Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat ASI Eksklusif untuk Kesehatan Bayi Orang Tua Harus Tau

manfaat asi bagi bayi

Akktif - Beruntunglah bagi seorang ibu, karena memberikan banyak sekali manfaat ASI Eksklusif untuk kesehatan buah hatinya yang masih bayi. ASI bukan sekadar minuman untuk bayi, tetapi juga menjadi makanan selama 6 bulan setelah ia dilahirkan. Jadi bisa dibilang, pengertian ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan selama 6 bulan tanpa tambahan cairan yang lainnya. Pada masa ini juga bayi masih belum diperkenankan untuk memakan nasi ataupun makanan yang lainnya.

Kandungan ASI terdiri atas 200 zat yang berbeda, termasuk protein, lemak, vitamin, mineral, enzim, karbohidrat, hormon dan zat nutrisi lainnya. Dan yang paling utama, Air Susu Ibu mengandung air mencapai 87,5 persen. Air inilah yang menjadi sumber makanan sekaligus minuman utama bagi seorang bayi. Beruntung bagi ibu yang rutin memberikan ASI-nya kepada bayinya, karena beberapa manfaat berikut ini pasti didapatkan. Apa saja itu?

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Bayi
Manfaat ASI eksklusif yang pertama adalah membuat sistem kekebalan tubuh pada bayi menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan adanya kandungan zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh yang bisa melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Pemberian ASI yang rutin membuat bayi terhindar dari berbagai macam penyakit seperti diare, alergi, asma, inspeksi saluran pernapasan, dan berbagai penyakit lainnya.

2. Si Kecil Menjadi Cerdas
Manfaat asi bagi bayi yang baru lahir selanjutnya adalah bisa membuat si kecil menjadi cerdas saat ia beranjak dewasa kelak. Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada air susu ibu mempunyai peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Bahkan banyak penelitian-penelitian yang lainnya juga menyatakan hal yang sama.

3. Pertumbuhan Tulang yang Jauh Lebih Kuat
Seperti apa yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa Air Susu Ibu atau ASI ekslusif mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan bayi. Termasuk diantaranya kandungan vitamin D dan juga mineral yang notabene merupakan sumber penguat tulang terbaik untuk manusia. Bayi dapat memiliki tulang leher dan tulang belakang lebih kuat.

Baca Juga : Makanan Bergizi Untuk Kesehatan Otak Anak

Jangan lupa untuk selalu memberikannya  kepada si buah hati, agar manfaat ASI eksklusif benar-benar bisa dirasakan dan ibumu pun juga merasakan kepuasan telah memberikan sesuatu yang baik untuk si anak.