Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Manfaat Sekam Padi Untuk Peternakan Ayam

Sekam merupakan hasil sampingan dari proses pengupasan kulit padi, seperti halnya juga dedak atau bekatul. Akan tetapi sekam merupakan bagian kulit yang masih kasar sehingga tidak tidak cocok untuk dijadikan pakan. Beda halnya dengan dedak dan bekatul yang lebih halus, sehingga dapat dijadikan bahan campuran untuk pakan ternak.

Manfaat Sekam Padi Untuk Peternakan Ayam

Untuk bekatul atau dedak sendiri dapat difermentasi untuk menjadi pakan alternatif ternak, sehingga dapat menghemat pakan ternak anda. 

Nah, bagaimana cara memanfaatkan sekam padi untuk peternakan kita? kita akan bahas bersama untuk memanfaatkan sekam padi ini.

Cara Manfaatkan Sekam Padi Untuk Peternakan Ayam


Kali ini, saya akan membagikan 3 manfaat dari sekam padi yang dapat kita aplikasikan pada ternak kita. Apa saja manfaat yang dapat kita peroleh dari sekam padi tersebut :

1. Menghangatkan Ayam
Sekam padi dapat kita manfaatkan sebagai alas kandang sekaligus dapat menstabilkan kehangatan didalam kandang. Dengan adanya alas kandang dengan sekam padi, maka ternak kita akan menjadi hangat. 

Dapat Mengurangi bau kotoran ayam karena sekam padi dapat menyerap kotoran ayam. Sehingga kebersihan kandang akan terjaga dengan baik.




2. Sekam Padi dapat menimbulkan pakan alami
Sekam padi yang dijadikan alas kandang setelah beberapa hari akan menghasilkan ulat-ulat kandang yang kita ketahui memiliki kandungan protein yang tinggi. Saat ayam mengais-ngais sekam padi, akan memakan ulat-ulat tersebut.

3. Sebagai Pakan Tambahan Ternak
Didalam sekam padi banyak sekali pakan tambahan untuk ayam seperti sisa pecahan beras. Dengan begitu kita akan mendapatkan makanan tambahan dari sekam padi tersebut.


Keuntungan lain yang dapat kita peroleh dari sekam padi adalah mudah didapatkan dan harganya sangat murah. Apabila anda ingin manfaat lebih, anda dapat menggiling kembali sekam padi tersebut menjadi lebih halus. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk tambahan pakan ternak, dengan cara di fermentasi.

Baca juga : Cara Fermentasi Dedak/ Bekatul Menggunakan Em4 Untuk Pakan Ternak

Itulah manfaat dari sekam padi untuk peternakan ayam, anda dapat menggunakan sekam padi untuk memelihara ayam kampung super (joper), broiler, petelur, ayam aduan, bangkok dan banyak lagi. Semoga anda dapat memanfaatkannya dengan baik.
Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

Post a Comment for "3 Manfaat Sekam Padi Untuk Peternakan Ayam"