Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Meracik Umpan Lumut Ikan Nila Yang Bagus dan Jitu

Cara Meracik Umpan Lumut Ikan Nila Yang Bagus dan Jitu - Dalam memancing ikan nila tergolong tidak terlalu mudah karena ikan ini sulit untuk makan. Pastinya kita ingin mendapatkan hasil yang besar alias babon, untuk itu anda harus memiliki umpan racikan yang disukai sama ikan nila tersebut.
 
Cara Meracik Umpan Lumut Ikan Nila Yang Bagus dan Jitu

Apalagi Pemancing kolam, biasanya lebih suka menggunakan umpan pelet, namun menurut pengalaman saya umpan lumut tidak kalah bagus asalkan diracik dengan benar.

Ikan akan memakan apa yang di sediakan di sekitarnya, misalnya ikan kolam yang sudah terbiasa di beri pakan pelet maka akan terasa asing jika diberi umpan selain itu.

Saran saya sebaiknya anda juga memakai umpan pelet yang utama, lain jika anda ingin memancing ikan nila liar. Maka sebaiknya anda mencoba pakan dari lumut yang telah diberi tambahan racikan yang membuat ikan tertarik untuk memakannya.

Racikan apa saja yang bisa kita buat agar ikan tertarik untuk memakan umpan kita? Disini kita akan bercerita tentang cara memancing ikan nila liar, tapi tidak menutup kemungkinan kalau ikan kolam juga suka dengan umpan ini.

Apa sajakah campuran umpan lumut yang bisa anda gunakan dalam memancing ikan nila liar?


1. Lumut Murni

Pada dasarnya ikan nila sangat suka lumut murni dan masih dalam keadaan segar, untuk itu pilihlah lumut yang masih bagus dan tidak busuk. Sebelum menggunakan lumut untuk memancing, biasakan untuk mencium terlebih dahulu apakah layak digunakan atau tidak.

2. Lumut Campur Essen

Banyak para memancing yang menambahkan lumut dengan Essen, baik itu wangi pandan, vanila ataupun durian. Karena ikan suka dengan wangi yang merangsangnya untuk memakan umpan kita. Sebaiknya dalam pemberian essen jangan terlalu banyak, yang ada ikannya malah tidak suka nantinya.

3. Lumut Campur Royco, ajinamoto, sasa, garam (bumbu masak)

Ada juga para pamancing yang menambahkan bumbu masak yaitu royco kedalam lumut mereka, cara ini juga tergolong ampuh dalam menarik perhatian dari ikan nila. Selain harganya yang murah dibandingkan dengan essen ternyata tidak kalah dalam menarik perhatian ikan untuk memakan umpan ini. Anda juga dapat mencoba racikan ini, selain mudah didapat juga murah bukan.

4. Lumut Campur Kopi Kapal Api Susu

Walaupun terdengarnya sedikit aneh, tapi umpan ini tidak bisa dianggap remeh, dengan hanya modal murah dapat meracik umpan ikan nila yang lumayan jitu. Kalau anda penasaran, silahkan dicoba, kalau anda masih ragu, jangan gunakan semua lumut dan sisakan untuk racikan yang lainnya seperti yang diatas saya jelaskan.

5. Lumut campur Pandan

Usahakan pandannya ditumbuk terlebih dahulu dan dikasi air secukupnya. Perasan air pandan itulah yang nantinya dibuat untuk campuran lumut untuk memancing ikan nila.

Cara Meracik Umpan Lumut yang Dicampur 
  • Siapkan Lumut Segar
  • Mangkuk, atau kaleng wadah
  • Air SecukupnyaBahan pencampur seperti Essen, Royco, dan lain lain yang saya sebutkan diatas.

Cara membuat : Masukkan lumut dalam wadah lalu beri air secukupnya, campurkan bahan racikan yang anda sukai.

Tempat Mencari Lumut Yang Bagus


Untuk mencari lumut yang bagus, anda dapat mencarinya di Sawah atau Sungai. Kalau anda dekat dengan persawahan ada baiknya untuk mencarinya di sekitar sawah yang tergenang airnya, pastinya disawah paling mudah dijumpai lumut.

Untuk di sungai memang sedikit sulit dalam mencarinya, tetapi lumut sungai memiliki kwalitas yang baik dan sangat di sukai oleh ikan nila.

Umpan Lumut Buatan Apakah Bagus?

Bagi anda yang tidak mau repot dalam memasang umpan, ada baiknya untuk memakai umpan lumut buatan yang pastinya sama seperti lumut pada umumnya yang dicampur dengan essen. Untuk menimbulkan aroma untuk memancing ikan dalam memakan umpan.

Walaupun seperti itu sebaiknya gunakan umpan asli dan segar agar ikan lebih tertarik untuk memakannya dan hasilnya pasti lebih bagus umpan asli dibandingkan dengan buatan.

Cukup sekian informasi yang dapat saya berikan, apabila ada masukan dari sahabat mancing semua, silahkan tinggalkan dikolom komentar, untuk saya terapkan nantinya. Terimakasih…
Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "Cara Meracik Umpan Lumut Ikan Nila Yang Bagus dan Jitu"