Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Makanan Sederhana Untuk Acara Lamaran di Rumah

Menu Makanan Sederhana Untuk Acara Lamaran di Rumah

Menu Makanan Sederhana Untuk menjamu tamu pas Acara Lamaran di Rumah memang menjadi prioritas yang harus anda persiapkan. Memang sudah pada umumnya, menjamu makan keluarga dari mempelai pria wajib dilakukan di jaman sekarang ini.

Untuk itu, sebagai mempelai wanita sudah memikirkan menu yang cocok untuk acara lamaran yang sederhana saja dirumah. Mengingat biaya yang harus dikumpulkan nantinya untuk acara resepsi pernikahan, maka dari itu harus menekan biaya untuk menu makanan tetapi walaupun sederhana tetap layak dan pantas untuk dihidangkan.

Acara Seserahan Lamaran memang menjadi moment tersendiri bagi kedua calon mempelai nantinya, setidaknya harus mempersiapkan banyak hal. Contohnya saja pas acara lamaran, apa saja yang harus dipersiapkan?

Persiapan Acara Lamaran Sederhana di Rumah

Walaupun kita membuat acara lamaran secara sederhana, tetapi setidaknya ada beberapa hal yang harus anda persiapkan dalam menyambut dan juga menjamu tamu saat acara lamaran.

Persiapan di Rumah Mempelai Wanita

Jika anda dari pihak mempelai wanita, maka yang harus anda siapkan dirumah dalam menyambut tamu dan juga menjamu tamu adalah :
  1. List tamu undangan, setidaknya anda harus tau berapa jumlah tamu yang di undang dari pihak wanita, baik itu kerabat, saudara dan tetangga dekat rumah. Juga anda harus menanyakan juga berapa jumlah tamu yang menghantarkan dari pihak pria. Sehingga anda akan bisa menaksir dan merencanakan untuk makanan dan tempat.
  2. Tenda dan Kursi, jika rumah anda sempit sewalah tenda dan kursi untuk tamu, sesuai dengan jumlah yang telah disepakati di awal.
  3. Dekorasi, jika anda memiliki uang berlebih tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dekorasi yang sederhana saja. Karena sekarang ini sudah pada umumnya menggunakan dekorasi disaat acara lamaran.
  4. Pakaian, biasanya ini sudah dibicarakan sebelumnya antara kedua pasangan, pakaian apa yang akan dikenakan nantinya pas acara lamaran, bisa menggunakan batik atau baju yang telah disepakati bersama.
  5. Make-Up, ini juga tak kalah penting, karena dengan adanya make-up untuk merias dan mempercantik mempelai wanita agar lebih Percaya Diri sewaktu acara nantinya. Gag mungkinkan memakai asal Make-Up..
  6. Menu Makanan dan Minuman, anda dapat menyesuaikan menu makanan dengan budget anda dirumah.
  7. Dokumentasi, Foto-foto saat acara lamaran memang sudah menjadi keharusan, karena disaat itulah moment indah sekali seumur hidup kita abadikan bersama keluarga. Maka dari itu, dokumentasi sangat penting untuk dilakukan. Anda juga harus tau Gaya Foto Lamaran Kekinian dan romantis.

Persiapan dari Mempelai Pria

Yang harus dipersiapkan dan dibawa calon mempelai pria saat acara Lamaran adalah :
  • Cincin Emas, hantaran pada umumnya dari mempelai pria adalah mempersiapkan cincin tunangan yang nantinya akan dipakaikan kepada mempelai wanita. Ada juga yang membawa gelang atau kalung sesuai dengan kesepakatan kedua mempelai, dengan hantaran yang akan diberikan.
  • Sewa Kendaraan, apabila rumah mempelai wanitanya memiliki jarak yang jauh, hal yang harus dipersiapkan adalah sewa mobil.
  • Parcel, buah tangan dari mempelai pria yang diberikan saat acara lamaran, biasanya orang akan membawa buah, kue atau makanan yang dibuat dalam rantang.

Menu Sederhana Untuk Menjamu Tamu Lamaran

Menu makanan sayur dan lauk yang cocok untuk acara lamaran sederhana, dikampung atau didesa yang sering orang gunakan untuk menjamu para tamu dari mempelai pria adalah :

1. Menu Lauk
Sajian Menu lauk yang cocok untuk acara lamaran adalah sebagai berikut :
  • Gulai Ayam Kampung, selain digulai anda juga bisa menyajikannya dengan cara disemur.
  • Gulai Ikan Nila atau Emas, anda juga bisa menyajikan yang dibakar.
  • Daging Rendang
2. Menu Sayur
Sajian Menu sayur yang cocok untuk acara lamaran adalah sebagai berikut :
  • Daun Ubi Tumbuk
  • Gado-gado / Pecal
  • Anyang 
3. Sambal
Sambal juga tak ketinggalan dalam menu ini, setidaknya akan menambah selera untuk menyantap hidangan dari para tamu.

4. Buah-buahan
Buah juga menu wajib yang harus dipersiapkan dalam menjamu makan para tamu, buah yang cocok untuk dihidangkan adalah Semangka, pisang dan jeruk.

5. Jajanan Pasar
Jajanan pasar, snack ataupun kue juga tidak ketinggalan saat acara lamaran, seperti kue lapis, wajik, ongol-ongol ataupun bolu, kerupuk, ataupun lainnya sebagai makanan pembuka.

6. Minuman Dingin
Habis menyantap hidangan, memang tak pas jika tidak tersedianya minuman dingin dari sirup ataupun teh manis.

7. Sup
Ini sebenarnya optional, bisa anda menggunakan menu ini atau tidak, tapi lebih baik memang disajikan untuk menu jamuan.

Makanan sederhana diatas memang sangat populer dilingkungan saya saat ini, semua menu diatas sudah sering dihidangkan pada acara lamaran. 

Makanan Bawaan Untuk Hantaran dari Pria

Tak hanya mempelai wanita saja yang mempersiapkan makanan, dari mempelai pria juga ada yang membawa makanan dan kue sebagai buah tangan untuk mempelai wanita saat acara hantaran lamaran dilaksanakan.

Rekomendasi Bawaan Untuk Hantaran Acara Lamaran

Ada beberapa menu bawaan dari pihak pria yang dibawa saat acara lamaran sebagai oleh-oleh buah tangan, seperti : Buah, kue bolu, brownis, serta makanan yang dimasukkan dalam rantang, seperti Lontong Sayur, Gulai, Mie, Nasi, dan juga sambal.

Hal Yang Dibicarakan Kedua Keluarga Saat Acara Lamaran

Ada beberapa hal yang dibicarakan oleh kedua pihak keluarga untuk mendapatkan kesepakatan bersama dan disaksikan oleh tamu yang diundang sewaktu acara.
  1. Membicarakan Tanggal Resepsi Pernikahan
  2. Menentukan Sinamot atau mahar mempelai wanita
  3. Membicarakan kesepakatan dari kedua belah pihak
Kesepakatan yang diambil pastinya sudah dibicarakan sebelumnya, agar tidak terjadi selisih paham antara kedua keluarga. 

Acara terakhir setelah kesepakatan bersama disetujui adalah Doa bersama untuk memohon keselamatan dan juga kelancaran sampai resepsi pernikahan dilaksanakan. Untuk adat orang melayu mungkin ada pantun pembuka dan penutup.

Nah, mungkin sampai disini pembahasan saya kali ini tentang menu makanan sederhana untuk acara lamaran dirumah. Semoga bisa menjadi inspirasi untuk anda dan bisa di gunakan salah satu menu dari saya ini. Terima Kasih!