Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bika Ambon Ekonomis Dengan Medi Maker

Bika Ambon Ekonomis Dengan Medi Maker

Bika Ambon Ekonomis Dengan Medi Maker - Jika anda tertarik untuk membuatnya dirumah, cara ini tergolong sangat mudah untuk dilakukan. Cocok sekali anda sajikan pada acara kumpul keluarga, tampilan yang sangat menarik pastinya akan mengundang selera untuk mencicipinya.

Bika Ambon adalah penganan khas Medan, Indonesia. Terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan, bika ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun kini juga tersedia rasa-rasa lainnya seperti durian, keju, dan cokelat. Bika ambon biasanya dapat bertahan dalam kondisi terbaik selama empat hari karena setelah itu kue tersebut mulai mengeras. 

Kue ini memiliki permukaan yang tampak seperti pori-pori kulit manusia dan bagian bawahnya terlihat keras, tapi tetap masih dapat dimakan, dikarenakan sisa dari terpaan panas di dasar loyang. Bika Ambon ini biasa tersaji dalam potongan persegi. Saat dimakan, citarasa legit tercampur dengan sensasi kenyal di lidah. Aroma harum pandan menyengat. 

Meski menyandang nama Ambon, kue ini tidak berasal dari Ambon.  Tetapi justru berasal dari ibukota Medan, Sumatera Utara. Bika Ambon di kenal sebagai penganan nusantara sebagai kuliner khas Medan, Sumatera Utara. Tepatnya di Jalan Mojopahit di daerah Medan Petisah terdapat sedikitnya 30 toko yang menjual kue ini. 

Diperkirakan, sebutan bika ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dahulu baru mengenal bika yang diproduksi di Jalan Ambon, Medan. Penyebutan bika ambon akhirnya menjadi tradisi seiring dengan berkembangnya industri makanan ini.

Pemilihan bahan juga berpengaruh pada keberhasilan pembuatan Bika Ambon. Agar kue Bika Ambon berminyak dan tidak bantat, gunakan santan kelapa segar dari buah kelapa yang sudah cukup tua. Jangan menggunakan santan kental instan karena kue akan menjadi kering dan bantat. 

Membuat Bika Ambon sebenarnya tidaklah sulit, namun memerlukan kesabaran karena lamanya proses pembuatan. Namun kerja keras Anda dalam membuat bika ambon pasti akan terbayar dengan kenikmatan dan kelegitan rasa yang menggugah selera tersebut

Yuk simak cara membuat bika ambon berbahan dasar ekonomis tanpa memakai loyang yang besar cukup dengan cetakan medi maker (pelatan masak dan modern).

Bika Ambon Ekonomis Dengan Medi Maker Recipe @tintinrayner

Seluruh Bahan:

  • 2 sdm Gula Pasir
  • 2 sdm Terigu Protein Sedang
  • 12 sdm Air Matang
  • 1 Bungkus Ragi Instant

Bahan A

  • 6  Butir Telur Ayam Utuh
  • 280 gr Gula Pasir

Bahan B

  • 150gr Sagu Tani

Bahan C

  • 300cc Santan Kental
  • 15 lembar Daun Pandan
  • 15 lembar Daun Jeruk
  • 2 Batang Serai Memarkan
  • 4gr Garam

Cara Membuat:

1. Aduk rata seluruh bahan sampai larut diamkan 40 menit
2. BAHAN A : 
    Mixer Telur dan Gula dengan speed rendah sampai tercampur rata ,masukkan BAHAN B.
3. BAHAN C :
    Blender pandan dan santan, saring lalu rebus bersama sisa bahan C, lalu masukkan ke adonan no 2. 
4. Diamkan pada suhu ruang
5. Tambahkan seluruh bahan ke dalam adonan diamkan selama 50 menit
6. Panaskan cetakan medi maker dengan api sedang, setelah berbuih atasnya baru kita tutup sampai matang.