Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat yang Mengganggu


cara mengobati hidung tersumbat
Akktif - Bagaimanakah cara menyembuhkan hidung tersumbat? Penyakit ini memang sangat mengganggu bagi siapa saja yang menderitanya. Hidung menjadi mampet dan kesulitan bernafas karena lubang tertutup oleh lendir ingus. Penyakit hidung tersumbat bisa menyerang siapa saja dan bisa membuat seseorang menjadi lemah tak berdaya. Adapun beberapa penyebab dari gangguan yang satu ini adalah karena iritasi akibat menghirup polusi udara, bisa juga disebabkan karena sinusitis, alergi, dan infeksi seperti influenza dan ISPA.

Cara Menyembuhkan Hidung Tersumbat

Hidung tersumbat bisa disembuhkan dengan berbagai cara baik itu dengan obat-obatan medis maupun secara alamiah menggunakan bahan-bahan tradisional. Beberapa jenis pengobatan ini bisa anda lakukan guna membantu meringankan gejala hidung tersumbat dan bahkan bisa menyembuhkannya. Apa saja itu?

1. Minum Obat-obatan
Beberapa obat medis bisa anda konsumsi untuk mengobati gangguan hidung tersumbat seperti paracetamol atau ibuprofen yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit ketika mengalami hidung tersumbat. Atau bisa juga dengan mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung Antihistamin, untuk meredakan alergi dan membantu mengurangi keluhan yang diakibatkan hidung tersumbat. Tetapi untuk meminum obat-obatan tersebut harus sesuai dengan anjuran dokter.

2.  Mengunyah Bawang Putih
Cara menyembuhkan hidung tersumbat bisa dilakukan dengan mengunyah bawang putih. Bawang mengandung agen antibakterial dan antijamur yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk diantaranya adalah hidung tersumbat. Bahkan sebuah studi Inggris telah membuktikan hal tersebut dimana partisipan yang rutin mengonsumsi suplemen bawang putih lebih jarang menderita flu dan hidung tersumbat. Melakukan pengobatan ini sangatlah mudah dilakukan yakni dengan mengunyah langsung bawang putih tersebut. Bila anda merasa tidak suka dengan rasanya, bisa dengan menumis 1-2 siung bawang putih dan tambahkan pasta atau sayur-sayuran lalu memakannya.

3. Minum Air Hangat
Dan yang ketiga, anda bisa meminum air hangat untuk mengatasi masalah hidung tersumbat. Minuman hangat akan membuat lendir yang mengendap pada hidung menjadi lebih encer sehingga cairan lebih mudah untuk dikeluarkan. Sebenarnya tidak hanya air hangat saja yang bisa anda konsumsi, tetapi juga teh hangat, jahe hangat, ataupun lemon tea hangat. Minuman-minuman tersebut mengandung mengandung antiseptik dan dekongestan alami yang dapat meringankan gangguan hidung tersumbat.

Mulai sekarang, tak perlu panik lagi jika hidung anda memang mampet karena hidung tersumbat. Terapkan cara menyembuhkan hidung tersumbat yang telah dijelaskan di atas dan juga jangan lupa perbanyak berisitirahat guna mengembalikan kondisi tubuh agar kembali prima.