Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbanyak Em4 Peternakan Dengan Nanas

Banyak sekali manfaat yang terkandung dalam em4 peternakan untuk perkembangan unggas terutama ayam. Untuk itu, anda harus selalu sedia em4 untuk mengoptimalkan penyerapan nutrisi yang terkandung dalam pakan olahan dan pakan pabrikan. Kali ini saya akan membagikan cara untuk memperbanyak em4 dengan bahan buah nanas dan beberapa bahan yang mudah didapatkan dirumah.

Cara Memperbanyak Em4 Peternakan Dengan Nanas

Kebutuhan em4 yang harus banyak mengharuskan kita untuk memperbanyaknya. Tujuannya jelas adalah untuk penghematan biaya. Manfaat yang penting dalam em4 ini adalah untuk menyeimbangkan micro organisme yang menguntungkan dalam perut ternak. Khususnya unggas yang perlu teman-teman tau bahwa sistem pencernaannya memiliki sistem lambung tunggal yang artinya, unggas tidak memiliki kemampuan mensintesa protein sendiri.

Nah untuk pakan racikan dari pabrik atau buat sendiri seperti daun-daunan sangat dibutuhkan em4 untuk membantu lambung ayam tersebut untuk mensintesa protein tersebut didalam lambung unggas. Em4 ini juga perlu di semprotkan ke kotoran ayam. Tujuannya untuk mengurangi bau kandang dan amoniak juga. Untuk Em4 peternakan setidaknya dibutuhkan sekitar 1 liter/minggu untuk jumlah ayam kampung diatas 200 ekor.

Memperbanyak Em4 Peternakan Dengan Bahan Nanas


Untuk memperbanyak em4 itu sebenarnya sangat mudah dan murah. Adapun bahan yang anda siapkan antara lain :

  1. Nanas (2 buah)
  2. Em4 Peternakan (1/2 Liter)
  3. Ragi (4 butir)
  4. Gula Merah (gula aren) (1/4 kg)
  5. Air Bersih 20 Liter
  6. Ember (kaleng cat 25 liter)

Cara membuatnya!

1. Potong nanas kecil-kecil, anda tidak perlu membuang kulitnya. Langsung saja potong-potong dan nanti diblender sampai halus. Nanas yang digunakan tidak usah dengan kwalitas yang bagus dan manis. Karena tujuan kita adalah untuk menghemat biaya. Setelah selesai diblender, masukkan nanas tersebut ke kaleng cat anda dapat menyaringnya atau langsung saja dimasukkan itu tidak masalah.

2. Iris gula merah dan kemudian diblender juga seperti nanas. Lalu campur ke kaleng cat tersebut dan aduk hingga merata. Anda dapat menggunakan gula pasir untuk mengganti gula merah, tetapi lebih baik gula merah.

3. Larutkan 4 butir ragi kedalam air, untuk lebih mudah pecahkan ragi terlebih dahulu, lalu masukkan dan campur sama nanas dan gula merah aduk dengan merata.

4. Pastikan semua larutan tercampur dengan benar sebelum ditambahkan dengan air 20 liter. Kalau sudah, masukkan air bersih tersebut kedalam kaleng cat dan aduk hingga merata.

5. Tutup ember hingga rapat, lalu simpan hingga satu minggu untuk dapat digunakan. Usahakan setelah satu minggu, ember dibuka setiap hari gunanya agar kaleng cat tersebut tidak menggelembung akibat dari gas yang dihasilkan dari fermentasi tersebut.


Bagaimana menurut sahabat semua, mudahkan cara membuatnya. Jika ada yang kurang paham, silahkan tinggalkan pada kolom komentar untuk kita bahas bersama. Semoga dapat anda menerapkan cara ini dirumah dan dapatkan ternak yang sehat dengan bahan yang murah mudah didapatkan.
Danang Kusumo
Danang Kusumo Hanya seorang yang biasa saja,, ingin membagikan tulisan yang seadanya,,

2 comments for "Cara Memperbanyak Em4 Peternakan Dengan Nanas"

  1. Sebenarnya em4 ini apa sih Kak?
    Aku bingung.
    Buat unggas ya, bukan buat kita-kita? Tap, kok Nanas ya? Kan sayang Nanasnya. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Em4 itu seperti Yakult kalau buat manusia, jadi baik buat kesehatan pencernaan untuk unggas.
      Nanas sendiri bahan untuk memperbanyak em4 itu sendiri, supaya hemat.

      Delete