Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Onde-onde Warna Warni Isian Kacang Mojokerto

Resep Kue Onde-onde Warna Warni Isian Kacang Mojokerto - Onde-Ondeee siapa yang tak kenal dengan jenis kue tradisional yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita di Indonesia. Bentuknya bulat sebesar bola ping-pong makanan ringan  dengan rasanya yang enak dan nama yang cukup unik.  onde-onde berasal dari tanah Tiongkok saat zaman dinasti Tang, dimana makanan ini menjadi kue resmi daerah Changan (sekarang Xian) yang disebut ludeui. 

Makanan ini kemudian menyebar ke daerah selatan Cina, lalu berkembang luas hingga daerah-daerah Asia tenggara hingga Indonesia khususnya di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit.

Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde berbentuk bulat yang terbuat dari tepung ketan, yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen, isinya dari kacang hijau yang sudah direbus hingga empuk/mekar. Variasi lain juga banyak diantaranya terbuat dari tepung terigu, tepung sagu,  tepung tapioka (tepung kanji), tepung beras. 

Seiring dengan perkembangan pesat dunia kuliner, kini bentuk onde-onde tidak lagi hanya bundar biasa, tetapi ada yang dibuat sebesar kelereng dan yang lebih menarik, dibuat mekar di bagian atasnya serta diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, hijau dan warna lainnya. Bahan isiannya pun menjadi beragam, bukan lagi hanya kacang hijau yang dihaluskan, tetapi lebih bervariasi lagi. Misalnya diisi dengan adonan kacang merah, keju, cokelat, aneka buah-buahan, daging ayam, udang, serta bahan lainnya. 

Sejarah membuktikan bahwa onde-onde merupakan makanan khas rakyat Asia,  jadi sebagai warga Mojokerto layak bangga dan tidak hanya menempatkan jajanan ini sebagai jajan pasar. Namun, perlu hati-hati juga dalam mengkonsumsi onde-onde ini, pilihlah kue onde-onde yang baru dan bersih agar tidak memberikan efek negatif pada perut Anda. Berikut resep dan cara pembuatan onde-onde dengan variasi warna-warni.

Resep Kue Onde-onde Warna Warni Isian Kacang Mojokerto
Onde-onde warna warni

Resep Kue Onde-onde Warna Warni Isian Kacang Mojokerto

Apakah anda tertarik untuk membuat kue ini? jika anda tertarik membuatnya maka anda harus menyiapkan beberapa bahan dan juga peralatan dapur, tentunya bahan pembuatannya sangat mudah untuk didapatkan didaerah anda.

Resep Kulit Onde-onde

Bahan :

  • 250 gr tepung ketan
  • 50 gr gula pasir ( resep asli 60 gr )
  • 50 gr kentang ( kukus matang, haluskan)
  • 180 - 200 ml  santan hangat ( kekentalan sedang )
  • Sejimpit garam
  • Wijen secukupnya
  • Pewarna GNT wijayaputraadiperkasa ( ungu, pink, oranye , kuning)

Cara Pembuatannya:

Campur tepung ketan, gula, garam, kentang, kemudian perlahan masukkan santan perlahan (santan jangan masuk semua), uleni hingga adonan licin dan kalis.  Bagi adonan sesuai selera, beri pewarna  Natural GNT.


Resep Isian Kacang Hijau

Bahan-bahan yang disiapkan :

  • 250 gr kacang hijau kupas kulit (cuci, rendam dgn air 2 jam, saring kemudian kukus selama 40 menit -  1jam /sampai kecang hijau empuk/mekar )
  • 250 ml santan = 2 bungkus santan instan 65 gr ditambah air
  • 120 gr gula pasir ( aku pake 100 gr ) 
  • 3 lembar daun pandan
  • Sejimpit garam
  • ¼ sdt Vanili

Cara Pembuatan Adonan : 

  1. Blender kacang hijau dengan santan hingga halus, tuang kedalam wajan anti lengket, masak dengan  api sedang. Masukan gula, garam , vanili dan daun pandan. Masak kacang hijau hingga licin dan kalis. Angkat , tunggu dingin , kemudian bulatkan isian.
  2. Ambil adoanan kulit onde2  32 gr , lalu beri isian kacang hijau 20 gram. Bulatkan , baluri dengan wijen.
  3. Goreng dengan minyak banyak dgn api kecil sedang .
  4. Goreng hingga onde mengapung dan matang.  Angkat , tiriskan. Sajikan.

Itulah Cara Membuat Kue Onde-onde Warna Warni Isian Kacang Mojokerto, semoga dapat menjadi inspirasi dalam membuat aneka jajanan nusantara yang enak.

Selamat mencoba resep kami.