Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif

Rahasia Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif

Rahasia Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif - Salah satu kunci untuk memenangkan ayam aduan adalah kualitas mentalnya. Tidak jarang ayam aduan kalah dan gagal menjadi juara karena kelemahan mental. Jadi ayam aduan yang berkualitas harus memiliki mental baja dan bertarung sampai akhir pertarungan. Memiliki ayam aduan yang galak dan agresif adalah harapan semua pecinta ayam aduan Bangkok.

Meski pada dasarnya mental ditentukan oleh faktor keturunan dan gen induk, sebagai botoh kita juga bisa mencoba beberapa langkah agar ayam menjadi ganas dan galak. Selain beberapa hal penting yang telah disebutkan di atas, keganasan ayam aduan juga dipengaruhi oleh faktor perawatan dari pemiliknya. 

Terkadang peternak tanpa sengaja melakukan kesalahan saat merawat ayam sehingga menyebabkan kerusakan mental pada ayam. Berikut rahasia ayam aduan yang galak dan super agresif, di antaranya:

Memperhatikan makanan ayam

Dalam hal merawat ayam aduan, bagian terpenting yang harus dipenuhi adalah makanan. Seperti yang kita ketahui bahwa pakan ayam aduan berbeda dengan ayam jenis lainnya. Ada banyak kombinasi pakan dan nutrisi yang harus dipenuhi. Umumnya pakan khusus untuk ayam aduan yang biasanya diberikan adalah jagung, beras merah, nasi putih, gabah, dan pakan tambahan utama lainnya.

Pakan Penguat Nutrisi

Ayam aduan membutuhkan banyak asupan nutrisi agar saat berkelahi tidak kehabisan stamina. Konon katanya ada beberapa makanan tambahan yang diyakini memiliki khasiat ampuh untuk adu ayam bangkok. Seperti daging kambing, jangkrik, tikus muda, kecoa, siput dan makanan hidup lainnya. Telah lama dipercaya bahwa dengan memberikan hewan hidup, ayam aduan akan lebih ganas dan agresif.

Apa Rahasia Membuat Ayam Petarung Ganas dan Agresif?

Sayur dan buah

Beberapa penghobi ayam aduan mengabaikan manfaat sayur dan buah untuk ayam aduan. Sebenarnya manfaat buah dan sayur tersebut memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas ayam aduan di ajang adu domba. Selain untuk memenuhi asupan nutrisi ayam, buah dan sayur bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan imunitas ayam terhadap penyakit.

Obat tradisional (jamu)

Kalangan botoh di tanah air biasanya menyebut ramuan obat tradisional dengan istilah jamu adu ayam. Jamu adalah ramuan yang terbuat dari bahan atau bumbu alami. Pengertian dan kepercayaan akan khasiat jamu untuk ayam aduan telah diturunkan dari generasi ke generasi, sehingga pemberian jamu ini sudah ada sejak jaman dahulu kala. Beberapa bahan yang bisa Anda buat jamu antara lain telur ayam, madu, gula merah, kunyit dan bahan lainnya.

Obat kimia untuk ayam ganas (doping)

Selain ramuan obat tradisional, anda juga bisa meningkatkan mentalitas ayam aduan dengan obat kimia atau yang biasa disebut doping. Saat ini penggunaan doping untuk ayam aduan sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan botoh. Banyak sekali merk doping yang dijual dipasaran, baik doping ayam import maupun buatan dalam negeri. Doping memiliki efek instan dan instan sehingga banyak orang yang menggunakannya.

Latihan fisik

Latihan fisik dalam adu ayam berguna untuk membangun otot dan melatih stamina ayam agar lebih kuat. Kebanyakan botoh memberikan latihan fisik di pagi hari sebelum ayam bangkok dimandikan. Dengan latihan ringan seperti memutar leher, latihan sayap dan lompat bisa memperkuat otot ayam. Latihan ini tidak boleh sembarangan, Anda perlu memperhatikan tingkat kesulitan latihan dengan durasi latihan agar ayam kesayangan Anda tidak rusak.

Apa Pelatihan Cliter dalam Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif?

Latihan Cliter

Cliter merupakan metode melatih mentalitas ayam aduan yang bisa dibilang unik. Caranya cukup sederhana, Anda bisa menggunakan dua ekor ayam jantan kemudian memasukkan salah satu ayam ke dalam kandang ganda. Kemudian biarkan ayam jago lainnya di luar, dengan begitu ayam di luar akan mencoba mencari celah untuk bertarung.

Pelatihan kliter sangat berguna untuk membuat ayam aduan Anda semakin ganas dan agresif. Bagian terpenting dari latihan ini adalah memperhatikan durasinya, idealnya 10-15 menit ayam. Jika terlalu lama dikhawatirkan ayam justru akan rusak karena latihan ini tergolong latihan yang berat.

Pelatihan Abar (Bersaing)

Sparing atau yang biasa dikenal dengan sebutan latihan abar adalah latihan adu yang dilakukan dengan ayam lain untuk melatih dan meningkatkan kualitas ayam aduan. Sparing sangat bermanfaat untuk melatih otot, mental, dan pengalaman adu ayam bangkok. Pelatihan baru ini hanya disarankan untuk ayam yang sudah cukup umur, sehat dan dalam kondisi prima.

Kesalahan dalam pelatihan Ayam Aduan menyikat bisa berdampak buruk bagi ayam, misalnya ayam bisa menjadi urat, kehilangan mentalnya, bahkan ayam bisa menjadi cacat. Oleh karena itu sebagai seorang botoh sebaiknya lebih berhati-hati saat melakukan sparring, ada baiknya jika menggunakan pengaman seperti jalu wraps atau plester.

Baca Juga7 Jenis Jamu Ayam Aduan yang Paling Banyak Digunakan

Nah, itulah artikel kali ini tentang Rahasia Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif saat berada digelanggang arena. Semoga dapat menjadi inspirasi para penghobi ayam, dan pencinta ayam bangkok, birma, dan jenis ayam aduan lainnya.

Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "Rahasia Membuat Ayam Aduan Ganas dan Agresif"