Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula

Membuat vlog di YouTube adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang saat ini. Tidak jarang, ada yang menggunakannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Vlog adalah tren orang muda saat ini sebagai sarana eksistensi diri dan meningkatkan jumlah pelanggan.

Inilah Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula

Membuat vlog untuk pemula dapat dilakukan dengan kolega. Selain mempermudah pekerjaan, memiliki pasangan juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan kebahagiaan.

Karena vlog adalah forum untuk menampung bakat serta tujuan finansial, maka lakukan apa pun yang terbaik dalam hal waktu untuk biaya pada tahap ini.

4 Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula


Berikut adalah cara ampuh untuk membuat vlog dan menggunakannya. Tidak hanya berkutat pada masalah teknis, vlogs juga terkait dengan kondisi vlogger. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas dan menjaga konsistensi vlog tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yuk simak berikut ini :

Cara Efektif untuk Membuat Vlog dan Menggunakannya

1. Buat Rencana

Sebelum mengambil kamera dan melakukan vlogging untuk saluran YouTube untuk pertama kalinya, perlu dicatat bahwa rencana tersebut harus dilakukan sejak awal.

Persiapkan kertas dan pena untuk melakukan brainstorming dan menulis berbagai rencana. Ajukan pertanyaan penting tentang vlog dan jawab dengan percaya diri.

2. Nyatakan Alasan untuk Membuat Vlog

Alasan untuk membuat vlog bagi sebagian orang belum tentu sama. Namun, bagi Anda yang ingin membuat vlog, tujuan membuatnya akan sangat berpengaruh untuk masa depan saluran.

Apakah Anda ingin menjadikan vlog ini jalur karier yang terpisah atau hanya untuk bersenang-senang dan aktualisasi diri? Jawaban untuk masalah itu akan menjadi jawaban tentang apa yang harus dilakukan vlogger.

Jika Anda ingin menjadi vlogger profesional, pikirkan berapa banyak waktu yang dialokasikan untuk saluran YouTube. Baik harian, mingguan atau bulanan. Ini akan membantu menetapkan apa yang Anda lakukan untuk merawat vlog.

Tetapi jika keinginan Anda hanyalah untuk mengembangkan hobi, maka Anda seharusnya tidak berharap terlalu banyak untuk mendapatkan prestasi yang terlalu tinggi.

Tidak seperti yang dilihat oleh banyak orang, menjadi seorang vlogger membutuhkan waktu yang lama dan konsentrasi tinggi hingga dapat ditarik oleh banyak orang.

3. Jelaskan Identitas Industri atau Grup Sosial

Apa yang akan diunggah di saluran Anda? Memilih grup industri atau sosial dalam vlogging akan membantu seseorang dalam menentukan fokus utama yang paling mereka inginkan.

Jika vlogger tidak serius di bidang itu, maka keinginannya tidak akan tinggi dan kualitas vlog akan menurun.

Namun sebaliknya jika seseorang sangat antusias dengan tema tersebut, maka kemampuan mereka akan berkembang dan masih bisa bekerja walaupun mereka memiliki ide yang minim.

Meskipun mengacu pada tren saat ini, jika pilihan bidang atau topik vlog tidak menarik bagi diri sendiri, akan sulit untuk mengembangkannya dalam bentuk vlog secara berkelanjutan.

Anda akan cepat bosan dan hanya mengunggah sebagai syarat agar vlog diperbarui. Tapi tidak ada kebahagiaan di dalamnya.

Jadi, memilih kelompok industri atau sosial dalam vlogging akan membantu proses branding dan membangun audiens juga.

4. Melakukan Penelitian Audiensi

Kepada siapa Anda membuat vlog? Siapa audiens target yang Anda inginkan. Misalnya, vlogger horor akan mencari pecinta horor.

Begitu pula untuk vloggers kecantikan, interior, atau memasak. Jadi, buat hal kesukaan pemirsa apa yang Anda inginkan sebagai pelanggan Anda. Lakukan proses curah pendapat dan jelaskan semua kriteria audiens vlog.

Nah, itulah tips yang bisa anda lakukan untuk membuat vlog di youtube, semoga bisa menjadi tambahan ilmu untuk anda yang menyukai dunia youtube.

Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "Inilah Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula"