Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahan Sempol Ayam Masakini Jadi Cemilan Nikmat

Olahan Sempol Ayam Masakini Jadi Cemilan Nikmat

Olahan Sempol Ayam Masakini Jadi Cemilan Nikmat - Ayam yaitu hewan unggas yang paling umum di seluruh dunia, dan telah diternakkan serta dikonsumsi sejak dahulu. Hingga saat ini  ayam masih dipelihara di rumah tangga, dengan tujuan untuk diambil daging serta telurnya. 

Bahkan banyakknya peternakan ayam rumahan menjadi cikal bakal peternakan ayam untuk tujuan bisnis, karena permintaan pasar yang terus meningkat. 

Manfaat makan daging ayam bagi kesehatan jelas sangat tinggi, karena daging ayam mengandung protein tinggi, serta vitamin dan mineral. Makan daging ayam juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar kolesterol, tekanan darah serta  mengurangi risiko kanker, asal tidak berlebihan.

Kandungan gizi pada daging ayam menurut USDA, 100 g ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg). Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6(pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K. (dilansir dari wikipedia)

Ayam juga merupakan salah satu makanan yang berprotein tertinggi yaitu 18 g per 100 g ayam. Diet dengan kandungan protein yang tinggi telah diketahui efektif mengurangi berat badan, dan ayam menyediakan kandungan protein yang tinggi. Studi dan percobaan telah menunjukkan bahwa kontrol berat badan yang signifikan ditemukan pada orang-orang yang makan ayam.

Ayam tetap menjadi bahan masakan utama di berbagai kalangan masyarakat. Aneka masakan ayam dapat kita temukan diberbagai tempat makan. Mulai dari rumah makan sederhana hingga restoran mewah, hampir semuanya menyediakan olahan hewan unggas yang satu ini.

Daging ayam banyak dipilih sebagai bahan dasar masakan karena harganya yang lebih murah jika dibandingkan dengan daging kambing ataupun sapi. Selain itu, daging ayam dapat diolah menjadi aneka masakan yang siap menggoyang lidah dan menggugah selera.

Begitulah, ada pelajaran penting yang bisa kita ambil. Sekarang kita kembali fokus pada  resep olahan berbahan dasar ayam yang akan dijabarkan, dan bisa kita coba di rumah. Berikut ini sebagian kecil dari banyaknya olahan ayam.

Olahan Sempol Ayam Masakini Jadi Cemilan Nikmat by @utamiif

Bahan:
  • 250 gr daging ayam tanpa tulang
  • 100 gr tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 batang daun bawang, iris halus
Bumbu:
  • 5 siung bawang putih, haluskan
  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
Bahan pencelup, campur hingga rata:
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 1 sdm tepung beras
  • 1/2 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Haluskan/cincang daging ayam. Campur semua bahan di dalam baskom, masukkan bumbu. Aduk rata sampai bisa dibentuk
  2. Bentuk adonan dengan menempelkan pada tusuk sate, kalau tangan lengket bisa lumuri dengan sedikit minyak goreng/tepung tapioka. Bentuk adonan dan kepal hingga melekat sempurna
  3. Didihkan air dalam panci, rebus sempol sampai matang (15-20 menit)
  4. Goreng sempol ayam hingga agak kering, angkat. Celupkan ke adonan pencelup, goreng kembali hingga matang dan kecoklatan. Sajikan dengan saus sambal

Resep Lainnya :