Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Jenis Umpan Mancing Ikan Betok Di Rawa Air Keruh

Memancing ikan betok babon di rawa dengan air keruh memanglah tergolong susah. Apalagi umpan yang kita buat tidak sesui yang di inginkan ikan, pastilah kita akan kesulitan untuk strike. Disini saya akan membagikan resep rahasia beberapa umpan jitu yang biasa pemancing pakai untuk memancing ikan betok agar galak.

Gambar Ikan Betok babon jumbo

Kadang ada yang bertanya, seperti apakah ikan betok itu?


Ikan Betok adalah nama sejenis ikan yang umumnya hidup liar di perairan tawar. Ikan ini juga dikenal dengan beberapa nama lain seperti bethok atau bethik (Jw.), puyu (Mly.) atau pepuyu (bahasa Banjar). Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai climbing gouramy atau climbing perch, merujuk pada kemampuannya memanjat ke daratan. Nama ilmiahnya adalah Anabas Testudineus.

Ciri-ciri ikan ini adalah badannya yang keras dan berwarna kehijauan serta memiliki sisik yang keras serta duri yang tajam di bagian punggungnya. Ikan ini juga tahan dikekeringan air, Jadi saat dapat ketika memancing ikan ini akan tahan sampe kita pulang kerumah dan ketika diberi air ikan ini akan hidup lagi.

Ukuran Mata Kail Untuk Mancing Ikan Betok


Kadang saat akan memancing ikan betok kita bingung untuk menentukan ukuran mata kail yang cocok saat memancing ikan betook. Karena ukuran ikan betook yang tidak terlalu besar, maka sebaiknya ukuran mata kail yang sobat gunakan adalah nomor 6 atau bisa yang lebih kecil lagi menyesuaikan ukuran rata-rata ikan yang didapatkan.

Joran Yang Digunakan Untuk Memancing Ikan Betok


Adapun joran yang paling baik untuk memancing ikan betook adalah joran tegek dengan panjang 3 meter. Dengan joran yang panjang, anda dapat menjangkau tempat sarang ikan berkumpul dan anda tidak akan mengganggu ikan.

Apabila anda terlalu dekat dengan sarang target ikan betook, maka ikan akan lari dan susah untuk makan. Gunakan pelampung yang sedang saja, jangan terlalu besar agar saat dimakan ikan akan terlihat jelas pelampung bergerak.

Jenis Umpan Yang Paling Disukai Ikan Betok Air Rawa Keruh


Makanan Ikan Betok Jumbo atau babon Paling Disukai Adalah jangkrik, kroto, cacing, laron, Mie Instan, Kangkung, dan Ulat Bambu. Teman-teman dapat memilih salah satu dari beberapa umpan diatas, umpan mana yang paling mudah didapat.

Umpan-umpan diatas sangat ampuh untuk memancing ikan betok di rawa, sawah, sungai dan tempat bekoan di sawitan.

Spot mancing ikan betok

Beberapa Umpan Yang Patut Dicoba Untuk Memancing Ikan Betok


1. Umpan Laron
Umpan laron tergolong umpan yang sangat sulit untuk didapat, karena laron datangnya musiman, tetapi anda jangan meremehkan umpan ini, karena banyak jenis ikan yang sangat menyukai umpan ini.

2. Umpan Dari Kroto
Kroto juga termasuk umpan yang disukai ikan emas, mujair dan betook juga termasuk yang suka dengan umpan ini. Kroto memang sulit untuk kita dapatkan, bagi sahabat yang mudah untuk mendapatkannya, tidak ada salahnya untuk mencoba.

3. Umpan Cacing
Cacing merupakan umpan untuk semua jenis ikan air tawar, dan kebanyakan sangat menyukai umpan ini. Selain mudah didapat, umpan ini tidak kalah jitu dari umpan seperti diatas.

4. Umpan Jangkrik   
Umpan jangkrik adalah menjadi andalan saya saat ini, karena gampang untuk didapat dan simple digunakan. Biasanya saya tinggal membelinya di penjual pakan hewan, anda tidak ada salahnya untuk mencoba umpan ini.

5. Umpan Ulat Bambu
Umpan yang paling sulit didapat dari semua umpan diatas adalah ulat bambu, tetapi umpan ini paling disukai ikan betok. Ulat bambu hanya bisa dijumpai didalam bambu yang berlubang. Apabila anda kesulitan untuk mendapatkannya, anda juga dapat membelinya.


Nah, itulah beberapa umpan yang saya gunakan untuk memancing ikan betok di rawa keruh. Semoga dapat menjadi referensi teman-teman semuanya dalam memancing, apabila sahabat punya umpan andalan bolehlah berbagi dengan saya dikolom komentar. Terimakasih

Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

2 comments for "5 Jenis Umpan Mancing Ikan Betok Di Rawa Air Keruh"

  1. Kalau saya biasanya pakai belalang dan anak tawon

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx mas atas informasinya,, lain kali akan saya coba umpannya..

      Delete