Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Umpan Kucur Baung Patin Dengan Sawit

Cara Membuat Umpan Kucur Dengan Sawit - Memancing ikan baung atau patin termasuk tergolong sulit, apalagi umpan yang kita pakai tidak disukai oleh ikan tersebut. Kita harus paham dengan umpan yang cocok untuk digunakan pada ikan tertentu dan juga tempatnya.

Beda tempat dan ikan, beda juga umpan yang cocok dan disukai oleh ikan itu juga. Kadang juga anda harus paham dengan kondisi air, apakah jernih atau keruh. Mancing pada saat malah hari atau siang juga berpengaruh dengan umpan juga.

Nah, kali ini saya akan membagi satu resep atau racikan umpan jitu untuk ikan baung atau ikan patin. Umpan ini selain mudah untuk dibuat, bahan-bahannya juga tergolong sangat mudah di dapat hanya dengan 1 bahan saja anda dapat membuat umpan kucur ini.

Apa sih umpan kucur itu? terkadang ada juga para pemancing pemula yang kurang paham dengan ungkapan seperti itu,, disini akan saya jelaskan sedikit tentang umpan kucur ini.

Umpan kucur adalah umpan hasil dari fermentasi atau umpan peraman. Karena disini kita akan membuat umpan dengan bahan dari kelapa sawit.

Hal penting dalam pembuatan umpan ini adalah proses menutup rapat-rapat umpan dalam wadah tertutup selama kurun waktu yang dinginkan. Satu minggu adalah waktu minimal untuk menghasilkan kualitas umpan yang baik. Semakin busuk umpan tersebut, maka semakin baik untuk dijadikan umpan ikan baung atau patin.

Cara Proses Pembuatan Umpan Kucur dari Buah Kelapa Sawit


Untuk membuat umpan kucur ini, bahan yang harus disiapkan adalah buah sawit segar sekitarn 1 kg. Siapkan juga plastik besar untuk membungkus, atau ember dengan penutup yang rapat. Lalu sediakan juga kain untuk memeras dan mengeringkan minyak nantinya.

1. Siapkan buah sawit segar

buah sawit segar

2. Bungkus sawit tersebut dengan plastik putih besar, atau bisa juga dengan wadah lain dan tutup dengan rapat lalu simpan ditempat yang aman.

proses pembungkusan

3. Lakukan Fermentasi selama satu minggu hingga menjadi seperti gambar dibawah ini :


hasil peraman atau fermentasi


4. Pisahkan antara daging sawit dan bijinya, yang kita gunakan hanya dagingnya saja, lalu masukkan dalam wadah dan tumbuk hingga seperti ini.

sawit tumbuk

5. Setelah seperti gambar diatas, lakukan pemerasan dengan kain bekas. agar kadar minyaknya berkurang.


pemerasan sawit


6. Setelah anda rasa cukup, ganti kain bekas dengan yang lain. lalu bungkus dan tindih dengan batu agar proses pemadatan umpan terjadi.

pembungkusan akhir

7. Simpan selama 3 sampai 5 hari, setelah itu umpan bisa digunakan untuk mancing,

pemasangan umpan kucur pada kail


Bagaimana menurut teman-teman semuanya, sangat mudah bukan untuk diterapkan cara meracik umpan sawit ini. Semoga anda mendapat hasil yang baik saat memancing. Ikuti step step diatas dengan benar, agar hasil dari fermentasi lebih bagus dan maksimal. 


Semoga umpan sawit ini dapat menjawab masalah teman-teman yang ingin mancing ikan baung tetapi dengan bau yang tidak menyengat seperti umpan-umpan baung lainnya. Jika ada pertanyaan dan masukan dari teman semua silahkan tinggalkan pada kolom komentar, terimakasih...

Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

2 comments for "Cara Membuat Umpan Kucur Baung Patin Dengan Sawit"

  1. ada tambahan Bahan lain nya Tidak ya ,kalau Untuk Sawit saja yang sudha di fermentasi apa tidak hancur pas waktu umpan di lempar terkena air dan arus air

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada campuran lainnya pak,, tidak akan mudah hancur,, karena serat dari sawit sangat kuat mengikat umpan,,

      Delete