Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejarah Perkembangan dan Karakteristik Ayam Shamo

Sejarah Perkembangan dan Karakteristik Ayam Shamo - Ayam Shamo adalah jenis Ayam Asiatik berbulu keras yang berasal dari Jepang. Meskipun berkembang biak di Jepang, tetapi leluhurnya berasal dari Thailand (yang dikenal sebagai Siam) antara abad ke-17 dan ke-19.

Ayam Shamo Betina dan Jantan

Ayam Shamo dikembangkan terutama untuk digunakan sebagai burung pejuang. Dan ayam itu diimpor ke banyak negara terutama karena alasan ini. Ada banyak jenis ayam Permainan Jepang, tetapi saat ini Shamo paling dikenal.

Peternak melihat kekuatan dan daya tahan dari ayam asli ini saat menernak Ayam Shamo. Shamo telah dikembang biakkan secara selektif selama seratus tahun dan sekarang sangat berbeda dari stok aslinya.

Sebenarnya ayam Shamo adalah campuran dari ayam Asil. Yang dibawa ke Thailand dan Taiwan dan dari sana ke Jepang. Tempat asal Shamo yang sebenarnya adalah Sindh, Pakistan. Dan tempat asal kedua adalah India.

Di berbagai daerah di Jepang, ayam Shamo dapat ditemukan dalam berbagai variasi warna dan ukuran. Daerah yang berbeda menyukai unggas dengan ukuran berbeda untuk aduan.

Ayam O-Shamo adalah burung yang lebih besar dengan ayam jantan seberat 5,62 kg dan ayam 3,4 kg.

Chu-Shamo adalah burung sedang dengan ayam jantan seberat 3,63 kg dan ayam sekitar 2,72 kg.

Dan ayam Ko-Shamo adalah burung yang lebih kecil dengan ayam jantan berbobot 1,81 kg dan ayam betina berbobot 1,36 kg.

Dengan harapan untuk menghindari kepunahan ayam Shamo, pemerintah Jepang menempatkan burung itu di bawah perlindungan rendah pada tahun 1941. Trah ini tersedia di Amerika Serikat.

Ini pertama kali diimpor ke Amerika Serikat pada tahun 1874. Tetapi mayoritas ayam di Amerika dapat ditemukan di negara-negara Selatan.

Seperti Apa Ciri Dari Ayam Shamo Ini?


Penunjukan Chu-Shamo dan O-Shamo diakui di Inggris. Standar Unggas Australia hanya memiliki satu bentuk Shamo, yang memiliki berat minimum 3 kg.

Pengembangbiakan ayam Shamo pertama kali diakui dan dimasukkan ke dalam Standar Kesempurnaan Asosiasi Perunggasan Amerika pada tahun 1981.

Saat ini breed tersebut dipelihara sebagai burung hias di beberapa negara. Dan juga dibesarkan sebagai burung buruan di beberapa negara.

Karakteristik Fisik Ayam Shamo


Meskipun merupakan ayam buruan yang populer, ayam Shamo juga dikenal sebagai ras ayam tertinggi kedua setelah ayam Melayu. Dalam penampilan, Shamo adalah ayam besar dan tinggi dengan kereta tubuh tegak, hampir vertikal.

Mereka memiliki paha berotot, tubuh lebar dan berotot. Mereka memiliki bulu yang keras dan erat yang seringkali tidak sepenuhnya menutupi tubuh mereka. Mereka memiliki bahu lebar yang bertulang besar.

Mereka lebih tinggi dan kurang kompak daripada ayam Asil, dan tidak memiliki kurva berlebihan dari ayam Melayu. Ekor ayam Shamo berukuran kecil dan umumnya mengikuti garis punggung miring ke bawah ke tanah.

Mereka memiliki sisir kacang berwarna merah cerah berukuran lebih kecil. Telinga mereka berwarna kecil dan berwarna merah cerah. Jengger mereka juga berwarna merah terang, yang sangat kecil atau hilang sama sekali.

Perilaku / Temperamen


Ayam Shamo memiliki kemiripan dengan ayam Asil. Mereka biasanya mudah ditangani dan ayam-ayam itu cukup tenang. Tapi ayam jantan bisa teritorial dan agresif satu sama lain. Bahkan ayam bisa agresif terhadap ayam lainnya.

Dan perkelahian di antara bayi ayam juga menjadi masalah. Ayam jantan harus disimpan terpisah dari ayam jantan lainnya untuk mencegah mereka bertarung sampai mati. Meskipun ayam Shamo menyukai manusia.

Dan mereka dapat dijinakkan dengan mudah dengan perawatan yang tepat sejak usia muda. Ayam betina adalah lapisan yang baik daripada banyak breed game Asia lainnya. Mereka bertelur berukuran sedang berwarna coklat muda.

Ayam betina merenung dan merupakan ibu yang luar biasa. Ayam berkembang biak menghasilkan jumlah daging yang baik.

Karena sifat tempramen dan perilakunya yang suka ingin bebas, maka dalam untuk pejantan sangat Cocok untuk aduan, karena memiliki kekerasan tubuh, dan kekuatan yang lebih.

Nah itu dia informasi seputar Ayam Shamo dari karakteristik dan sejarahnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda, sekian terimakasih.
Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "Sejarah Perkembangan dan Karakteristik Ayam Shamo"