Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Beternak dan Merawat Ayam Birma Super

Cara Beternak dan Merawat Ayam Birma Super - Pecinta ayam petarung pasti sudah tahu nama Ayam Birma, yang merupakan jenis ayam asli dari Myanmar. Ayam aduan ini sangat diminati dan dicari para penghobi ayam di Indonesia.

Ayam Birma Super Aduan

Unggas sangat populer di kalangan pecinta Sabung Ayam, karena Ayam Birma Super sangat gesit dan sulit dikalahkan ketika berkompetisi dalam permainan adu ayam. Dan kali ini kami akan membagikan beberapa cara dalam merawat ayam birma super, bagi anda yang ingin memelihara ayam ini. Untuk itu mari kita mulai untuk panduannya.

Pilih Bibit Ayam Yang Memiliki Kualitas Baik


Untuk memiliki jenis ayam petarung yang hebat, harus dipertimbangkan sejak pertama kali memeliharanya. Pilih ayam yang memiliki kualitas terbaik atau benih unggul dengan berat minimum 3 kilogram.

Memiliki postur tubuh yang moderate, dan itulah yang membuat Ayam Birma lincah ketika bertarung dalam pertandingan adu ayam. Kemudian pilih Ayam Birma yang memiliki banyak bulu atau lebat. Untuk jenis Ayam Birma betina, memiliki banyak bulu atau lebat di bagian sayapnya.

Menjaga Kebersihan Kandang


Ayam Birma memang Jenis Ayam Berjuang, untuk itu Anda wajib menjaga kebersihan kandang untuk kesehatannya. Kandang yang bersih bisa membuat ayam terhindar dari segala jenis virus dan penyakit.

Karena jika ayam memiliki virus atau penyakit, ayam secara otomatis kurang aktif saat berkelahi. Bersihkan kandang secara rutin dan pertahankan tingkat kelembaban agar tidak menjadi sarang penyakit.

Perhatikan Memberi Makan dengan Vaksin.


Memelihara Ayam Birma berkewajiban memperhatikan pakan yang akan diberikan. Karena unggas adalah jenis ayam petarung, maka kita harus menyediakan makanan yang mengandung nutrisi terbaik.

Makanan yang disediakan dapat dibuat dari pabrik atau makanan alami seperti bekatul, jagung atau beras (beras). Memberi makan harus tepat waktu agar Anda dapat menghindari ayam dari stres, dan jangan lupa divaksinasi.

Bagaimana Cara Beternak dan Merawat Ayam Birma Super?


1. Memandikan Ayam
Anda pasti pernah menemukan atau melihat orang memandikan ayam bangkok, dan ayam jago lainnya. Ini juga berlaku untuk Ayam Birma, jadi cobalah sering memandikannya agar ayam menjadi segar.

Sering memandikan ayam petarung juga bisa membuat ayam petarung memiliki daya tahan lebih kuat. Daya tahan yang kuat adalah sesuatu yang mutlak dan harus dimiliki oleh Ayam Birma.

2. Menyediakan Area Luas
Tidak jauh berbeda dengan ayam petarung jenis lainnya, Ayam Burma juga harus sering diekspos. Hal ini dilakukan agar ayam lebih aktif bergerak, jika sebagian besar ayam terkurung dalam kandang maka ayam akan menjadi pasif dan tidak cekatan.

Tujuannya adalah untuk menyediakan area penyebaran sehingga Ayam Burma menjadi lebih gesit dan tidak hanya malas di kandang. Cobalah untuk membuat area selempang jauh lebih besar dan lebih luas sehingga ayam bisa bergerak bebas.

3. Latihan Melompat
Ini mungkin terdengar agak aneh bagi sebagian orang, tetapi melatih Ayam Birma untuk melakukan lompatan tentu memiliki tujuan. Tujuan pelatihan lompat adalah untuk membuat otot dan persendian kaki ayam lebih kuat.

Sebisa mungkin ini dilakukan sejak dini agar perkembangan ayam jauh lebih cepat. Selain memperhatikan makanan dan kandang, peternak ayam Birma juga harus bisa melatih mereka untuk memiliki tubuh yang kuat.

4. Memijat Ayam
Tidak hanya manusia yang membutuhkan pijatan, tetapi ayamnya juga harus dipijat agar terasa segar. Untungnya, tidak semua ayam diharuskan mendapatkan perawatan ini kecuali petarung.

Pijat dilakukan pada bagian sayap, tubuh dan kepala serta kaki ayam sehingga sirkulasi darah berjalan lancar.

5. Latihan Berenang
Ini kedengarannya agak konyol, tetapi pelatihan di Ayam Birma adalah suatu keharusan. Tujuannya agar sayap menjadi lebih kuat dan bisa meningkatkan otot kaki ayam.

6. Pelatihan Bertarung
Setelah merawat, langkah selanjutnya adalah melatihnya untuk bertarung. Karena Ayam Birma adalah jenis ayam petarung, maka peternak ayam Birma harus memberikan pelatihan untuk bertarung.

Dengan demikian Anda dapat mengajarkan dan mengetahui teknik yang digunakan oleh Ayam Birma untuk memukul lawan Anda.


Itulah cara melakukan perawatan Ayam Birma Super yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan petarung yang berkualitas. Semoga bermanfaat, sekian terimkasih.
Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "Cara Beternak dan Merawat Ayam Birma Super"