Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Ciri - ciri Ayam Birma Betina Yang Bagus Untuk Indukan

Dalam memilih indukan dalam beternak ayam birma ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Agar nantinya peternakan kita semakin berkwalitas Kedepannya. Harga Ayam aduan akan menyesuaikan berdasarkan kwalitas ayam yang akan kita hasilkan.

Disini saya akan menjelaskan cara memilih induk ayam birma yang bagus untuk dijadikan indukan di kandang anda. Semakin baik indukan yang kita punya, maka akan semakin baik pula kwalitas ayam-ayam yang akan dihasilkannya.

ciri Ayam Birma Betina Yang Bagus Untuk Indukan

Itu semua akan membuat kita semakin dicari dalam perkembangan ayam aduan di Indonesia yang sekarang ini mulai ramai dan perkembangannya pun sangat signifikan.

Inilah ciri-ciri ayam birma, burma atau pama betina yang bagus menurut mimin ya teman-teman.

Yuk simak dibawah ini :

Cara Menentukan Indukan Ayam BirmaYang Bagus


1. Trah / Garis Keturunan

Cara memilih ayam birma betina yang bagus pertama kita lihat trah keturunannya, tidak hanya ayam birma saja ayam aduan jenis lainnya juga sama seperti itu. Ayam dari trah juara akan memberikan peluang lebih besar dalam menghasilkan keturunan yang bagus pula.

Dibandingkan kita hanya memilih indukan yang asal pilih saja, ini pasti kita akan sulit untuk menentukan kwalitas kedepannya. Jadi, teman-teman harus perhatikan betul trah dari ayam tersebut.

2. Postur / Bentuk Badan

Ayam birma dikenal akan kelincahannya, maka dari itu pilihlah ayam birma betina dengan postur yang ideal. Adapun betina yang bagus yaitu ukuran tubuhnya yang ramping dan tidak terlalu membungkuk. Bentuk tubuh seperti itu sangat berpengaruh terhadap keturunan yang akan dihasilkan nantinya.

3. Bentuk Bagian Kaki

Bentuk bagian kaki merupakan hal yang paling utama saat dilihat oleh kalangan pecinta ayam aduan. Pilihlah ayam betina birma dengan kaki yang panjang, pipih dan denan tekstur sisik yang keras. Lalu jari-jari kaki harus kecil dan panjang atau sering disebut juga kaki merit.

Dengan ciri-ciri seperti diatas pasti teman-teman dapat membayangkan bagaimana kwalitas ayam tersebut bukan,,,

4. Abar Langsung

Kalau teman-teman masih ragu dengan ketiga ciri diatas, dapat melakukan abar langsung. Dengan begitu kita akan tau bagaimana skil dan kekuatan ayam betina tersebut apakah masuk kriteria yang kita cari atau tidak.

Nah, itulah teman-teman semuanya tips singkat dari saya tentang menentukan ayam birma betina yang bagus dan baik untuk dijadikan indukan.


Jika dari teman ada masukan boleh ditinggalkan dalam kolom komentar dibawah. Semoga dapat membantu dan saya ucapkan terima kasih.


Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "4 Ciri - ciri Ayam Birma Betina Yang Bagus Untuk Indukan"