Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ayam Aseel Di Indonesia

Mengenal Ayam Aseel Di Indonesia - Karakteristik dan Jenis Ayam Aseel. Assel atau ayam Asli berasal dari bahasa Arab yang berarti murni atau ras. Ayam Aduan semacam ini sudah sangat tua dan berasal dari negara pakistan/ india.

Ayam Shamo dan Asel jantan betina

Ayam Aseel telah dibesarkan di sana sebagai pejuang selama berabad-abad, karena sifatnya yang sangat agresif terhadap ayam petarung lainnya atau lawan mereka saat berada di arena.

Sejarah Ayam Aseel


Ayam Aseel telah dikembangkan dan dibudidayakan oleh orang selama lebih dari 3.500 tahun sebagai sabung ayam dan telah disebutkan dalam hukum India, Agam dan dalam manuskrip filosofis "Manusriti" pada zaman itu.

Hal ini diperkuat dengan ditemukan dalam salah satu manuskrip tertua India yang disebut "Dharmastrastra Manu", sebuah buku klasik yang menjelaskan tentang hukum, ketertiban, dan etika yang tercatat 1.500 SM.

Ayam Aseel diakui sebagai ayam petarung tertua dan populer oleh penguasa India (Kaisar Mughai & Beberapa Negara Nawbas di India). Mereka juga memelihara ayam ini sebagai ayam aduan dan ayam hias. dan tipe Chicken Aseel sendiri memiliki banyak variasi dan tipe.

Karakteristik dan Jenis Ayam Aseel / Asli


Ayam Aseel sendiri dikembangkan sebagai ayam petarung, karena aspek perkembangannya memiliki pengaruh kuat pada struktur, dan temperamen dan mempengaruhi perannya dalam pengembangan pengembang biakan yang lebih modern.

Itulah beberapa keunggulan ayam Aseel di arena pertempuran. Memang ada banyak ayam petarung yang memiliki gaya bertarung yang mirip dengan Aseel.

Itu karena dia sudah sejumlah ras dan telah disilangkan beberapa kali dengan ayam jenis lain untuk menghasilkan ayam petarung dengan kemampuan baru.

Ayam Aseel ini dikenal sangat defensif dan memiliki taktik cerdas dalam pertempuran jangka panjang di India dan Pakistan.

Seperti Apa Nampak Dari Ayam Aseel Ini Di Arena?


Biasanya ayam ini bertarung di arena tanpa jeda dan mereka mampu bertarung selama 2 jam tanpa henti, karena ayam ini memiliki struktur tulang yang besar dan daya tahan yang kuat.

Pukulan mematikan. Dengan tubuh yang besar dan kekar, ayam Aseel memiliki kekuatan yang luar biasa

 Jika ayam lawan tidak kuat, ia bisa dikalahkan sekali. Kekuatan ini dipengaruhi oleh ukuran tubuh dan struktur tulang yang kuat.

1. Ayam Aseel Mardras


Berasal dari bagian selatan wilayah Tamil Nadu dan secara lokal dikenal sebagai 'Kattu Seval' yang berarti unggas berekor panjang. Ayam madras ini memiliki postur yang besar dan juga memiliki tulang yang kuat.

Ayam ini, yang dikenal sebagai ayam petarung pertama dalam sejarah, juga telah dibawa oleh warga Tamil ke berbagai negara seperti Cina dan Thailand.

2. Ayam Aseel Kulang


Memiliki berat 5-7 kg, dengan tinggi sekitar 75cm. Di utara dan selatan India varietas tidak jauh berbeda, mereka dari utara lebih ramping dan lebih penuh di tubuh.

3. Ayam Aseel Sindhi


Ayam Sindhi adalah salah satu jenis Aseel tertinggi dan juga terbesar yang dibudidayakan. Dan ayam-ayam ini berwarna merah dan juga biru. Sebagian besar ayam-ayam ini dibawa ke wilayah Sindhi Pakistan untuk bertarung karena ayam memiliki daya tahan yang sangat kuat.

4. Ayam Aseel Mianwali


Ayam ini dapat ditemukan di wilayah Mianwali Pakistan, saat ini berkembang pesat karena lebih disukai dan juga diminati. Ayam ini memiliki postur yang lebih kecil dan juga lebih cepat dan lebih langsung terkena.

5. Ayam Aseel Jawa


Ayam petarung ini adalah yang paling disukai di wilayah India Utara (Punjab). dan ayam ini didominasi oleh warna bulu hitam dan putih.

6. Ayam Aseel Amroha


Ayam jenis ini sangat terkenal di Pakistan dan India, jenis Amora terkenal karena kecepatan dan agresivitasnya dalam meluncurkan taji yang sangat tepat sasaran dan akurat.
Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memelihara jenis ayam ini. Jadi dengan mengetahui beberapa informasi ini diharapkan bisa membantu anda.

Baca Juga : Manfaat Em4 Peternakan Untuk Ayam Aduan

Nah, itu dia yang perlu anda ketahui ketika mengenal Ayam Aseel. Karena ayam ini kini tengah dikembangkan di indonesia. Sekian terimakasih.