Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mancing Ikan Nila di Kolam Yang Susah Makan

Ikan Nila merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling sering dipancing, karena kita dapat menjumpainya di sungai-sungai, di kolam, di rawa atau di waduk. Dari segi rasa ikan nila sangat disukai semua kalangan, nila adalah ikan konsumsi yang bercita rasa sedap, gurih dan tentunya bergizi. Jadi wajar kalau ikan nila banyak dicari oleh masyarakat terkhusus para pecinta mancing.
Ikan Nila kolam

Nila termasuk ikan pemakan apa saja atau disebut omnivora, untuk mendapatkan ikan nila para pemancing khususnya kolam biasa menggunakan umpan alami seperti pellet, cacing, laron atau umpan tumbuh-tumbuhan yaitu lumut. 

Cara mancing ikan nila terbilang tidak mudah karena disetiap tempat berbeda kebiasaannya, untuk itu para pemancing harus pandai dalam memilih umpan yang tepat dalam memancing khususnya dikolam air tawar.

Pada masanya hampir semua jenis ikan nila mudah untuk dipancing, entah itu nila gips, nila batu, nila merah, nila oscar atau jenis nila lainnya. Hal itu karena ikan nila sangat rakus, sehingga apapun umpan yang kita lempar bisa disambar. Namun meski begitu ada juga sebagian ikan nila yang mogok makan alias tidak mau makan.

Tentu saja keadaan seperti itu kerap dijumpai oleh pemancing dan membuat kesal. Dan kali ini saya akan berbagi tips dan trik kepada kalian semua tentang bagaimana cara memancing ikan nila yang tidak mau makan. Cara yang akan saya bagikan ini sudah banyak di praktekan oleh para pemancing dimana saja dan terbukti ampuh dan jitu. Bagaimana caranya? Simak penjelasan dibawah ini :

  1. Para pemancing kolam dapat menggunakan umpan cacing, dimana cacing yang jitu adalah cacing cau atau cacing yang hidup di pohon pisang yang sudah membusuk.
  2. Selain itu para pemancing kolam juga bisa menggunakan umpan dari lumut. Namun perlu diketahui sebelumnya lumut harus dicampurkan dengan beberapa bahan seperti cuka dan garam agar umpan ikan nila menjadi jitu dan ampuh.
  3. Gunakan joran yang menurut anda nyaman dan mudah dalam melempar umpan, untuk ukuran bandul (pemberat) jangan terlalu besar gunakan bandul kecil saja yang tujuannya agar waktu dilempar ikan tidak kabur karena tersentak suara bandul kedalam air.
  4. Teknik selanjutnya untuk cara mancing ikan nila yang susah makan makan adalah melempar kail umpan melewati kerumunan ikan nila karena ikan nila seuka bergerombol. Setelah itu pastikan umpan sampai ke dasar air, Lalu itu tarik pelan-pelan. Cara ini dilakukan agar ketika mata pancing dengan umpan ditarik pelan-pelan, cacing atau lumut umpan memancing ikan nila akan bergoyang-goyang, sehingga goyangan ini akan membuat ikan nila tergoda. Dengan begitu ikan nila yang predator tertarik dan dengan refleknya akan menyambar umpan tersebut.

Cobalah Umpan Lumut Yang Sangat di Sukai Ikan Nila Kolam


Lumut untuk mancing ikan nila kolam

Lumut merupakan umpan yang paling efektif untuk memancing ikan nila. Lumut yang dapat anda digunakan adalah lumut yang berwarna hijau dan masih segar, biasanya lumut seperti ini dapat ditemukan di tepi sungai atau sawah. Agar hasilnya lebih maksimal, anda juga bisa mencampurkan dengan umpan ikan nila dari pelet sehingga akan lebih disukai karena aromanya yang kuat.

Dalam memilih campuran umpan lumut mancing ikan nila, sebaiknya Anda juga memperhatikan jenis lumut yang dipilih. Anda bisa membuat campuran umpan lumut mancing nila dengan memilih lumut sungai yang masih segar dan kwalitasnya bagus. Untuk mengetahui lumut yang bagus anda dapat melihat serat dari lumut tersebut. Lumut sungai bisanya  didapat dari pinggiran sungai itu sendiri atau bebatuan yang ada di sekitarnya atau daerah persawahan yang tergenang air.

Anda bisa menggunakan lumut tanpa campuran sebagai umpan untuk memancing ikan nila. Untuk itu, alangkah baiknya anda menambahkan campuran umpan lumut mancing nila dengan digabung dengan garam dan juga pelet ikan jika Anda memilikinya. Cara membuatnya juga sangat mudah anda cukup  menghaluskan lumut dan mencampurkannya dengan pelet serta cacing dan garam. Dengan seperti itu, umpan jitu sudah siap untuk diberikan pada ikan nila yang ada di kolam ikan.

Atau yang lebih mudah bisa juga Anda memakai umpan dari lumut sawah atau sungai di Campurkan dengan esen pandan pada lumut supaya baunya wangi yang akan membuat tergoda ikan Nila. Cara ini adalah racikan paling mudah dicoba bagi Anda yang tidak mau repot dan pastinya jitu untuk umpan.

Berdasarkan pengalaman oleh beberapa para pecinta mancing kolam yang sudah sangat berpengalaman dibidang memancing ikan nila. Ikan nila yang hidupnya dikolam selalu bergerombol, baik ketika berenang kepinggiran ataupun pada saat berenang di daerah kedalaman. Ikan nila yang mau makan cirinya selalu berenang di kearah pinggiran.

Dan untuk waktu yang baik untuk mancing ikan nila ini yaitu ketika musim penghujan. Karena jenis ikan  air tawar ketika hujan kandungan oksigen di dalam air semakin meningkat, sehingga membuat ikan jenis air tawar seperti ikan nila ini akan cepat lapar dan sering mencari makan ketepian kolam.

Baca Juga : Pakan Ternak Alternatif Bisa Tanam Sendiri

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat dicoba oleh sahabat pemancing semuanya dan Salam Strike

Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "Cara Mancing Ikan Nila di Kolam Yang Susah Makan"