita dapatkan akan meningkat pula.

Sebelum anda mulai untuk menanam cabai baik dikebun dengan sekala besar atau dirumahan. Ada baiknya anda memahami beberapa faktor yang sangat penting dalam meningkatkan produksi buah cabai anda.

Banyak orang yang lebih suka menanam cabai rawit dan cabai merah lokal, Hal ini karena permintaan akan cabai kecil (rawit) dan juga permintaan cabai besar merah keriting sangat tinggi dipasaran.

Faktor Penting Dalam Meningkatkan Produksi Cabai

Ada beberapa faktor dalam meningkatkan Produksi Cabai khususnya cabai rawit atau cabai merah keriting yang biasanya paling sering ditanam.


1. Bibit Unggul
Pastikan bibit yang anda gunakan adalah bibit yang jelas kwalitasnya, karena dapat mempengaruhi produksi dari buah cabainya. Hindari menggunakan bibit yang tidak jelas kwalitasnya, walaupun murah pastinya akan berbeda hasil panennya.

2. Pengolahan Tanah
Dalam melakukan pengolahan tanah anda harus memahami unsur dan zat yang terkandung pada tanah, pastikan itu semua terkandung pada tanah tempat anda menanam cabe.

Apabila pengolahan anda benar, maka pertumbuhan cabai di awal itu penting untuk memaksimalkan pertumbuhan batang dan cabang yang baik pula.

Untuk mendapatkan kwalitas tanah yang baik, anda dapat menggunakan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Misalkan Tanah 1 ember, maka pupuk kandangnya juga 1 ember.

3. Pemupukan yang Berimbang
Pemupukan pada tanaman cabai juga sangat dibutuhkan, karena dapat meningkatkan produksi cabai. Pilihlah pupuk yang berimbang antara untuk akar, batang, daun dan untuk buah.

4. Pengendalian Hama dan Penyakit
Setiap tanaman yang kita tanam, pastilah akan mendapatkan serangan dari hama dan penyakit. Untuk itu anda harus memahami langkah apa yang akan diambil apabila tanaman cabai anda mengalami suatu masalah, penggunaan pestisida dalam pengendalian hama dan penyakit sangat perlu dilakukan.

Semua faktor yang saya jelaskan diatas merupakan cara untuk meningkatkan produksi tanaman cabai. Tetapi ada hal penting lainnya yang dapat kita kombinasikan agar produksi dari tanaman cabai kita dapat meningkat produksinya yaitu dengan Teknologi Potong Pucuk pada Tanaman Cabai.

Potong Pucuk Cabai Bisa Meningkatkan Produksi Buah?

Dengan melakukan potong pucuk pada tanaman cabai maka anda akan mendapat beberapa faktor yang mempengaruhi produksi buah cabe :

1. Cabang Lebih banyak, Dengan banyaknya cabang, maka produksi buah cabai pada pohon cabai akan meningkat.
2. Batang Utama akan lebih kuat, mengapa batang utama menjadi kuat? Karena saat kita memotong pucuk cabai, maka tunas dari batang utama akan muncul-muncul  dengan begitu, Cabai akan memperkokoh batangnya agar kuat menampung cabang-cabang tadi.
3. Pertumbuhan yang bagus, baik itu dari segi batang, cabang dan juga daunnya.
4. Tanaman cabai tidak mudah tumbang
5.Tanaman cabai akan berbuah pada saat batang dan cabang sudah tidak terlalu muda dan memang sudah cukup umur untuk proses pembungaan dan menghasilkan buah cabe.

Cara Memotong Pucuk Cabai Yang Benar

cara potong pucuk cabe dengan tangan

Cara untuk memotong pucuk cabai sangatlah mudah, anda dapat menggunakan gunting, pisau atau dengan menggunakan tangan anda sendiri. Waktu yang terbaik untuk memotong pucuk cabai, tunggulah sampai cabai berdaun 8-10 barulah dilakukan pemotongan pucuk.

Kekurangan Potong Pucuk Pada Tanaman Cabai

Setiap teknologi pastilah memiliki kekurangan, begitu juga pada tanaman cabe yang dilakukan potong pucuk juga ada kekurangan yang akan kita dapatkan, apa saja itu?
1.Proses saat buah akan menjadi lambat, karena pohon cabai yang dipotong pucuknya akan berfokus untuk membentuk batang  yang kuat dan cabang yang banyak terlebih dahulu baru berbuah.
2.Berbeda dengan pohon cabe yang tidak di potong pucuknya, mereka akan lebih cepat berbuah.

Saya rasa, tidak masalah jika proses berbuah pada tanaman cabai sedikit terlambat, karena yang kita butuhkan adalah produksi buah yang baik.

Mana Yang Lebih Baik, Potong Pucuk atau Tidak Potong Pucuk Pada Tanaman Cabai?

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa dengan melakukan potong pucuk pada tanaman cabai adalah cara terbaik untuk meningkatkan produksi buah cabai, tetapi harus didukung dengan faktor pemilihan bibit unggul, pengolahan tanah, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit.

Nah, mungkin sampai disini penjelasan saya tentang tanaman cabai yang dipotong pucuknya akan lebih baik hasilnya dibandingkan dengan tanaman cabai yang tidak dipotong pucuknya, semoga bermanfaat.