Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Lemper Isi Ayam Original Gurih dan Nikmat

Resep Lemper Isi Ayam Original Gurih dan Nikmat

Resep Lemper Isi Ayam Original Gurih dan Nikmat - Lemper adalah makanan atau jajanan yang terbuat dari ketan yang biasanya berisi abon atau cincangan daging ayam, dan dibungkus dengan daun pisang.

Penganan ini terkenal di seluruh Indonesia sebagai pengganjal perut sebelum memasuki tahap makan besar. Lemper sering dijadikan menu favorit dalam snack box di antara kue-kue tradisional lainnya. Pembuatan lemper mencakup persiapan mencincang daging ayam dan menanak ketan seperti menanak nasi (bisa ditambah dengan santan). 

Daging ayam yang sudah dicincang kemudian dibungkus dengan ketan, lalu ketan ini dibungkus lagi dengan daun pisang dalam bentuk besar memanjang hingga bentuknya menyerupai lontong. Selanjutnya dikukus sampai masak dan didinginkan. Setelah dingin bungkusan lemper yang memanjang itu diiris-iris melintang dengan ketebalan sesuai keinginan sehingga isi cincangan daging ayam terlihat.

Walaupun lemper dikenal di hampir seluruh daerah di Indonesia, tapi lemper banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Tak diketahui kapan dan siapa yang pertama kali menciptakan makanan lezat ini. Namun pada awalnya, lemper tidak berisi daging ayam, sapi, ataupun ikan, lo.

Pada waktu itu, harga daging sangart mahal sehingga lemper diisi dengan kelapa muda yang dimasak seperti abon atau srundeng. Isian ini dimasukkan ke dalam beras ketan, kemudian dipadatkan dan dibungkus dengan daun pisang.

seiring dengan semakin terkenalnya makanan ini, orang mengganti isi lemper dengan daging sapi, daging ayam atau ikan yang digiling. Lemper juga bisa berisi abon kemasan agar lebih praktis.

Ada lemper yang masih dibungkus dengan daun pisang, tapi ada juga lemper yang dibungkus dengan plastik. Lemper sekarang juga tidak selalu dikukus, tapi bisa juga dibakar agar lebih harum. Namun bahan dasar lemper tetap tidak berubah, yaitu dari beras ketan.

Bagi masyarakat Jawa khususnya, lemper dianggap sebagai simbol persaudaraan karena tekstur ketan yang lengket mencerminkan persaudaraan antarmanusia yang saling menyatu. Lengketnya ketan ini juga dianggap bisa mendatangkan rezeki yang akan menempel pada orang yang memakannya.

Di masa lalu, Lemper hanya ditemui dalam acara perkumpulan, seperti arisan, syukuran, ataupun kudapan saat acara pernikahan. Namun kini untuk menemuukan makanan ini amatlah mudah, dari toko roti hingga pedagang di pasar pun ada yang menjual. Anda juga dapat mencobanya langsung dirumah untuk keluarga, dengan resep di bawah ini. 

Resep Lemper Isi Ayam Original Gurih dan Nikmat


Seluruh Bahan yang digunakan :
250 gr ketan super rendam minimal 2 jam
150 ml santan 
2 lbr daun salam
1 batang serai geprek
1/2 sdt
1 lbr daun pandan
Daun pisang secukupnya

Bahan Isian :

250 gr daging dada ayam
3 lbr daun jeruk sobek2
4 siung bawang putih besar
5 siung bawang merah
3 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar bubuk
150 ml santan 
1/2sdt garam (secukupnya)
1 sdt gula (secukupnya)
1/2 sdt bubuk merica (secukupnya)

Cara Membuat :

  • Kukus dada ayam selama 15-20 menit api sedang, setelah dingin cincang halus
  • Kukus ketan yang sudah direndam 25 menit api sedang, lalu angkat.
  • Haluskan bumbu untuk isian, tumis dengan minyak sedikit sampai wangi, masukkan ayam dan santan, serta bumbu lainnya, masak sampai kering.
  • Rebus santan, daun pandan, daun salam, sereh, garam, sampai hampir mendidih jangan sampai pecah santannya.
  • Campurkan santan dan ketan, aduk2 sebentar agar meresap, Kukus kembali ketan pada api sedang 25 menit.


Tahap Penyelesaian :

  1. Bagi dua ketan yang sudah di kukus, tata di loyang/wadah kotak ukuran 10 x 10 cm yang sudah dilapisi plastik.
  2. Baking paper atau daun (untuk memudahkan diangkat), buat lapisan dasar ketan dengan ditekan-tekan. Lapisan kedua diisi dengan ayam, kemudian lapisan ketiga ditutup dengan ketan lagi.
  3. Lalu siap dipotong dengan pisau tajam sesuai ukuran yang diinginkan.
  4. Kemudian tahap terakhir dibakar menggunakan arang kayu atau batok kelapa sebentar saja sekitar 2 menit. 
Resep Lainnya :