Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belum Aqiqah, apakah boleh berqurban? Ini jawabannya

Belum Aqiqah, apakah boleh berqurban?


Belum Aqiqah, apakah boleh berqurban? - Hal inilah yang kadang menjadi keraguan didalam diri kita. Semasa kita kecil, orang tua kita dalam keadaan sulit dan akhirnya kita tidak di Aqiqahkan.

Terus kita merasa bahwa dengan tidaknya di aqiqahkan, maka kita tidak boleh untuk berqurban. Pemahaman yang seperti inilah yang kali ini akan saya luruskan.

Berqurban tanpa Aqiqah terlebih dahulu?


"Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh, digundul rambutnya dan diberi nama.” (HR. Abu Daud no. 2838)

Apabila ada orang yang mengatakan aqiqah di usia 40 tahun, aqiqah di usia 50 tahun itu sebenarnya bukan aqiqah, tetapi sedekah biasa saja. Oleh sebab itu, sekiranya orang itu dulu tidak aqiqah, ya sudah gugur kewajibannya karena sudah lewat waktu.

Jadi, statusnya sedekah, oleh sebab itu saat ibadah qurban walaupun dulu ketika kecil kita tidak diaqiqahi oleh orangtua kita. Mereka tidak aqiqah bisa karena tidak mengerti, atau belum mengerti tentang keharusan aqiqah, bisa juga karena memang orangtua kita tidak punya rezeki untuk beraqiqah.

Apapun alasannya, kalau kita sekarang sudah dewasa dan mampu untuk berqurban, maka niatnya cukup berqurban saja. Jangan diniatkan untuk aqiqah jadi niatkan saja untuk berqurban.

Ingat, aqiqah itu terikat oleh waktu pelaksanaannya. Oleh karena itu, bila kita ada rezeki dan belum diaqiqahi oleh orangtua, maka niatnya cukup berqurban saja. Tapi kalau ada yang ngotot ingin aqiqah, maka kategorinya hanya sebagai sedekah biasa. Waallahu alam.

Nah, demikian artikel kali ini yang membahas tentang diperbolehkannya berqurban sebelum aqiqah. dapat menjawab beberapa keraguan sahabat semua. Semoga bermanfaat

Sumber : percikanimanonline