Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Umpan Ikan Sepat Siam Jitu di Rawa

Gambar Ikan sepat siam babon super jumbo

Cara Membuat Umpan Ikan Sepat Siam Jitu di Rawa - Sekarang ini, para pemancing mulai tertarik untuk memancing ikan sepat, karena banyak dijumpai di sungai, rawa, kolam, waduk dan tempat yang banyak tergenang air.

Sedangkan minat untuk mengkonsumsi ikan ini mulai tinggi di kalangan masyarakat, selain dagingnya yang enak dan gurih saat dimakan juga mengandung banyak manfaat untuk tubuh kita. 

Ikan Sepat Siam Merupakan ikan yang hidupnya suka bergerombol dan berkumpul pada suatu tempat, sehingga memungkinkan kita para pemancing mendapatkan banyak ikan sepat hanya dalam satu lubuk. Ikan sepat biasa kadang ikut juga terpancing, kadang sesaat ikan sepat ini sifatnya suka muncul dipermukaan air untuk menghirup udara. Terlihat mulut ikan yang muncul dipermukaan air saat menghirup udara.

Jika anda berminat untuk memancing sepat siam ini, tentulah banyak hal yang harus diperhatikan. Hal yang utama adalah alat pancing, umpan yang cocok dan disukai oleh ikan sepat ini. Nah, kali ini saya akan membagikan kepada kalian para pemancing tentang berbagai jenis umpan yang jitu dalam memancing ikan sepat siam ini. Umpan apa sajakah itu? Yuk simak terus pembahasan saya ini.

Jenis Umpan Yang Disukai Ikan Sepat Siam di Rawa

Makanan atau umpan mancing ikan sepat siam yang paling disukai, berdasarkan pengalaman dari beberapa angler yaitu :

1. Cacing

Cacing merupakan umpan yang paling disukai oleh semua ikan, tak salah jika kita menggunakan umpan yang satu ini. Ada hal yang harus anda perhatikan dalam memasang umpan cacing ini, yaitu anda harus memasang umpan yang kecil saja, cukup sebesar mata kail anda. Dikarenakan mulut ikan sepat kecil, maka umpan anda akan cepat langsung ditelan.

2. Umpan Lumut

Cara membuat umpan lumut untuk sepat siap adalah dengan memberinya lumut yang masih muda, hijau dan lembut. Anda dapat mencampurkan tambahan penyedap masakan seperti royko, masako untuk menambah aroma dan rasa dalam mengundang  ikan sepat siap untuk datang.

3. Ulat Bambu

Ulat bambu juga merupakan makanan kesukaan ikan, tak hanya sepat siam saja tetapi jenis ikan lain seperti betok, lele, lembat, gabus, gurame dan masih banyak lagi. Sangat bagus jika anda membawa umpan ini sebagai umpan cadangan dalam memancing. Khusus untuk memancing sepat, anda harus memotong kecil umpan ini agar mudah ditelan ikan.

4. Daging Ayam

Ternyata daging ayam merupakan salah satu umpan yang disukai ikan sepat siam, selain mudah didapatkan dan tidak repot untuk mencarinya. Umpan ini merupakan umpan yang selalu dipakai para pemancing karena simpel dan mudah. Anda cukup memotong kecil kecil daging ayam menggunakan gunting sesuaikan dengan mata kail anda agar mudah dimakan ikan.

5. Laron

Umpan yang satu ini juga sangat rekomendasi untuk memancing ikan sepat siam, laron juga banyak disukai ikan sungai, seperti siluang dan wader. Tetapi umpan ini sangat susah untuk didapat, karena hanya musiman saja serangga ini datang kerumah kita.

6. Usus Ayam

Siapa sangka usus ayam juga dapat digunakan untuk memancing ikan sepat siam, anda cukup memotong kecil-kecil usus ayam dan sesuaikan dengan mata kail untuk memasangnya. 

7. Telur Semut atau Kroto

Jika anda mendapatkan kroto atau telur semut, tidak ada salahnya untuk menggunakannya untuk memancing ikan sepat, anda dapat membelinya langsung di toko pancing. Biasanya mereka menyediakan umpan ini.

8. Kerupuk dan Bakwan

Walaupun terdengar aneh, tetapi anda jangan sepele dengan umpan ini. Ternyata ikan sepat siam juga mau memakan umpan seperti ini. Minyak yang terkandung dari kerupuk dan bakwan menarik ikan sepat siam untuk datang dan memakan umpan kita. Tidak ada salahnya, selain untuk makan kita, juga kita pakai sebagai umpan.

Lubuk Ikan Sepat Siam Babon

Biasanya ikan sepat siam babon ini hidup secara bergerombol dan menyukai tempat-tempat yang banyak tumbuhan airnya seperti eceng gondok, kangkung ataupun jenis rumput yang hidup diatas air. Anda dapat membuat lubang ditengahnya dengan diameter sejengkal saja. Biarkan disamping lubang tetap semak, anda dapat memancing dilubang tersebut.

Waktu Yang Tepat Memancing Ikan Sepat Siam

Ikan sepat akan memakan umpan kita saat sinar matahari terlalu panas, carilah tempat yang teduh. Biasanya sepat siam akan semakin galak jika waktu semakin sore hari.

Cara Jitu Memancing Ikan Sepat Siam Agar Dapat Banyak

  • Sesuaikan mata kail pancing anda, gunakanlah yang nomor 1, 2 atau 3. Karena mulut ikan sepat sangatlah kecil
  • Gunakanlah ukuran senar pancing yang tipis, seperti nomor 16 ataupun 18 sudah cukup.
  • Gunakan timah yang kecil saja, biasanya saya pakai peluru tembak senapan
  • Gunakan pelampung yang kecil saja, yang model lancip agar lebih sensitif saat dimakan ikan, ketika pelampung sudah mulai bergerak turun, langsung sentak saja jangan menunggu lama
  • Gunakan umpan yang dapat mengumpulkan ikan, seperti pelet, minyak makan kelubang sehingga ikan akan berdatangan
  • Gunakanlah joran tegek yang biasa saja, dengan harga yang murah untuk memancing ikan sepat siam, karena ikan ini tidak terlalu kuat dalam menarik joran.

Bagaimana, apakah anda sudah memahami dari apa yang saya bahas ini? Mudah-mudahan dengan anda membaca artikel ini, dapat menambah inspirasi dalam memancing ikan sepat siam ini. Mungkin sampai disini pembahasan kita kali ini tentang cara membuat umpan sepat siam serta jenisnya untuk memancing dirawa. Terima kasih

Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "Cara Membuat Umpan Ikan Sepat Siam Jitu di Rawa"