Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Cepat untuk Menurunkan Demam Anak dengan Mudah

Demam adalah salah satu kondisi dimana sering terjadi pada kalangan anak-anak. Demam adalah tanda bahwa tubuh sedang mencoba untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh.

Tapi jangan panik untuk para ibu. Karena tidak semua demam perlu diobati ke dokter, kalian juga dapat menangani dengan mengobatinya di rumah saja.

Cepat untuk Menurunkan Demam Anak dengan Mudah

Seorang anak dikatakan demam jika suhu nya mencapai 38° C atau bahkan bisa lebih. Oleh karena itu, dalam kasus ini anak yang diduga mengalami demam, Coba pastikan suhu tubuh dengan pengukur suhu tubuh terlebih dahulu.

Biasanya, suhu tubuh anak dapat naik dan turun saat demam, menurus saat di pagi hari dan naik ketika di malam hari. Bahkan anak menggigil di malam hari karena suhu tubuh mulai naik. Hal ini membuat anak tidak dapat tidur nyenyak di malam hari. Hal ini biasanya dapat membuat kecemasan para Ibu.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Bila Anak Demam


Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah ketika anak mengalami demam di malam hari.

1. Kompres Dengan Air Hangat
Kompres anak dengan air panas adalah cara yang banyak ibu lakukan untuk membantu menurunkan demam. Ini adalah metode yang telah dipraktekkan selama beberapa generasi. Sebenarnya, cara ini dapat mengurangi demam pada anak sementara. Terkadang juga ada beberapa anak mungkin tidak akan nyaman jika dahinya dikompres. Namun, metode ini cukup membantu menurunkan demam pada anak-anak.

2. Lap Tubuh Anak Dengan Air Hangat

Menyeka tubuh anak dengan air hangat (29,4-32,2 ° C) dapat membantu mengatasi demam anak. Gunakan handuk kecil atau kain lap untuk menyeka tubuh anak dengan demam. Air panas pada kulit membantu anak mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh anak turun sedikit (1-2 ° C selama 30-45 menit). Jangan gunakan air dingin, karena air dingin membuat anak menggigil dan membuat suhu tubuh anak meningkat untuk mentolerir dingin.

3. Memakai Baju Tipis
Menempatkan anak-anak muda dengan pakaian tipis dan nyaman. Mengenakan pakaian tebal, dapat meningkatkan panas tubuh anak sehingga anak demam mungkin lebih tinggi. Pakaian yang lumayan tipis dapat membantu tubuh mengeluarkan panas agar lebih mudah.

4. Set Suhu Kamar
Anda dapat juga membantu untuk Mengeluarkan panas dari tubuh anak untuk menciptakan suhu sekitar anak senyaman mungkin, sehingga anak tidak dingin atau tidak terlalu panas. Biarkan anak Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup untuk bisa mendapatkan tumbuh kembali sehat seperti biasanya.

5. Minum Banyak Air Hangat

Minum air Hangat dapat membantu tubuh menghilangkan lebih cepat panas dalam tubuh. Minum banyak air juga dapat mencegah anak dari dampak dehidrasi (Disebut juga kekurangan cairan air dalam tubuh). Karena itu demam menyebabkan anak kehilangan cairan dari tubuh biasanya. Selain air minum, anak-anak juga bisa mendapatkan cairan dari makanan atau minuman lain, seperti sup, susu panas, dan sebagainya.

Haruskah kita menghindari anak dari minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi dan minuman ringan. Minuman ini membuat mereka lebih sering buang air kecil anak-anak maka dikhawatirkan anak akan kehilangan banyak cairan.

6. Makan Banyak
Tubuh membutuhkan nutrisi lebih selama demam. Jadi mengonsumsi makanan yang banyak dapat lebih cepat membantu anak-anak menyembuhkan demam lebih cepat. Jika deman Lebih tinggi pada anak-anak, Maka semakin besar juga tambahan gizi anak-anak tersebut.

Secara umum, nafsu makan anak berkurang ketika ia demam, terutama selama demam pada malam hari. Inilah apa yang anak dapat memperlambat penyembuhan. Cobalah untuk memberikan makanan yang mudah dicerna seperti roti, biskuit atau bubur. Tapi jangan terlalu dipaksakan, jika dia tidak akan makan.

7. Berikan Asupan Vitamin C
Vitamin C memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan peradangan yang merupakan penyebab demam pada anak-anak. Vitamin C juga memiliki keuntungan dari meningkatkan proses kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih. Berikan vitamin C sesuai dosis dan usia anak, atau seperti yang direkomendasikan oleh dokter Anda.

8. Memijat Badan Anak
Sebuah pijatan lembut dari seorang ibu kepada anaknya dapat memberikan efek menenangkan dan rasa nyaman, sehingga anak-anak dapat beristirahat lebih baik dan tidur lebih nyenyak.

Pijat pada anak dapat dilakukan dengan melapisi tubuhnya dengan obat gosok panas, seperti minyak telon atau minyak kayu putih bahwa pori-pori terbuka dan output panas dari tubuh lebih mudah. Pijat juga dapat membantu sirkulasi darah. sirkulasi darah yang lancar akan membuat proses transportasi nutrisi dan oksigen ke dalam tubuh melalui pembuluh darah menjadi lebih baik.

9. Gunakan Ramuan Bawang Merah

Sebagai bahan tradisional, bawang mengandung minyak atsiri dan bahan lainnya yang sangat bermanfaat untuk mengurangi demam panas anak-anak. Parut atau cincang bawang dengan potongan kasar, lalu campurkan dengan minyak kelapa atau minyak kayu putih. Oleskan ke seluruh tubuh anak, dan menempatkan ampasnya di depan dahi anak untuk kompres. Namun, hati-hati dalam penggunaannya jika kulit anak bersifat sensitif.

10. Berikan Parasetamol atau Ibuprofen
Dua jenis obat-obatan ini memang dikenal untuk mengurangi panas demam. Secara umum, ibuprofen lebih disukai karena dapat mengurangi panas dari anak-anak yang demam daripada parasetamol anak.

Parasetamol memiliki efek menurunkan panas lebih lambat dari ibuprofen. Menyesuaikan dosis tergantung pada usia anak-anak dan tidak menggunakan dua obat sekaligus. Ibuprofen dapat mengurangi panas lebih cepat, tetapi tidak cocok untuk anak di bawah enam bulan, karena memiliki efek samping yang signifikan dan berbahaya untuk usia muda pada kelompok anak-anak.

Orang tua dapat membawa anak ke dokter jika panas demam belum lekas turun dalam waktu seminggu, atau panas yang sangat tinggi sehingga anak dapat terjadi kejang saat demam. Jika suhu tubuh anak dengan suhu 38 ° C untuk anak usia tiga bulan atau 39 ° C atau lebih untuk anak-anak usia 3-6 bulan, Maka anak segera mendapatkan penanganan bantuan medis.
Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "10 Tips Cepat untuk Menurunkan Demam Anak dengan Mudah "