Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Gmail Yang Penuh

Gmail adalah layanan surat web milik google, dengan adanya gmail kita dapat bertukar informasi dengan mudah. Kita juga dapat mengirim file dokumen, gambar bahkan vidio.

Bagi anda pengguna akun gmail dan sangat aktif dalam menyimpan data secara online pastilah akan menghadapi hal dimana ruang penyimpanan gmail penuh.

Saat anda mulai membuka akun Gmail, kita hanya di beri ruang penyimpanan sebesar 15Gb secara gratis. Jika anda ingin ruang yang lebih besar lagi, maka anda harus membelinya.

Apa yang akan terjadi apabila akun gmail kita jika ruang penyimpanannya penuh, maka anda tidak akan bisa mengirim ataupun menerima pesan dari seseorang melalui gmail tersebut.

Apalagi sekarang ini semuanya serba online, pastilah kita membutuhkan ruang penyimpanan yang besar pula dan pastinya akan berbayar. Jika anda tidak ingin melakukan upgrade ruang penyimpanan, anda cukup melakukan penghapusan data yang dianggap data itu tidak penting.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Gmail Yang Penuh

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Gmail (Google Drive) Yang Penuh


Bagaimana cara menghapus data tersebut, agar ruang penyimpanan pada Gmail kita menjadi berkurang dan dapat kita gunakan untuk mengirim dan menerima data kembali. Yuk kita langsung bahas bersama :

1. Pastikan anda sudah membuka akun gmail anda, dan menemukan notifikasi seperti dibawah ini :
Gambar notifikasi ruang penuh gmail


2. Lalu pada notifikasi anda klik Kosongkan Ruang, maka anda akan dibawa pada gambar seperti dibawah ini :
gambar kolom bantuan google

Pilih opsi Menghapus file menurut ukuran di Google Drive - Lalu klik melihat file yang diurutkan dari ukuran terbesar hingga terkecil - seperti yang saya kasi tanda merah.

3. Kita akan dibawa ke halaman Google Drive dari email kita. Dan ternyata banyak sekali video dan file yang ukuran besar memenuhi ruang penyimpanan. Dan Storage kita merah 99%.

Tampilan halaman google drive full

4. Anda dapat memilih file mana yang tidak penting lalu anda dapat menghapusnya. Setelah file terhapus, kita masih ada tugas lagi, yaitu menghapusnya pada Trush (gambar tong sampah). Masih terlihat Storage masih 99% lagi.

5. Untuk menghapus file pada Trush caranya tetap sama, drag semua sampah lalu Delete Forover. Lalu Refresh halaman browser anda. Dan hasilnya seperti dibawah ini :

Sudah terlihat sekarang storage terpakai hanya 3 GB dari yang di sediakan 15 GB, yang artinya anda dapat mengirim ataupun menerima email kembali.

Lakukan hal yang sama jika akun Gmail anda penuh lagi, caranya tetap sama tinggal anda ikuti saja pelan-pelan dan sangat mudah untuk dipahami pastinya.

Itulah tutorial yang dapat saya sampaikan Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Gmail Yang Penuh, semoga cara ini dapat membantu anda. Jika anda mendapat kendala saat mencoba cara diatas, mohon tinggalkan pada kolom komentar sebisa mungkin saya akan coba untuk membantunya. Terimakasih
Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

2 comments for "Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Gmail Yang Penuh"

  1. Terima kasih atas sharingnya, sekarang ruang penyimpanannya sudah tidak penuh lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung.. semoga dapat membantu

      Delete