Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Ciri Ayam Betina Mau Bertelur Dan Siap Kawin

Ciri Ciri Ayam Betina Mau Bertelur Dan Siap Kawin

Ciri Ciri Ayam Betina Mau Bertelur Dan Siap Kawin – Saat anda beternak ayam anda harus mengetahui kapan fase ayam akan dibuahi oleh sang pejantan. Hal inilah yang akan membuat proses perkembang biakan pada peternakan anda akan cepat berkembang.

Jika anda memahaminya, kapan ayam betina siap untuk dikawinkan atau dibuahi oleh penjantan. Maka anda akan segera menyiapkan tempat dan pejantan yang baik untuk ayam-ayam betina anda.

Semua jenis ayam memiliki masa ovulasi atau fase dimana ayam siap untuk bertelur, misalnya Ayam aduan Bangkok, ayam serama, ayam petelur memiliki waktu yang berbeda.

Secara umum, ayam betina akan memasuki masa bertelur atau siap kawin pada usia 6-8 bulan, ini tergantung pada jenis ayam, hormon dan masa pertumbuhan ayam betina tersebut.

Beberapa Hal yang Mempengaruhi Ayam Betina Mau Bertelur

  • Faktor Makanan yang Anda berikan karena nutrisi yang terkandung pada makanan ayam dapat mempengaruhi pertumbuhan ayam dan juga hormonnya.
  • Tingkat mental / stress ayam, juga dapat mempengaruhi terhadap masa ingin bertelur ayam
  • Kesehatan dan fisik ayam
  • Faktor lingkungan dan suhu yang baik juga dapat berperan penting dalam mempercepat ayam betina untuk siap kawin dan bertelur.

Apakah ada tanda-tanda atau ciri-ciri dari ayam betina yang siap untuk kawin dan bertelur? Jawabannya ada.

Ayam betina yang siap kawin memiliki perilaku yang khas dan akan ditunjukkan mereka, untuk itu kita sebagai peternak harus memahami hal itu. Adapun tanda-tanda ayam betina yang siap dibuahi oleh pejantan untuk bertelur adalah sebagai berikut :

Ciri Ciri Ayam Betina Mau Bertelur Dan Siap Untuk di Kawinkan


Ada beberapa ciri-ciri umum yang akan ditunjukkan oleh ayam betina siap untuk kawin :
  1. Fostur tubuh ayam yang mulai berisi dan berat badan ayam yang semakin meningkat dari sebelumnya.
  2. Ayam betina akan sering mengeluarkan suara berkokok yang terus-menerus seperti memberi tanda ayam jantan untuk segera kawin,
  3. Jika kita lihat dibagian bawah ayam bagian kloaka akan tampak membesar dan mengembang
  4. Ayam betina yang siap untuk kawin akan lebih suka berkumpul dengan ayam jantan.
  5. Tampak lebih akur dengan ayam betina lainnya
  6. Coba anda pegang pada punggung ayam, apabila ayam langsung menungging seperti ingin kawin, itu tanda yang lebih pas pada ayam betina siap kawin.
  7. Untuk ayam betina yang sedang mengasuh anaknya, akan terlihat mengusir anaknya dengan mematuknya jika bersama atau dekat-dekat induknya. Kalau kata orang jawa di Sapih namanya.

Nah, jika ayam betina anda sudah menunjukkan beberapa ciri-ciri diatas, maka sudah dipastikan ayam tersebut sudah siap untuk dikawinkan dengan pejantan.

Hal ini berlaku pada ayam yang belum pernah bertelur maupun ayam yang sudah lama bertelur dan sudah memiliki anak.

Dengan mengetahui hal tersebut diatas, maka anda akan segera menyiapkan jantan dengan kondisi yang bagus, baik dari segi fisik dan juga kesehatan ayam pejantan agar telur yang dihasilkan akan memiliki kwalitas baik pula dengan tingkat vertil yang tinggi.

Apabila telur ayam memiliki tingkat vertil yang tinggi, maka proses penetasan telur ayam nantinya akan tinggi pula, Oleh karena itu, kwalitas telur ayam haruslah baik pula.

Untuk itu, anda harus memahami dengan betul dengan kesehatan ayam, makanan dan nutrisi serta pejantan. Hal ini lah yang akan mempengaruhi tinggat keberhasilan anda dalam beternak ayam baik sekala rumahan, atau industri.

Mungkin sampai disini pembahasan saya kali ini tentang Ciri Ciri Ayam Betina Mau Bertelur Dan Siap Untuk di Kawinkan. Semoga bermanfaat dan bisa di coba dirumah !!

Baca Juga :