Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Jenis Ayam Bangkok Paling Diminati Botoh Lawas

Ayam Bangkok merupakan ayam yang biasa digunakan untuk aduan. Juga disebut sebagai ayam jagoan karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan ayam-ayam yang lainnya. Selain itu, ayam satu ini memiliki karakter pantang menyerah dan tangguh.

Jenis Ayam Bangkok Paling Diminati Botoh Lawas

Banyak yang mengira bahwasanya Ayam Bangkok berasal dari Bangkok, Thailand. Namun sesungguhnya, ayam ini merupakan varietas asli negeri Tirai Bambu yang pertama ditemukan pada tahun 1400 SM.

Jenis - jenis Ayam Bangkok yang Paling Diminati

Ternyata, Ayam Bangkok yang biasa digunakan untuk aduan ini memiliki cukup banyak jenis. Setiap jenis memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing. Apa saja itu? Langsung saja simak ulasan nama nama Ayam Bangkok paling populer berikut ini :

1. Ayam Bangkok Wiring

Ayam Bangkok Wiring merupakan salah satu ayam aduan yang memiliki ciri-ciri warna bulu rawis merah dengan ekor kuning kemerahan. Ayam Bangkok jenis ini sangat mudah ditemukan dan terbagi lagi menjadi beberapa jenis lagi yaitu wiring geni, wiring kuning, dan wiring galih.

2. Ayam Bangkok Wangkas

Ayam Bangkok Wangkas merupakan salah satu jenis ayam aduan terbaik saat ini. Memiliki warna dasar kuning kemerahan seperti api atau keemasan dari tubuh sampai bagian rawisnya. Warnanya yang seperti api ini membuat Ayam Bangkok Wangkas begitu disegani sehingga sering digunakan untuk aduan.

3. Ayam Bangkok Jali

Jenis Ayam Bangkok berikutnya yang banyak diminati adalah Ayam Bangkok Jali. Ayam ini tergolong langka sehingga nilai jualnya sangat tinggi. Karekteristik Ayam Bangkok Jali yaitu bulu berbintik dengan warna hitam, putih, dan merah.

4. Ayam Bangkok Pakhoy

Tak kalah dengan jenis lainnya, Ayam Bangkok yang satu ini cukup populer di masyarakat Indonesia. Warna dasarnya hitam dengan warna rawis merah kecoklatan. Salah satu keunggulan dari ayam petarung ini adalah memiliki kecepatan yang cukup baik layaknya Ayam Burma dari Myanmar.

5. Ayam Bangkok Blorok

Jika melihat sekilas, mungkin Anda berpikiran jika Ayam Blorok adalah Ayam Jali padahal keduanya jelas tidak sama. Salah satu perbedaan yang terlihat jelas adalah bintik-bintik jali lebih rapi dibandingkan blorok. Ayam Bangkok Blorok didominasi warna putih.

Ayam Blorok memiliki beberapa jenis lagi, namun yang paling diincar adalah Blorok Madu. Sebab, ayam ini memiliki keunggulan dalam hal berduel dengan ayam lainnya. Cerdas dalam bertarung, daya tahan yang kuat, serta mampu mengidentifikasi kelemahan lawan.

6. Ayam Bangkok Klawu

Jenis ayam Bangkok berikutnya adalah Ayam Klawu yang memiliki warna dominan abu-abu. Jangan salah, meski warnanya terlihat kalem tetapi hewan satu ini tetap terlihat garang ketika bertarung. Walau posturnya tidak terlalu bagus, namun Ayam Bangkok Klawu memiliki pukulan yang sangat kuat.

Selain itu, ketika bertarung ayam ini terlihat tenang dan tidak mudah panik. Tak hanya itu saja, Ayam Klawu juga tidak mudah lelah meski bertarung dalam waktu yang cukup lama. Wajar saja jika ayam aduan ini banyak yang menyukainya walau tidak terlihat menakutkan.

7. Ayam Bangkok Jragem

Kalau yang satu ini warna tubuhnya didominasi oleh warna hitam sehingga terlihat sangat gagah. Bahkan bukan cuma tubuhnya saja dari kepala, leher, hingga rawisnya semua berwarna hitam pekat. Akan tetapi untuk saat ini Ayam Jragem cukup langka sehingga harga jualnya sangat tinggi.

Jika ayam ini terus menerus dilatih, membuatnya semakin kuat dalam bertarung sehingga bisa mengalahkan musuhnya. Untuk di Indonesia sendiri, yang paling banyak digunakan adalah hasil persilangan antara ayam bangkok dengan ayam kampung cemani.

Baca Juga : 4 Ciri - ciri Ayam Birma Betina Yang Bagus Untuk Indukan

Itulah beberapa jenis-jenis Ayam Bangkok yang paling banyak diburu botoh lawas dan memiliki kekuatan yang super. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa jadi referensi terbaik bagi Anda yang ingin memelihara Ayam Bangkok.

Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "7 Jenis Ayam Bangkok Paling Diminati Botoh Lawas"