Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Sifat Ayam Aduan Yang Penakut

Mengatasi Sifat Ayam Aduan Penakut - Dalam dunia sabung ayam, ayam adu bangkok dengan mentalitas bertarung yang kuat tentunya akan menjadi salah satu modal penting yang diperlukan. Karena jika hanya dilengkapi dengan teknik bertarung tanpa mentalitas pertempuran yang hebat itu akan sia-sia.

Cara Mengatasi Sifat Ayam Aduan Yang Penakut
Sumber : Pixabay
Sayangnya tidak jarang sejumlah orang harus mendapatkan Sifat Ayam Aduan dengan mental bertarung yang lemah atau tidak berani bertarung. Apalagi, ayam aduan yang masih muda tentu akan menjadi masalah serius yang harus segera diatasi.

Pada dasarnya, mentalitas ayam jago sudah terbentuk sejak memasuki usia tujuh bulan. Meski memiliki fisik yang baik dan berusia lebih dari tujuh bulan, terkadang mental ayamnya masih belum terbentuk.

Dimana kejadian ini sendiri umumnya dapat disebabkan oleh sejumlah faktor mulai dari keturunan, mendapat tekanan dari ayam lain hingga kondisi lingkungan yang tidak nyaman.

1. Pemisahan Kandang Ayam


Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah memisahkan ayam dalam kandang yang berbeda dari yang lain. Tujuannya adalah agar ayam tidak tertindas atau berkelahi dengan ayam yang lebih kuat. Sebaliknya, jika dibiarkan dengan mental ayam yang lemah akan ditekan sehingga tidak berani bertarung.

Dan ketika saatnya tiba, ayam akan memilih untuk berlari daripada berkelahi. Oleh karena itu penting untuk memisahkan kandang untuk mencegah persaingan antara satu sama lain.

2. Tindakan Karantina


Pemilihan metode ini diterapkan ketika kondisi mental ayam dalam kondisi yang sudah sangat parah. Yaitu, ayam yang tidak memiliki keinginan untuk bertarung bahkan ketika dihadapkan dengan ayam atau ayam yang lebih muda. Karantina ayam akan membuatnya menghindari ayam atau hewan lain.

Dan ketika dilepaskan, ayam akan menjadi berani ketika berhadapan dengan ayam lainnya. Prosesnya sendiri tidak lama tetapi hanya membutuhkan beberapa minggu, untuk mengenali Orang dapat melihat perubahan sifat ayam dari tenang menjadi berani berkokok.

Bagaimana Cara Mengatasi Sifat Ayam Aduan yang Penakut?


  • Pemberian Obat Khusus

Masalah mental yang terjadi pada ayam juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada bagian dalam tubuh ayam, terutama di hati. Karena itu disarankan bagi orang untuk mencoba merawat tubuh ayam melalui pemberian obat herbal khusus yang berasal dari bahan alami. Diantaranya seperti dalam bentuk kunyit, gula merah, madu dan lainnya.
  • Pakan Ternak Hidup

Akhirnya dan telah banyak diterapkan oleh banyak orang tua sampai sekarang adalah melalui pemberian makan hewan hidup. Ini akan membuat mental ayam meningkat sehingga menjadi lebih agresif.

Untuk jenis pakan yang direkomendasikan sendiri seperti jangkrik hidup, katak hidup, anak tikus dan beberapa hewan lainnya. Adapun hadiahnya bisa membiarkan ayam mengejar mangsa mereka sehingga mereka berlatih mental.
  • Tambahan Latihan

Setelah semua proses sudah di lakukan maka ada tambahan untuk latihan ayam anda.
  • Latihan Menggunakan Boneka Ayam

Metode yang satu ini pada dasarnya masih jarang diketahui oleh banyak orang. Di mana penggunaan boneka ayam ini akan melatih pukulan dan mental anak ayam serta konsekuensi dari mendapatkan luka yang lebih kecil.
  • Latihan Ayun

Proses yang satu ini bertujuan untuk melatih keseimbangan ayam. Plus itu juga meningkatkan akurasi pukulan dan mengencangkan otot kaki dan sayap ayam.

Untuk aplikasinya bisa dilakukan dengan menyiapkan panjang kayu sekitar satu meter dan kemudian bentuknya menjadi ayunan.
  • Kesimpulan

Dengan beberapa perawatan khusus dan pelatihan serta karantina ayam aduan anda. Dipastikan dengan beberapa metode diatas, ayam anda berangsur-angsur menjadi kuat mental dan ingin bertarung.

Perlu diperhatikan, jangan paksa ayam anda untuk bertarung apabila mereka masih belum berani. Latih mereka lebih, dan gunakan metode diatas dengan beberapa tambahan metode sendiri

Dengan perlakuan yang tepat, dan baik. Ayam anda yang dulunya takut akan bertarung akan mulai bisa, dan ingin bertarung dengan lawan ayam lain. Ingat latih, dan gunakan metode diatas.

Baca Juga : Cara Menggemukkan dan Merawat Anak Ayam Bangkok

Nah, itu dia beberapa panduan untuk mengatasi Sifat ayam Aduan yang penakut. Semoga dengan beberapa panduan ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah ayam anda yang takut bertarung. Semoga berhasil.


Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "Cara Mengatasi Sifat Ayam Aduan Yang Penakut"