Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah SEO Youtube Agar Ramai Untuk Pemula

Cara Mudah SEO Youtube Agar Ramai Untuk Pemula - Sejak beberapa tahun terakhir, aplikasi Youtube semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Tidak sedikit yang akhirnya mengikuti menjadi YouTuber dengan membuat akun di aplikasi.

Aplikasi Youtube awalnya muncul pada 2005 oleh Chad Hurley dan Steve Chen dan Jawed Karim. Ketiganya bekerja sama di perusahaan Paypal yang terkenal sebelum meninggalkan dan mendirikan Youtube. Disini akan kami jelaskan tips mudah untuk SEO Youtube.

Gagasan mendirikan Youtube dimulai karena sulit untuk berbagi video. Berangkat dari ide ini, Youtube juga berdiri dan perlahan-lahan mengembangkan sayapnya. Perkembangan Youtube sebagai tempat untuk berbagi video terus berinovasi hingga kini semakin dikenal luas. Youtube secara teratur memperbarui untuk meningkatkan kualitas dan kualitas penggunaannya.

Cara Mudah SEO Youtube Agar Ramai Untuk Pemula

Cara Mudah SEO Youtube Agar Ramai Pengunjung Untuk Pemula


Banyaknya orang yang membuat akun dan mengunggah video membuat beberapa pemula merasa rendah diri karena mereka takut tidak banyak yang akan menonton unggahan mereka. Jika Anda merasa menjadi bagian dari pembuat konten pemula ini, tidak ada salahnya Anda menggunakan algoritma mesin pencari (SEO YouTube) untuk menangkap lebih banyak pemirsa tanpa bergantung pada jumlah subs yang Anda miliki.

Jika Anda benar-benar ingin membuat akun dan tidak hanya bergabung, perhatikan langkah-langkah SEO di Youtube di bawah ini.

Jumlah Tampilan dan Waktu Tonton Video

Perlu Anda ketahui, bahwa jumlah tampilan (views) akan lebih dihitung oleh YouTube daripada total pelanggan meskipun masih dibutuhkan. Semakin banyak jumlah penayangan video, peringkatnya juga akan perlahan naik.

Waktu rata-rata untuk menonton video di Youtube dapat dilihat berdasarkan grafik Analytics. Anda akan melihat bagaimana kinerja saluran sejak pertama kali dibuat.

Waktu menonton rata-rata pengguna juga dapat dilihat dari kartu analisis di Youtube Studio pada saluran. Di sana akan ditampilkan data komparatif terkait dengan durasi dan jumlah tampilan, serta grafik terperinci.

Apa Saja yang Harus di Perhatikan Saat Optimasi SEO Youtube?


Melakukan Riset untuk Kata Kunci

Hal yang utama adalah melakukan riset kata kunci yang nantinya akan kita jadikan judul pada konten. Carilah judul yang anda kuasai agar memudahkan anda dalam membuat konten youtub.

Berikut adalah cara mudah untuk melakukan riset kata kunci untuk optimisasi pemirsa di platform berbagi video seperti YouTube.

Pentingnya menentukan kata kunci

Apa yang dilakukan kebanyakan orang saat mencari video? Ya, jawabannya adalah kata kunci. Sama seperti artikel, mencari konten menggunakan kata kunci dapat menjadi referensi dasar Anda untuk judul apa yang akan Anda buat di video berikutnya.

Menurut salah satu pakar seo, kata kunci pencocokan tepat dalam judul video YouTube akan membantu konten Anda muncul pada kata kunci ini.

Tentukan jumlah potensi pemirsa vs kekuatan saluran

Kenali daya saing saluran Anda di mesin pencari YouTube. Artinya, jika Anda ingin memilih kata kunci, pilih satu yang memang bersaing dengan hasil pencarian video sesuai dengan tingkat saluran yang Anda miliki.

Meskipun pencarian untuk kata kunci tertentu tinggi, ini belum tentu berpotensi untuk saluran Anda. Jika memungkinkan, cari kata kunci pencarian yang belum memiliki video yang menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, hampir pasti bahwa video yang Anda buat akan muncul di mesin pencari.

Alat untuk riset kata kunci

Ada berbagai cara untuk melakukan riset kata kunci di Youtube. Cara pertama adalah menggunakan alat atau alat khusus untuk mencari kata kunci ini. Beberapa contoh alat ini adalah aplikasi keywordtools.io, VidIQ, SEMrush, Ahrefs, untuk plugins atau ekstensi di browser yang adalah Kata Kunci Everywhere.

Alat yang paling kami rekomendasikan adalah Ahrefs premium yang cukup akurat berdasarkan aktivitas perayap yang dikatakan paling aktif kedua di dunia setelah Googlebot.

Riset kata kunci manual

Selain metode di atas, Anda juga dapat melakukan SEO Youtube dengan metode manual untuk riset kata kunci dengan memanfaatkan bidang pencarian. Yang harus Anda lakukan adalah mengetikkan kata kunci yang diambil secara kasar di bidang pencarian YouTube. Berikutnya, beberapa baris saran kata kunci akan muncul yang dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk pembuatan konten video selanjutnya yang berkaitan dengan video sebelumnya.

Dibawah ini contoh kata kunci yang diberikan pada pencarian Youtube itu sendiri, anda dapat menyesuaikan dengan kata kunci yang akan anda cari.

suggest kata kunci pencarian youtube


Mungkin sampai disinilah cara membuat seo youtube agar cepat ramai pengunjung di chanel anda. Semoga dapat menambah referensi anda dan sukses terus buat chanelnya. Yang utama adalah konsisten dalam membuat konten yang menarik. Terimakasih..
Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "Cara Mudah SEO Youtube Agar Ramai Untuk Pemula"