Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Keistimewaan Ayam Betina Bangkok Berjalu

Kelebihan dan Keistimewaan Ayam Betina Bangkok Berjalu

Pada umumnya ayam bangkok betina babon tidak memiliki taji atau berjalu layaknya ayam jantan. Jika hal ini terjadi, pastilah ayam tersebut memiliki kelebihan dibandingkan dengan babon biasa yang tidak memiliki jalu.

Jalu atau taji pada ayam mempunyai fungsi sebagai alat untuk melukai lawan tarungnya, biasanya taji melukai pada bagian badan, kepala bahkan mata ayam yang sebagai lawannya. Sehingga ayam yang bertaji atau berjalu sangat ditakuti saat ditarungkan.

Banyak sekali saat kita melakukan abar ayam jantan, kita tutupi jalunya agar tidak melukai ayam kita. Kebanyakan ayam yang memiliki taji adalah ayam yang memiliki tehnik dalam bertarung.

Kelebihan dan Keistimewaan Ayam Betina Bangkok Berjalu

Banyak orang yang menganggap ayam betina bangkok berjalu memiliki kelebihan dan keistimewaan tersendiri, karena hal ini sangat jarang dijumpai pada ayam betina pada umumnya.

Kelebihan dan Keistimewaan Ayam Betina Berjalu

Kelebihan dan keistimewaan apa saja yang bisa kita jumpai pada ayam betina babon bangkok berjalu atau hanya mitos saja? Ada beberapa ciri-ciri yang dapat kita lihat dari ayam betina berjalu seperti : 
  1. Lebih dominan dari babon lainnya, karena ayam jalu lebih suka bertarung dan karena memiliki jalu pasti akan membuat lawannya mudah dikalahkan.
  2. Merupakan ayam tehnik, karena setiap ayam yang memiliki jalu akan bertarung dengan mangandalkan taji atau jalunya.
  3. Tingkat keagresifan ayam lebih tinggi (garang atau sadis, bengis), babon suka mematuk saat dipegang.
  4. Jalu akan tumbuh pada kedua kakinya, layaknya ayam jantan dan terkadang hanya sebelah saja yang tumbuh.
Kalau kita lihat dari keterangan diatas, dapat kita simpulkan bahwa ayam berjalu sangat layak untuk kita jadikan indukan. Tetapi setiap kelebihan pasti ada juga kekurangan yang terdapat pada ayam betina ini, apa saja itu :

Kekurangan Ayam Betina Berjalu

Karena fisik ayam betina yang berjalu atau tidak normal maka akan memberikan beberapa dampak yang kurang baik, seperti :
  • Apabila mengeram, jalu ayam bisa membuat telur yang di eraminya retak / pecah sehingga resiko ayam gagal menetas lebih tinggi.
  • Anak-anak ayam yang telah menetas juga bisa terkena jalu, bahkan bisa menyebabkan kematian.
  • Sifat penyayang terhadap telur dan anak-anaknya kurang bagus
  • Dapat Merusak ayam lain, karena sering dipatuknya untuk bertarung, karena ayam betina ini sangat ingin dominan diantara ayam betina lain.
Untuk mengatasi hal-hal diatas yang bisa merugikan anda, maka sebaiknya jalu atau taji ayam betina babon dipotong saja. 

Demikianlah artikel kali ini tentang Kelebihan dan keistimewaan Ayam Betina Bangkok Berjalu, semoga dapat menambah wawasan kita dalam dunia ayam.