Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Klepon Ubi Jalar Ungu Isi Gula Merah

Cara Membuat Klepon Ubi Jalar Ungu Isi Gula Merah

Cara Membuat Klepon Ubi Jalar Ungu Isi Gula Merah - Jajanan pasar memang tidak pernah membosankan untuk dikonsumsi. Rasanya yang sesuai dengan lidah orang Indonesia membuat jajanan tradisional masih eksis sampai saat ini. 

Nah, salah satu yang banyak penggemarnya adalah klepon. Dimana kue satu ini sempat viral beberapa waktu lalu. Bagi Kamu yang menyukai eksperimen membuat kue dan makanan ringan, tidak ada salahnya mencoba resep klepon yang satu ini.

Cara Membuat Klepon Ubi Jalar Ungu Isi Gula Merah

Sebelum kita membuat kue yang satu ini, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu asal usul kue klepon ini. Biar kalau di tanya anak kita, bunda sudah pada tau ya...

Asal usul klepon/kelepon

Dikutip dari Wikipedia, klepon atau kelepon, adalah kue beras tradisional yang pada umumnya berwarna hijau diisi dengan gula aren atau gula merah dan ditaburi kelapa parut pada area luarnya. Kue klepon berasal Indonesia, namun sudah dikenal di Asia Tenggara dan umumnya ditemukan di Indonesia, Malaysia, Brunei dan Singapura.

Di bagian lain Indonesia, seperti di Sulawesi, Sumatera dan di negara tetangga Malaysia, kue ini dikenal sebagai onde-onde atau di beberapa daerah, 'buah melaka' (buah Malaka). Namun di Jawa, onde-onde mengacu pada Jin Cina Deui, bola kue beras yang ditaburi dengan biji wijen dan diisi dengan kacang hijau manis.

Meskipun populer di seluruh Asia Tenggara, klepon awalnya berasal dari Jawa. Hidangan ini juga disebut sebagai klepon di Belanda. Pada 1950-an, klepon diperkenalkan oleh imigran Indo ke Belanda dan sudah tersedia di toko-toko, restoran Belanda dan Cina, Indonesia dan supermarket di seluruh negeri.

Di daerah Jawa klepon, getuk dan cenil, sering dimakan sebagai camilan pagi atau sore. Mereka dikategorikan sebagai kue basah, dan merupakan bagian dari jajan pasar tradisional Jawa (kudapan pasar).

Klepon terbuat dari tepung ketan putih ini berbentuk bulatan-bulatan kecil. Di bagian dalam klepon diisi dengan gula merah. Rasanya yang kenyal, manis serta gurihnya parutan kelapa. Ada banyak juga kreasi dari kue klepon. Mulai dari klepon ubi jalar ungu, klepon kentang, klepon singkong, klepon labu kuning, dan masih banyak lagi.

Meskipun kue klepon ini termasuk makanan tradisional yang mungkin terlihat biasa-biasa saja di Indonesia, namun kue klepon ini sudah banyak tersebar sangat luas. Bukan hanya orang kampung yang dapat menggemari kue klepon ini, tetapi orang kota pun ternyata banyak yang suka dengan kue basah yang satu ini. Jika klepon yang kita temui umumnya berwarna putih karena berasal dari tepung ketan putih ataupun berwarna hijau karena berasal dari daun suji dan daun pandan.

Resep kali ini akan membahas mengenai klepon yang berwarna ungu. Warna ungu ini tak lain didapatkan dari ubi jalar ungu. Cara pembuatannya pun hampir sama, dengan cara direbus terlebih dahulu. Sebelumnya kita harus mengetahui bahan membuat klepon ubi jalar ungu dan cara membuat klepon ubi jalar ungu. Bagaimana resepnya? 

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Bahan - bahan Utama:

  • 100 gr Ubi ungu setelah direbus
  • 130 gr Tepung ketan putih
  • 1/2 sdt Garam
  • 75 ml Air panas
  • Gula aren secukupnya
  • 1 Helai daun pandan

Bahan Isi :
Gula merah secukupnya, dan diserut

Bahan Taburan :

  • 1/2 bh Kelapa Muda parut
  • 1/2 sdt Garam
  • 1 lbr Daun pandan

Cara Membuat :

  1. Kukus kelapa parut, garam, dan daun pandan selama 10-15 menit. Angkat dan dinginkan.
  2. Haluskan ubi ungu yang telah dikukus hingga lembut. Tambahkan tepung ketan, garam, aduk hingga rata. Masukkan air panas sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk.
  3. Ambil adonan, bentuk bulat lalu pipihkan, tambahkan isian gula merah, lalu bulatkan. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Panaskan air hingga mendidih dengan api sedang, masukkan klepon ubi jalar ungu  kemudian rebus hingga matang (tandanya klepon akan mengapung). Angkat dan tiriskan.
  5. Gulingkan klepon yang sudah matang pada kelapa parut hingga rata. Sajikan.

Tips Membuat:

  • Disarankan bagi Kamu untuk membuat resep klepon tepung beras rose brand agar hasilnya lebih baik.
  • Untuk membuat resep klepon lebih kenyal dapat menggunakan ¼ sendok teh soda kue yang dicampurkan ke dalam adonan.
  • Jika tidak terdapat ubi jalar ungu maka bisa diganti dengan ubi jalar kuning, cilembu dan lainnya.
  • Jika terpaksa menggunakan kelapa parut kering, maka campurkan dengan 75 gram santan kental, kemudian dikukus terlebih dahulu agar kelapa parut tidak kering lagi.
  • Ciri-ciri adonan yang sudah kalis adalah tidak lengket pada saat perebusan dan mudah ditiriskan.
  • Kamu juga bisa menggantikan gula merah dengan inti (kelapa yang disangrai dan dicampur dengan gula merah) jika tidak terlalu senang dengan isian yang terlalu lumer.
Demikian sekilas informasi tentang Resep Membuat Kue Klepon Ubi Jalar  Ungu lumer yang enak, kenyal dan gurih. Sajikan kue basah ini untuk acara-acara bersama keluarga tercinta anda. Selamat mencoba resep kami.