Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bunga Vinca Rimbun Serta Merawatnya

Gambar bunga vinca tapak dara cantik dan indah

Cara Membuat Bunga Vinca Menjadi Rimbun  memang menjadi dambaan kita, bagaimana Merawatnya agar terus berbunga lebat dan tampak indah. Ada beberapa cara yang akan saya bagikan kepada anda semua cara merimbunkan bunga ini.

Bunga Vinca adalah perdu tahunan yang berasal dari Madagaskar, tetapi telah menyebar ke berbagai daerah tropika lainnya. Nama ilmiahnya Catharanthus roseus Don. Di Indonesia tumbuhan hias pekarangan ini dikenal dengan bermacam-macam nama, seperti di disebut sindapor, kembang tembaga, dan kembang tapak dara. (wikipedia).

Sesuai dengan judulnya, kali ini saya akan membahas bagaimana cara agar bunga vinca ini tumbuh rimbun dan cantik untuk pekarangan rumah kita. Simak terus artikel saya dibawah ini :

Cara Mudah Membuat Bunga Vinca Rimbun Serta Merawatnya Agar Terlihat Cantik

Sekarang ini, bunga vinca menjadi sangat digemari dikalangan penghobi bunga. Mereka memburu bunga ini karena memiliki warna bunga yang bermacam-macam jenis.

Ada 2 jenis bunga vinca, yaitu bunga vinca untuk digantung dan bunga vinca untuk ditanam di pot saja dengan tegak. Bagaimana cara perawatannya agar cepat rimbun lebat? 

Cara Membuat Bungan Vinca Rimbun

Untuk membuat rimbun bunga vinca, ada peralatan yang harus kita siapkan yaitu:
  1. Bibit Bunga Vinca Yang Akan kita Rimbunkan
  2. Gunting
  3. Tusuk Sate
Agar hasilnya lebih maksimal, pilihlah bibit bunga vinca yang memiliki percabangan yang bagus. Setelah semua bahan tersedia, maka selanjutnya kita akan melakukan pemangkasan (pruning).
  • Pangkas semua pucuk pada setiap cabang dan sisakan 2, 3 atau 4 pasang daun pada setiap cabangnya.
  • Buang semua daun vinca bagian bawah disetiap cabangnya dan hanya sisakan 1 atau 2 daun pada bagian teratasnya.
  • Selanjutnya kita potong tengahnya tusuk sate (jangan sampai putus) agar membentuk huruf V, untuk menjepit batang vinca.
  • Arahkan cabang pada setiap sisi pot, kemudian jepit dengan tusuk sate yang sudah kita buat untuk penjepitnya agar posisinya tidak berubah.
  • Lakukan hal seperti itu sampe semua batang vinca terjepit semua.

Cara Membuat Bunga Vinca Rimbun Serta Merawatnya
Proses Pemangkasan

Tunggu sampe tunas baru muncul, bagaimana? mudah bukan untuk merimbunkan bunga vinca ini. Anda pasti bisa mencobanya dirumah masing-masing.

Cara Merawat Bunga Vinca Agar Tetap Rimbun

Setelah anda berhasil membuat bunga vinca ini tumbuh lebat dan rimbun, sebaiknya lakukanlah langkah-langkah berikut ini untuk merawatnya agar tetap menjaga keindahannya:

1. Pangkas Daun Secara Berkala
Lakukanlah pemangkasan daun secara berkala. Jika dalam satu batang, kamu melihat 6 daun yang tumbuh, buanglah 2 daun yang berada paling atas. Pemangkasan daun akan membuat cabang baru tumbuh.

2. Pemberian Pupuk Bunga Vinca
Berilah pupuk pada bunga tapak dara ini secara teratur, sekira tiga bulan sekali. Kamu bisa menggunakan dosis satu sendok teh pupuk NPK untuk satu pot tanaman yang berdiameter 15 cm. Gunakanlah penyemprot untuk memberikan pupuk pada tanaman ini.

3. Cara Mencegah Serangan Jamur Bunga Vinca
Untuk mencegah jamur, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghindari penggunaan pupuk kimia.

Jika ada setangkai bunga vinca yang terserang jamur, segera ambillah bunga tersebut agar tidak menularkan penyakitnya pada bunga yang lain.

Namun jika serangan jamur belum terlalu parah, kamu bisa menggunakan fungisida. Untuk disemprotkan langsung ke bunga yang terkena jamur.

4. Cara Merawat Bunga Vinca yang Layu
Salah satu penyebab layunya bunga vinca adalah penguapan air yang berlebihan.

Hal ini bisa terjadi karena faktor cuaca, iklim, matahari yang terlalu terik, dan lain-lain.

Jika ini terjadi, pindahkanlah pot bunga vinca ke tempat yang lebih teduh untuk menyaring sinar matahari yang meyorot tanaman tersebut.

Tips Merawat Bunga Vinca Agar Tetap Cantik

  • Agar vinca kompak dan lebat lakukan piching dan prunning sejak awal, yaitu :

Pada saat mulai tumbuh 6 daun maka buang 2 bagian daun teratas, lalu akan tumbuh 2 cabang, setelah tumbuh sepasang daun pada masing-masing cabang buang lagi 2 daun yang teratas pada masing-masing cabang ini untuk merangsang pertumbuhan cabang yang banyak. 

Setelah itu biarkan tumbuh, nanti pada saat sudah dewasa lakukan prunning atau pemangkasan secara teratur. Cara ini akan memperlambat proses pembungaan namun nanti hasilnya vinca tumbuh kompak, lebat dan banyak bunga karena banyak cabangnya.

  • Agar tumbuh bagus seminggu setelah tumbuh beri pupuk 0,5 gr per liter

Setelah transplanting, lakukan pemupukan. Pupuknya NPK 32-10-10 atau nitrogen tinggi agar banyak daunnya. Dosisnya, 1 sendok teh per pot (diameter pot 15 cm). Umur 6 minggu, knop bunga mulai bermunculan. Tetapi agar cabangnya banyak, bunga sebaiknya dibuang. 

Tiga bulan setelah transplanting, batang sudah tumbuh optimum dan rimbun. Inilah saatnya untuk dibungakan. Pupuknya diganti dengan P tinggi ditambah Ca.Bisa NPK 10-55-10 plus Ca. Setelah disemprot pupuk, tak berapa lama bunga bakal muncul di setiap pucuknya. 

Hebatnya, bunga bakal terus muncul tanpa mengenal musim. Vinca pot bisa bertahan bagus hingga setahun. Tetapi jika ditanam di tanah, bakal terus tumbuh bagus.


Nah, itulah pembahasan saya kali ini, tunggu berita terbaru selanjutnya seputar tanaman indah untuk perkarangan, semoga artikel Cara Membuat Bunga Vinca Rimbun Serta Merawatnya dapat menjadi inspirasi anda semua. Terima kasih